Ilustrasi pria yang tampil maskulin dan berkelas. (Sumber gambar : Hamid Tajik/Unsplash)

Kaum Adam Merapat, Intip 5 Cara Tampil Maskulin & Classy

09 July 2023   |   14:27 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Penampilan berpengaruh besar dalam menanamkan kesan pertama pada lawan bicara. Kesan ini yang akan membuka jalan terjalinnya hubungan yang lebih personal maupun profesional. Tidak hanya wanita, menjaga penampilan juga harus dilaukan para pria.

Bagi pria, kamu bisa tampil maskulin dan berkelas, terutama saat bertemu dengan calon kolega atau klien, terutama dari kalangan eksekutif. Penting untuk memperhatikan aspek fisik, bahasa tubuh, gaya berpakaian, dan aksesoris yang digunakan.

Baca juga: 5 Ide Outfit Kuliah Buat Cowok yang Simpel Nan Modis

Dengan tidak asal tampil, mereka akan percaya dengan dirimu dan sesuatu yang kamu tawarkan. Nah, berikut ini rekomendasi untuk para pria agar tampil maskulin dan berkelas.


1. Perawatan Diri

Tidak ada salahnya pria melakukan perawatan diri dengan mandi secara teratur dan merawat anggota tubuh secara rutin mulai dari kulit, rambut, gigi, hingga kuku. Jangan lupakan area wajah yang menjadi fokus utama seseorang ketika pertama kali melihat kamu.

Bersihkan wajah dengan face wash secara rutin seperti saat bangun tidur atau sebelum tidur. Kamu juga bisa memakainya pada siang hari untuk membersihkan wajah dari polusi dan debu, serta menyegarkannya dari rasa lelah juga ngantuk yang terkadang datang. Gunakan pelembab agar wajah kamu semakin bersih, terawat, dan menarik. Jangan lupa juga untuk menggunakan tabir surya, khususnya jika kalian banyak berkegiatan di luar ruangan.


2. Perhatikan Bahasa Tubuh

Tak cukup dengan tutur kata, penampilan pria juga bisa berkesan kharismatik lewat postur dan bahasa tubuh. Bahasa tubuh yang muncul secara refleks, meliputi ekspresi wajah, gestur tubuh, hingga postur tubuh yang diperlihatkan saat berkomunikasi maupun interaksi dengan orang lain.

Lewat bahasa tubuh, orang lain akan menangkap kesan dan berkesimpulan mengenai seberapa berkelas dan hangat kita. Jadi, jangan diam tanpa ekspresi saat berbicara dengan kolega atau klien kamu, ya.


3. Tanamkan Kesan Lewat Gaya Berpakaian

Pepatah Jawa mengatakan, Ajining Rogo Soko Busono, artinya kemuliaan seseorang terletak pada penampilannya. Pakaian menjadi simbol kenyamanan dan kepercayaan diri pemakainya sekaligus memberikan kesan pada orang lain.

Kendati demikian, jangan lupa bahwa gaya dan pilihan pakaian harus disesuaikan dengan konteks waktu, tempat, dan preferensi berpakaian masing-masing. Jika bertemu kalangan eksekutif, kamu bisa mengenakan setelan jas atau minimal kemeja yang rapih dimasukkan ke dalam celana. Jangan lupa pakai sabuk ya.


4. Gunakan Aksesoris yang Sesuai

Aspek lain yang tak kalah penting untuk menunjang penampilan dan memberikan kesan maskulin adalah aksesoris. Tidak perlu berlebihan, cukup dengan jam tangan  kamu bisa tampil classy

Bagi pria yang ingin tampil berkelas dan maskulin, memilih jam tangan yang sesuai dapat menjadi salah satu elemen yang penting. Kamu bisa memakai jam tangan dengan model klasik dan elegan, namuun simple serta trendi. 


5. Pilih Gaya Rambut dan Pakai Parfum yang Sesuai

Untuk tampil maskulin dan berkelas, potongan dan gaya rambut tidak boleh dikecualikan. Atur rambut kamu jangan sampai terlihat acak-acakan di depan kolega atau klien. 

Kamu bisa menggunakan krim rambut untuk menatanya, tidak terkecuali buat kamu yang memiliki rambut panjang. Sebaiknya cuci rambut kamu sebelum bertemu klien ya agar tidak terlihat berminyak bahkan berketombe. Selain rambut, parfum menjadi daya tarik seseorang. Di cuaca panas ini, kamu bisa memiliki parfum yang memiliki aroma ringan dan segar seperti woody, musk, green tea, dan lainnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Dihargai Sampai Ratusan Juta, Inilah Deretan Batik Termahal di Indonesia

BERIKUTNYA

4 Fakta Unik Tanean Lanjang, Rumah Adat Madura di Pulau Garam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: