Penandatanganan kerja sama antara Asiana Soccer School dan Cerezo Osaka FC(Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Sekolah Sepak Bola Ini Gandeng klub Jepang Cerezo Osaka untuk Lahirkan Bibit Pemain Unggul

05 July 2023   |   10:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kemajuan sepak bola suatu negara salah satunya ditentukan oleh muncul bibit-bibit pemainnya yang berkualitas. Di Indonesia, berbagai usaha dilakukan untuk mengorbitkan pemain-pemain muda berbakat. Seperti yang dijalankan oleh Asiana Soccer School.

Mereka bekerja sama dengan tim sepak bola profesional asal Jepang, yakni Cerezo Osaka FC. Keduanya melakukan penandatangan kolaborasi di Jakarta pada Selasa,  4 Juli 2023. Direktur Utama Asiana Soccer School Galih Kartasasmita mengatakan bahwa kerja sama yang terjalin merupakan bentuk kontribusi tim terhadap sepak bola Indonesia dalam membina bibit unggul yang dapat menjadi bagian dari tim nasional pada suatu hari. 

Baca juga: Mengenal Pitch Invasion, Aksi Nekat Suporter Terobos Lapangan Sepak Bola Demi Idola

"Ini saya harap dapat berkontribusi terhadap pembibitan atau 'pabrik' atlet untuk tim nasional. Itu diharap dimulai dari sekarang dengan bantuan Cerezo Osaka," katanya di Jakarta, Selasa (4/6/2023). 

Dia juga berharap para pemain sepak bola dari dalam negeri dapat bermain di tim-tim besar dunia yang lebih maju dalam olahraga ini. 

Dalam kerja sama yang terjalin dengan Cerezo Osaka, Asiana Soccer School akan mendapatkan dukungan dalam pengembangan, seperti pertukaran pemain. Menurutnya, Asiana Soccer School  dapat mengirimkan pemain muda untuk menjalani trial sebanyak tiga kali dalam satu tahun. 

Setiap pengiriman, sekolah sepak bola itu dapat mengirimkan sebanyak dua pemain. Selain pemain, Asiana Soccer School juga dapat mengirim pelatih untuk belajar. Dengan begitu, mereka bisa membawa ilmu yang didapat untuk pengembangan para pemain. 

"Kemajuan pemain tidak dapat dilepaskan dari pelatih," katanya. 

Kemudian, dalam perjanjian itu juga, manajemen Asiana Soccer School bisa belajar ke tim Cerezo Osaka tentang pengelolaan tim. 

Selain itu, pihak Cerezo Osaka juga dapat datang ke Indonesia untuk memberikan beberapa pelajaran, seperti masalah teknis jika mengacu pada perjanjian antara kedua belah pihak.  "Mereka akan bergabung di Asiana Cup untuk menunjukkan kekuatan mereka," ujarnya. 

Cerezo Osaka menjadi pilihan untuk bekerja sama dengan Asiana Soccer School bukan tanpa alasan. Galih mengungkapkan bahwa tim itu menempati posisi lima besar di J. League. Kemudian, mereka juga memperoleh penghargaan dalam pengembangan pemain. 

Sejumlah pemain binaan Cerezo Osaka tercatat menjadi bagian dalam pasukan Samurai Biru - julukan bagi tim nasional Jepang. 

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan bahwa pilihan kerja sama dengan sepak bola Jepang merupakan langka menarik yang dilakukan oleh Asiana Soccer School. Bukan tanpa sebab, negara yang juga dikenal sebagai Negeri Sakura itu adalah salah satu yang patut diperhitungkan lantaran dalam beberapa edisi menjadi langganan masuk ajang Piala Dunia. 

Selain itu, negara ini juga melakukan upaya pengembangan sepak bola secara mendasar, bertahap, fokus, dan serius dalam jangka panjang. Mereka memiliki visi dan misi menjadi juara dunia dalam program 100 tahun sejak dicanangkan pada 1992 silam. 

"Langkah kerja sama Asiana Soccer School dengan Cerezo Osaka merupakan  komitmen membangun sepak bola dalam jangka panjang, " ujarnya. 

Dia menuturkan, pengiriman pemain akan memberikan pengalaman bagi atlet muda Indonesia. Sementara itu, pengiriman pelatih juga akan menghasilkan banyak atlet berprestasi di dalam negeri kelak. 

Baca juga: Menpora Kawal Persiapan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Elon Musk Ungkap Alasan Kebijakan Rate Limit Twitter yang Bikin Kontroversi

BERIKUTNYA

Menikmati Musik di Ketinggian Bromo, Festival Jazz Gunung Hadir 21-22 Juli 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: