Ilustrasi pertandingan Turnamen Esports eFootball 2023 (Sumber gambar: EFO RentalPS Championship 2023)

Makin Seru! 8 Finalis Berebut Juara Turnamen Esports eFootball 2023

04 July 2023   |   22:16 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Setelah melalui perjuangan yang panjang, delapan finalis dari berbagai daerah akan memasuki babak final turnamen esports e-Football bertajuk EFO RentalPS Championship 2023. Ajang ini adalah panggung bagi para pemain esports amatir yang ingin unjuk gigi atau bahkan melangkah ke jenjang berikutnya.

CEO Esports Football One (EFO) Valentinus Sanusi mengatakan bahwa ajang ini merupakan ruang kompetisi sekaligus silaturahmi bagi para komunitas PS di seluruh Indonesia. Dirinya juga mengajak para pemilik Rental PS yang meski namanya mulai meredup, tetapi komunitasnya sebenarnya tetap eksis hingga saat ini.

Terlebih, komunitas PS yang sempat ramai beberapa tahun lalu kini tampaknya mulai menemukan tantangan berat. Saat ini, menurut Valentinus, rental PS sebagai sebuah wadah permainan mulai mendapatkan stigma sebelah mata di tengah gemerlap esports Tanah Air.

Baca juga: 5 Event Esports Terbesar yang Digelar 2023, Dota TI hingga Valorant Champions Tour

Namun, jika dikelola dengan lebih baik, komunitas ini juga sebenarnya bisa melahirkan bakat-bakat esports terbaik untuk Indonesia. Kuncinya adalah di pengelolaan dan kompetisi yang berjalan secara simultan.

“Kondisi esports eFootball saat ini juga kurang kondusif bagi komunitas amatir untuk bersaing dengan pemain yang datang dari kalangan profesional. Maka dari itu, kami menyediakan ruang dan panggung ini buat para pemain di kalangan grassroot.” Ungkap Valentinus Sanusi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/7).

Dia berharap ajang ini bisa menjadi alternatif jalur baru untuk mengembangkan bakat pemain esports di seluruh Indonesia. Dengan adanya dukungan kompetisi, diharapkan bakat mereka akan makin terasah dan teruji.
 

Peta kompetisi (Sumber gambar: EFO RentalPS Championship 2023

Peta kompetisi (Sumber gambar: EFO RentalPS Championship 2023


Sebagai informasi, babak kualifikasi EFO RentalPS Championship 2023 sudah dilakukan sejak Mei 2023. Ada tiga babak utama yang perlu dilewati oleh para pemain esports eFootball dari berbagai daerah sebelum akhirnya mencapai babak final.

Babak kualifikasi lokal diadakan pada Mei hingga Juni 2023 dan bisa diikuti oleh berbagai komunitas di seluruh kota di Indonesia. Pemain yang berhasil menjadi juara di babak ini kemudian berhak maju ke kualifikasi Regional Series. Setidaknya, ada 35 kota di seluruh Indonesia yang berpartisipasi

Di babak ini, para pemain yang lolos akan berhadapan dengan perwakilan pemain esport eFootball dari regional lain. Juara dari masing-masing regional kemudian akan melaju ke babak final untuk mewakili lima kawasan besar di berbagai daerah di Indonesia.

Kawasan Sumatera memiliki satu slot pemain, kemudian Jawa dan DKI Jakarta memiliki dua Slot pemain. Adapun Kalimantan mendapatkan dua slot pemain dan Indonesia Timur serta Bali mendapatkan dua slot. Lalu, ada Online Series juga yang menyumbang satu slot. Total ada 8 slot finalis yang akan beradu di babak final di Bandung.

Berikut adalah 8 Finalis yang lolos ke babak final
  1. Indarsakti (Juara Online Series)
  2. Harry Akbar – King Junior Game, Palu (Juara Regional Indonesia Timur+Bali)
  3. Marcelino Lindia – Spenta Rental, Manado (Runner-Up Regional Indonesia Timur+Bali)
  4. Ardy Febriansyah – RPM Tanjung Pinang, Kepri (Juara Regional Sumatera)
  5. Ferdiansyah Maulana – WCN Gaming House, Purwakarta (Juara Regional Jawa+DKI)
  6. Bagus Ilham – G442 Playstation, Surabaya (Runner-Up Regional Jawa+DKI)
  7. Bayu Habibie – Ebot Game Store, Banjarmasin
  8. Muhammad Aqshal – Aime Gaming, Martapura

Valentinus Sanusi mengatakan delapan finalis tersebut merupakan para pemenang yang berhasil mengalahkan 562 peserta yang mendaftar di kompetisi ini. Kedelapan pemain kemudian akan saling beradu lagi untuk menentukan siapa yang berhak menjadi jawara nasional esports eFootball 2023. Babak final akan digelar di EFO Studio, Bandung, pada 22 Juli 2023.

Baca juga: Tanpa Perwakilan Asia Tenggara, 12 Tim Esports Melenggang ke Playoff The Bali Major 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Wih, Riset Ini Sebut Mayoritas Masyarakat Indonesia Aktif Mengelola Sampah

BERIKUTNYA

Records of Ragnarok Season 2 Rilis Trailer Anyar, Buddha Banyak Unjuk Skill

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: