Pemain Timnas eFootball Indonesia yang Berlaga di AFC eAsian Cup 2024 (Sumber gambar: Instagram/Timnas.Indonesia)

Profil Pemain Timnas eFootball yang Bawa Indonesia Juara AFC eAsian Cup 2023

06 February 2024   |   12:28 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Timnas eFootball Indonesia sukses bersinar di ajang AFC eAsian Cup 2024. Skuad Garuda yang diperkuat oleh Rizky Faidan, Akbar Paudie, dan Elga Cahya Putra berhasil membawa pulang gelar juara edisi perdana AFC eAsian Cup 2024 tersebut.

Indonesia memastikan diri menjadi raja eFootball di Asia setelah mengalahkan Jepang pada partai puncak yang berlangsung di Virtuocity Arena, Doha, pada Minggu (6/2/2024) malam. Menang dengan dua gim sekaligus, Indonesia berhasil mengandaskan Jepang dengan skor 1-1 (3-2 penalti) dan 1-0. 

Baca juga: Ukir Sejarah Baru, Timnas Esports Indonesia Juara AFC eAsian Cup 2023

Keberhasilan Indonesia meraih juara tak lepas dari penampilan impresif Rizky Faidan, Akbar Paudie, dan Elga Cahya Putra sepanjang turnamen. Ketiga pemuda Indonesia ini sukses membawa harum nama Merah Putih di level Asia.

Sembari merayakan kemenangan Indonesia, yuk simak profil ketiga pemain esports eFootball Indonesia yang berlaga di AFC eAsian Cup 2024 tersebut. Berikut informasinya. 

1. Rizky Faidan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Rizky Faidan (@rizkyfaidan)


Rizky Faidan merupakan pro-player eFootball asal Banding, Jawa Barat. Atlet berusia 20 tahun ini telah berkecimpung di dunia esports sejak 2016. Sebelum terpilih sebagai atlet untuk membela Timnas Indonesia, Rizky memiliki pengalaman yang panjang di level klub.

Pada 2020, Rizky sempat bergabung dengan PSS Sleman untuk bermain pada dalam ajang Indonesia Football eLeague (IFeL) dan berhasil keluar sebagai juara. Dia juga sempat meraih emas pada ajang PON XX Papua 2021. Pada tahun yang sama, Rizky kembali menjuarai IFeL edisi kedua bersama PSS Sleman.

Berlanjut ke 2022, Rizky juga lagi-lagi menjadi kampiun di ajang IFeL, tetapi kali ini dia membela klub berbeda, yakni Bali United. Pada 2023, Rizky telah bergabung ke Persik Kediri dan terus bertekad menjuarai ajang esports level klub di Indonesia tersebut.

Namun, di luar level klub, ada satu prestasi Rizky yang cukup mentereng. Pada 2019, dia menjadi salah satu wakil Indonesia dalam ajang PES League World Finals di London.


2. Akbar Paudie


Mohamad Akbar Paudie merupakan pro-player asal Gorontalo kelahiran 13 November 2001. Prestasi Akbar di dunia esports tak kalah mentereng dibanding dua skuad eTimnas Indonesia lain. Hal inilah yang membuatnya mewakili Indonesia di ajang AFC eAsian Cup 2023.

Pada 2021, Akbar berhasil meraih gelar juara pertamanya di ajang Piala Presiden. Kala itu, dia membela tim amatir bernama Badut Esports. Nama Akbar pun mulai dilirik klub besar Liga 1 untuk berlaga di ajang IFeL.

Pada 2021, dia akhirnya masuk ke klub Persiraja Banda Aceh dan berhasil menjadi runner up pada tahun yang sama. Akbar lalu hijrah ke Bhayangkara FC sampai sekarang. Namun, perjalanannya bersama Bhayangkara FC memang belum membuahkan hasil yang cukup gemilang.


3. Elga Cahya Putra 


Elga Cahya Putra adalah pro-player asal Lampung kelahiran 19 November 1997. Atlet berumur 26 tahun ini mulai terjun ke dunia esports sejak 2018. Namun, namanya baru dikenal publik saat dia membela Madura United pada ajang IFeL edisi 2020.

Sayangnya, musim pertamanya belum membuahkan hasil. Dia masih kalah dari Rizky Faidan. Pada 2021, Elga akhirnya mencicipi posisi runner up IFeL saat sudah membela Borneo FC. Barulah pada 2023, dia akhirnya menjadi juara di ajang IFeL.

Capaian ini membuatnya dipilih mewakili Indonesia untuk ajang AFC eAsian Cup 2023. Sebelum ini, untuk level internasional, Elga juga sempat mewakili Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Esports IESF 14th Bali World Championships dan sukses keluar sebagai juara. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mencicipi Segarnya Smoothies Bowl dari Refresh by Re.juve 

BERIKUTNYA

Taylor Swift Bagikan Tracklist Album The Tortured Poets Department

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: