Review Undawn, Gim Bertema Zombie Open World yang Asyik (Sumber gambar: instagram.com/undawnid)

Review Undawn, Gim Bertema Zombie Open World yang Asyik

29 June 2023   |   12:29 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Cerita dan fantasi mengenai teror zombie selalu menghadirkan ketegangan, drama, sekaligus keseruan dalam satu waktu. Seluruh elemen tersebut cukup berhasil dihadirkan oleh Garena melalui gim terbaru mereka bertajuk Undawn yang resmi rilis hari ini, Kamis (29/6).

Undawn adalah gim shooter survival open-world dengan latar dunia post-apocalyptic yang sudah dikuasai zombie. Gim ini akan mengajak gamers memasuki dunia yang benar-benar berbeda setelah sekelompok mayat hidup menguasai seluruh peradaban.

Walaupun gim bertema zombie sudah banyak dibuat, Undawn menawarkan keseruan yang cukup berbeda. Terlebih, Garena mengeklaim Undawn akan membuat gamers merasakan sensasi gim kelas AAA.

Saat Hypeabis.id memainkan gim ini dalam mode early access, ada banyak elemen yang langsung mencuri perhatian. Grafis yang dihadirkan terasa seperti realitas. Bahkan, karakternya pun dibikin serealitas mungkin selayaknya manusia di dunia nyata.

Dalam gim ini, gamers tidak boleh hanya berfokus melawan zombie. Gamers juga mesti memperhatikan 12 elemen survival yang ada agar si karakter tidak mengalami haus, lapar, atau bahkan terkena mentalnya karena terlalu lama bertarung dengan zombie.

Gamers pun dipaksa memutar otak agar strategi survival dan strategi melawan musuh bisa berjalan beriringan. Hal-hal ini membuat gim ini terasa lebih realistis dan menyenangkan. Sudah cukup penasaran dengan gim Undawn? Berikut adalah review lengkapnya.
 

Eksplorasi Luas dan Grafis Menawan

 

Undawn Gim Bertema Zombie (Tangkapan layar game Undawn versi early access

Undawn Gim Bertema Zombie (Tangkapan layar game Undawn versi early access


Visual yang dihadirkan Undawn cukup realistik. Aspek ini juga menjadi salah satu yang langsung menarik perhatian saat pertama kali dimainkan. Gim ini menggunakan Unreal Engine 4 yang memberikan grafis menawan untuk sekelas mobile.

Dimulai dari karakternya, Undawn mampu memperlihatkan detail yang memanjakan mata. Gamers juga bisa merombak karakter dengan sejumlah item yang tersedia atau melakukan pembelian di dalamnya.

Ada juga ada fitur selfie to create yang memungkinkan pemain menggunakan foto mereka untuk membuat karakter. Hal ini tentu akan memberikan kesan lebih personal pada gim yang sedang dimainkan.

Sebagai gim bertema open world, gamers juga bisa menjelajahi seluruh sudut peradaban dengan grafis yang realistis. Terdapat enam tipe landscape di gim ini, dari perkotaan, pegunungan, dataran, hutan, bukit, dan gurun.

Saat mengeksplorasi berbagai tempat, gamers akan menemukan berbagai elemen pendukung yang sesuai dengan kondisi wilayah tersebut. Misalnya, saat berada di hutan, pemain bisa saja bertemu dengan berbagai binatang liar yang siap menerkam. Lalu, di reruntuhan kota, pemain juga bisa tiba-tiba bertemu zombie dengan tampilan yang cukup bikin tegang.

Pemain juga perlu mewaspadai faktor cuaca. Sebab, perubahan cuaca terjadi secara mendadak dan ini ternyata juga berpengaruh terhadap kondisi karakter di dalam gim.

Namun, pemain tidak perlu takut tersasar di dunia open world. Sebab, Undawn menyediakan map immersive. Selain itu, gamers juga bisa berkreasi untuk bertahan hidup, dari berburu, memancing, memasak, dan sebagainya.
 

Gameplay Beragam

 

Undawn Gim Bertema Zombie (Tangkapan layar game Undawn versi early access

Undawn Gim Bertema Zombie (Tangkapan layar game Undawn versi early access


Saat baru memainkan gim ini, gamers kemungkinan besar tidak akan kebingungan. Gim ini akan memberikan tutorial lengkap dan membantu gamers mencoba memahami Undawn secara lebih baik.

Di gim ini, pemain dapat menyerang zombie hingga melawan sesama pemain. Gamers dapat memainkan fitur Player vs Player (PvP dan Player vs Environment (PvE) secara mengasyikkan. Gim ini juga memiliki senjata yang lengkap. Mulai dari Sniper Rifle, Assault Rifle, Heavy Machine Gun, Grenade Launcher, dan masih banyak lagi.

Undawn dapat dimainkan secara solo maupun bersama dengan teman-teman lain. Gamers juga bisa membangun tempat tingal. Setelah bergabung di dalam camp, pemain akan memiliki homestead sendiri di area camp tersebut. Satu kelompok camp harus bersatu melawan gempuran zombie yang bisa datang.

Namun, gamers tidak boleh lengah hanya berfokus pada misi atau melawan zombie. Gamers juga perlu memperhatikan kesehatan karakter yang dimainkannya. Sebab, ada 12 elemen survival yang perlu dirawat selayaknya manusia di dunia nyata.

Gamers bisa mencoba untuk berburu makan, mandi setelah berpetualang, tidur yang cukup, dan berolahraga agar tetap prima di medan perang. Selain itu, kesehatan mental karakter juga harus dijaga dengan baik. Di gim ini, gamers juga bisa menemukan aneka kendaraan yang bisa disimpan dan digunakan.
 

Kesimpulan

 

Undawn Gim Bertema Zombie (Tangkapan layar game Undawn versi early access

Undawn Gim Bertema Zombie (Tangkapan layar game Undawn versi early access


Gim Undawn bisa menjadi pilihan jika menginginkan permainan bertema zombie dan open world. Genre ini akan membuat pemain puas karena bisa menjelajahi ke banyak tempat dan bisa saja menemukan banyak kejutan di dalam petualangannya.

Namun, selayaknya gim open world, konten atau misi yang ada mesti diperhatikan. Jangan sampai gamers terlena dan justru berputar-putar tanpa arahan yang jelas. Gim ini juga cukup menarik karena menghadirkan fitur health monitor. Hal ini membuat gamers perlu melakukan strategi pertahanan diri yang tepat selain harus melawan musuh dan menyelesaikan misi.

Baca juga: Undawn Rilis 29 Juni 2023, Cobain 5 Elemen Menarik Game Bertema Zombie Ini

Di sisi lain, selain aspek grafis yang menawan, audio di dalam gim ini juga perlu diberi kredit. Unsur audio juga memberikan tambahan atmosfer yang makin mendukung suasana. Terlebih, jika gamers memainkan gim ini menggunakan headset.

Namun, salah satu kekurangan gim ini adalah tampilan UI yang terasa terlalu penuh dengan berbagai hal di dalamnya. Bagi yang tertarik, gim ini sudah bisa diunduh dan dimainkan di perangkat Android, iOS, dan PC. Ada juga kode redeem yang bisa ditukar dengan kode MAINUNDAWN dan HADIAHSHERRY.

Review Undawn: 8/10

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Resmi Dimulai, Kagendra dan Dewa United Esports Siap Bertarung AOV Premier League 2023

BERIKUTNYA

Ini Dia Kunci Lolosnya Suatu Karya Film pada Festival Internasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: