Ilustrasi Badminton (Sumber gambar: Stephan Rothe/Unplash)

Ranking BWF: Ganda Putra Indonesia Fajar/Rian Jadi Nomor 1 Dunia

28 December 2022   |   13:32 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kabar baik diterima pencinta bulu tangkis di Indonesia jelang pergantian tahun. Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto resmi berhasil menempati peringkat satu dunia dalam daftar terbaru ranking Badminton World Federation (BWF).

Fajar/Rian memperpanjang tren baik bagi ganda putra Indonesia yang pernah menyandang peringkat satu dunia dalam olahraga bulu tangkis tersebut. Ganda putra Indonesia ini berhasil menempati peringkat pertama setelah memiliki poin lebih banyak dibanding pemain asal Jepang.

Dalam BWF World Rankings Minggu ke-52 (27/12/2022), Fajar/Rian berhasil mengumpulkan angka sebanyak 88,655 poin. Dengan perolehan tersebut, ganda putra Indonesia ini berhasil menggeser singgasana wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang sebelumnya berada di peringkat pertama.  Kini Takuro Hoki/Yugo Kobayashi mesti turun ke peringkat kedua dengan catatan 82,700 poin.

Baca jugaKenalan Yuk Sama 5 Pria Punggawa Bulu Tangkis Indonesia di Piala Thomas

Namun, posisi Hoki/Kobayashi terbilang tak aman. Sebab, di peringkat ketiga ada ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, yang menempel ketat dengan perolehan poin 81,425 poin.

 


Ganda putra Indonesia memang tampil baik di berbagai turnamen sepanjang 2022 ini. Fajar/Rian, misalnya, mereka berhasil memenangkan Malaysia Masters, Denmark Open, Indonesia Masters, dan Swiss Open.

Mereka juga kerap jadi runner up di beberapa turnamen bergengsi, seperti Singapore Open, Thailand Open, Malaysia Open, dan Korea Open. Penampilan apik juga dirasakan oleh Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Berkat penampilan impersifnya, keduanya juga naik 1 peringkat di Ranking BWF pekan ini.

Masih di sektor ganda putra, Muhammad DHohibur Fikri/Bagas Maulana juga berhasil mencatatkan kenaikan ranking. Ganda putra Indonesia ini naik 1 peringkat menjadi ranking 12 dengan perolehan 55,512 poin.

Pasangan ganda putra lainya, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga berhasil naik peringkat menjadi ranking 15 dengan perolehan 50,639 poin. Sayangnya, salah satu ganda putra unggulan Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya harus terlempar dari 20 besar.

Marcus Gideon/Kevin Sanjaya turun peringkat sebanyak 15 angka sehingga kini harus duduk di ranking 23. Keduanya hanya mengoleksi 41,150 poin.

Tak jauh berbeda, ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan juga turun 11 peringkat menjadi ranking 25 dengan perolehan 40,397 poin saja.
 

Peringkat Tunggal Putra

Di sektor tunggal putra, Indonesia baru bisa menempatkan wakilnya di peringkat keempat. Adalah Jonatan Christie, wakil Indonesia yang berhasil duduk di peringkat keempat dengan perolehan 75,812 poin.

Sementara itu, tunggal putra Indonesia lainnya, Anthony Sinisuka Ginting menempel ketat Jojo dengan duduk di peringkat kelima. Ginting berhasil naik satu peringkat dengan perolehan  75,749 poin.

Setelah Ginting, ranking tunggal putra Indonesia terpaut cukup jauh. Chico Aura Dwi Wardoyo saat ini berada di peringkat ke-24 dengan perolehan 44,118 poin. Kemudian, ada Shesar Hiren Rhustavito yang duduk di peringkat ke-27 dengan perolehan 42,393 poin.

Baca jugaGanda Putra Badminton Kevin & Marcus Diprediksi Turun dari Peringkat 1 Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Gaet Dittopercussion & Popsickle, Rahara Rilis Single Wahai Sang Rahara

BERIKUTNYA

Membanggakan! Ganda Campuran Indonesia Rinov/Pitha Masuk 10 Besar Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: