Poster gambar episode final Manifest (Sumber: Netflix)

Manifest Season 4 Rampung, Terinspirasi dari Hilangnya Pesawat MH370? 

20 June 2023   |   17:45 WIB

Awal bulan ini, tepatnya pada 2 Juni 2023, Netflix merilis episode terakhir serial Manifest musim keempat. Perilisan tayangan final itu menyuguhkan akhir dari kisah yang ada di dalam drama tersebut, sekaligus menimbulkan spekulasi soal peristiwa nyata yang jadi inspirasi ceritanya. 

Sejak awal dirilis pada 2018, Manifest menceritakan kisah fenomena peristiwa misterius yang menimpa penumpang pesawat maskapai Montego Air dengan nomor penerbangan 828. Selama berada di penerbangan, para penumpang sempat mengalami turbulensi dahsyat yang terasa, dan hanya terjadi dalam hitungan detik sesaat sebelum pesawat akan mendarat. 

Baca juga: Review Serial Dokumenter Netflix MH370: The Plane That Disappeared

Namun tak disangka, kejadian turbulensi itu ternyata telah membawa pergi para penumpang selama bertahun-tahun, dari 2013 hingga 2018. Tidak sampai disitu, kejadian aneh dan di luar nalar kerap terjadi terhadap para penumpang setelah mereka mendarat.

Salah satunya adalah ketika penumpang kerap mendapatkan sebuah panggilan gaib di pikiran. Suara itu sering menuntun mereka untuk mencegah segala kejadian buruk pada masa depan dan menolong orang-orang yang telah terkena musibah. 

Berkat panggilan gaib itu pula, para penumpang 828 mendapatkan petunjuk tentang tanggal kematian dan tanggal tersebut berkaitan dengan hari pada saat mereka telah dinyatakan hilang.

Setelah mengetahui perihal tersebut, para penumpang, terutama karakter utama Ben Stone (diperankan Josh Dallas) dan adiknya Michaella (Melissa Roxburgh), berjuang keras dengan segala cara untuk selamat pada hari kematiannya, termasuk dengan menuruti suara misterius di kepala mereka.
 

Inspirasi Cerita

Alur yang dihadirkan dalam serial Manifest ini ternyata menimbulkan spekulasi dan wacana terkait dugaan bahwa kisahnya terinspirasi dari kejadian nyata. Khususnya peristiwa yang menimpa pesawat Malaysia Airlines MH370, yang telah dinyatakan hilang sejak 2014 dan masih belum ditemukan hingga saat ini.

Menanggapi spekulasi yang ada, sang pencipta alur cerita, Jeff Rake, dalam wawancaranya di kanal Youtube SYFY Wire (23/07/2018) mengatakan bahwa peristiwa hilangnya Malaysia Airlines MH370 memang telah berperan penting pada pembawaan kesan realistis dalam serial ini.

Rake mengaku inspirasi ide cerita untuk drama ini sebenarnya sudah eksis terlebih dahulu sebelum sebelum peristiwa hilangnya MH370. Idenya muncul ketika dia sedang bertamasya bersama keluarganya sembari memikirkan konsep kebersamaan dan perpisahan. 

Lalu ketika berita hilangnya Malaysia Airline MH370 mencuat, Rake merasakan bahwa ide dan konsep cerita yang telah dibuatnya makin terasa realistis, hingga jadilah serial Manifest yang telah menyelesaikan musim keempatnya. 

Sebagai informasi, Manifest tayang perdana pada September 2018 di jaringan televisi NBC. Ini berlangsung mulai dari musim pertama hingga ketiga (2018-2021). Baru pada akhir tahun lalu, Netflix menjadi rumah bagi musim keempat serial tersebut. Musim empat bagian pertama rilis pada 4 November 2022 dan bagian keduanya 2 Juni 2023, dengan total 20 episode. 

Baca juga: Ternyata Ini 5 Alasan Dilarang Merokok di Dalam Pesawat, Bahaya Banget!
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tertarik Berkunjung ke Pameran Van Gogh Alive The Experience? Cek Dulu Tata Tertibnya

BERIKUTNYA

Wujud Konsistensi & Eksplorasi Perupa Nunung WS dalam Pameran The Spirit Within

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: