Ilustrasi UMKM (Sumber gambar: Freepik)

Resmi Dihelat, Puluhan UMKM Ramaikan JaKreatiFest 2023 di Mall Taman Anggrek

16 June 2023   |   18:45 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Gelaran program tahunan dari Bank Indonesia, Jakarta Kreatif Festival atau JaKreatiFest 2023 resmi digelar hari ini, Jumat (16/6/23). Berlangsung di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, puluhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pun turut ambil andil dalam kegiatan tersebut.

Tahun ini, JaKreatiFest digelar sebagai salah salah satu rangkaian dari kegiatan Road to KKI (Karya Kreatif Indonesia) dan HUT DKI Jakarta ke-496. Adapun gelaran yang debut pada 2020 itu tahun ini mengusung tema Kreasi Jakarta untuk Indonesia.

Baca juga: Dorong UMKM Naik Kelas, BI Jakarta Gelar JaKreatiFest 2023 16 — 18 Juni 2023

Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta, Arlyana Abubakar menyebutkan bahwa konsistensi, inovasi dan sinergi dengan seluruh mitra strategis Bank Indonesia DKI Jakarta menjadi salah satu katalisator dalam mendorong optimisme pelaku ekonomi.

"Hal ini tentu untuk mempersiapkan UMKM yang berdaya saing pada pasar domestik maupun global. Termasuk lewat peningkatan kapasitas, kualitas, perluasan akses pembiayaan dan pemasaran, serta pemanfaatan pembayaran digital," ujarnya saat membuka JaKreatiFest 2023, Jumat (16/6/23).
 

Suasana salah satu lapak UMKM di JaKreatiFest 2023 (sumber gambar Hypeabis.id/ Prasetyo Agung)

Suasana salah satu lapak UMKM di JaKreatiFest 2023 (sumber gambar Hypeabis.id/ Prasetyo Agung)

Tak tanggung-tanggung, tahun ini sebanyak 73 UMKM dari seluruh Indonesia juga ikut dalam kegiatan tersebut. Meliputi festival kopi, teh dan cokelat nusantara, festival bumbu olahan, dan kegiatan business matching. Ada juga kegiatan edukasi seputar ekspor UMKM, halal lifestyle, digital payment, perlindungan konsumen dan potensi wisata urban Jakarta.

Adapun, dari pantauan Hypeabis.id, ratusan konsumen memang menyeruak di berbagai gerai yang digelar di JaKreatiFest 2023. Mereka pun menyambut antusias gelaran tahunan tersebut dengan menyerbu beberapa produk olahan lokal, mulai dari  kain wastra, sneakers buatan dalam negeri, hingga kuliner nusantara seperti olahan sambal dan jamu tradisional.

Melihat antusiasme masyarakat tersebut Arlyana pun optimis bisa mencapai target Rp 8,5 miliar dari festival ekonomi kreatif ini. Selain antusiasme masyarakat, faktor lain yang membuatnya percaya diri adalah karena pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pasca pandemi Covid-19 telah dicabut.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno juga mengapresiasi kegiatan JaKretiFest 2023. Menurutnya ajang tahunan tersebut sejalan dengan program negara dalam memulihkan sektor ekonomi dan wisata di Tanah Air. Oleh karena itu, dia pun mengajak masyarakat untuk turut meramaikan kegiatan tersebut.

"Mari bersama ajak teman dan saudara untuk berwisata dan beli produk lokal kebanggaan Indonesia saja. Hal ini tentu saja agar sektor ekonomi kreatif Indonesia dapat pulih lebih cepat dan berdampak juga pada masyarakat," papar Sandiaga Uno.

JaKreatiFest 2023 akan berlangsung sampai dengan 15 Juli 2023 di Main Atrium Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat. Adapun acara ini akan menghadirkan pameran luring sebanyak 73 UMKM dari DKI Jakarta dan 120 UMKM di pameran dari di Bukalapak.

Selain melalui JaKreatiFest 2023 penguatan kapasitas UMKM juga akan terus dilakukan melalui program pelatihan UMKM on-boarding digital, baik secara tatap muka maupun edukasi daring. Adapun acara ini juga sejalan dengan semangat Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), mendukung Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) serta Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Pameran Multisensori Van Gogh Alive The Experience Hadir di Jakarta Mulai Juli 2023, Cek Info Tiketnya

BERIKUTNYA

Cara Pakai MusicGen, Generator Musik AI dari Meta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: