Ali Ichsan, Yoshiyuki Fujioka, Satoshi Shimada, Riki Siuwandy (dari kiri ke kanan). (Sumber gambar: Sony Indonesia)

Sony Perkenalkan 3 Televisi Anyar Seri Bravia XR, Cek Spesifikasi & Fiturnya

16 June 2023   |   16:51 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Sony memperkenalkan tiga televisi terbaru dari seri Bravia XR ke pasar Indonesia. Ketiga produk anyarnya itu membawa beberapa pembaruan yang menarik dan lebih canggih ketimbang seri terdahulunya. Kejernihan layarnya juga mengalami peningkatan.

Tiga televisi Sony tersebut adalah X95L Mini LED, X90L Full Array LED, dan A180L OLED. Ketiga televisi ini diklaim akan memberikan pengalaman menonton, bermain gim, dan mengadakan home party yang lebih imersif dan menyenangkan.

President Director PT Sony Indonesia Yoshiyuki Fujioka mengatakan bahwa saat ini layanan streaming dan musik sudah banyak sekali digunakan oleh masyarakat. Tentunya, sederet hiburan tersebut akan lebih maksimal jika disaksikan dalam sebuah teve yang menawarkan pengalaman menonton yang lebih imersif.

Terlebih, Sony juga memiliki rangkaian soundbar atau speaker yang bisa dipadukan dengan perangkat televisinya. Perpaduan tersebut disebut bakal menciptakan ruang televisi yang lebih seru untuk berkumpul bersama keluarga. 

Baca juga: Perkembangan Teknologi Layar Televisi Dari Masa ke Masa, Sekarang Era Pertarungan Kerapatan Piksel
 

a

Televisi Sony (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Sebagai produk baru, ketiga televisi Sony memiliki banyak hal anyar yang ditawarkan. Ketiganya sudah memiliki Cognitive Processor XR yang akan memberikan pengalaman home entertainment berbeda.

Dengan prosesor itu, layar televisi akan memiliki XR Clear Image. Dengan demikian, noise di dalam layar televisi akan jauh berkurang. Gambar yang dihasilkan juga akan lebih jernih meski subjek pada tayangan bergerak cepat.

“Teknologi ini juga dapat mengurangi keburaman dan menciptakan momen yang dinamis. Prosesor ini juga memungkinkan backlight control yang lebih baik untuk meningkatkan local dimming zone, kecerahan, dan penurunan blooming,” ungkapnya di Jakarta, Jumat (16/6/2023).

Setiap serinya juga sudah dilengkapi Acoustic Center Sync. Hal ini akan menghubungkan sistem suara teve dengan center channel soundbar Sony yang kompatibel. Fitur ini juga dapat mengubahnya menjadi center speaker yang bisa menambah sensasi ketika menonton.

Suara yang dihasilkan juga bisa makin jernih dengan soundbar Sony yang menawarkan 360 Spatial Sound Mapping 2, yang dapat menghasilkan phantom speaker serta pengoptimalan sound field yang lebih baik.
 

Televisi Sony  A80L OLED(Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Televisi Sony X95L Mini LED (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Pada Seri X95L Mini LED, Sony menghadirkan Acoustic Multi-Audio menggunakan frame tweeter untuk meningkatkan suara agar lebih selaras dengan gambar di layar. Jenis ini juga sudah dilengkapi XR Backlight Master Drive technology. Teknologi baru itu akan menyempurnakan gambar dengan menghasilkan warna hitam yang lebih pekat dan alami.

Dengan demikian, saat menonton film atau memainkan gim, gambarnya bisa terasa lebih hidup. Terlebih, teknologi Triluminos Pro juga sudah tersedia. Fitur ini bisa membuat kontras yang lebih baik karena menghasilkan miliaran warna yang akurat, detail, dan dapat dikendalikan dengan presisi.
 

(Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Televisi Sony  A80L OLED(Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Sementara itu, seri A80L OLED juga datang dengan warna hitam yang lebih pekat khas karakter layar OLED. Suara yang dihasilkan juga lebih kaya. Sebab, ada penambahan fitur menarik di dalamnya.

Seri ini juga sudah menghadirkan Acoustic Surface Audio dengan aktuator yang bergetar untuk menghasilkan suara yang lebih baik. Ibaratnya, seluruh layar adalah speaker. Tingkat presisi antara suara dan gambar juga lebih baik.

Ketika product touch and try yang dilakukan bersama media, layar dari televisi A80L OLED memang bergetar saat sedang mengeluarkan suara. Getaran itu menandakan bahwa layar tidak hanya menampilkan gambar, tetapi juga suara. Meski layar bergetar, hal itu tidak memengaruhi kenikmatan dalam menonton.

Di sisi lain, Sony juga sudah memiliki fitur canggih untuk mencegah terjadinya burn in. Ini adalah masalah yang kerap terjadi di layar OLED. Saat burn in, akan terjadi perubahan warna pada bagian panel layar dan terjadi secara permanen.

Di A80L OLED, Sony sudah mengantisipasinya dengan fitur pixel shift. Jadi, layar tidak akan menampilkan hal yang statis dalam waktu lama. Dalam beberapa periode, akan otomatis refresh sehingga potensi burn in bisa lebih dikurangi.

Baca juga: Intip Tampilan Project Q dari Sony, Perangkat PS5 Portabel yang Dinantikan Gamers

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

77 Tahun Berlalu, Belanda Akui Kemerdekaan Indonesia Jatuh Pada 17 Agustus 1945

BERIKUTNYA

Pameran Multisensori Van Gogh Alive The Experience Hadir di Jakarta Mulai Juli 2023, Cek Info Tiketnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: