Penyu, hewan purba yang terancam punah. (Sumber gambar: Freepik/Wirestock)

World Sea Turtle Day 2023, Intip 10 Fakta Menarik Penyu

16 June 2023   |   10:04 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like

3. Cangkang dari Tulang

Seperti kerabatnya kura-kura, cangkang penyu sangat keras. Cangkang mereka terbuat dari 50 tulang lebih yang menyatu. Penyu juga memiliki tulang ringan dan kenyal yang membantu mereka mengapung.


4. Bertelur Sekitar 100 Butir di Pantai

Selama musim panas, penyu mengikuti ritual reproduksi kuno, di mana betina meninggalkan laut dan merangkak ke pantai untuk menggali sarang di pasir. Penyu betina menggunakan sirip belakangnya untuk menggali lubang sarang dan kemudian bertelur sekitar 100 telur. Setelah bertelur, penyu menutupi dan menyamarkan lokasi sarangnya sebelum kembali ke laut.


5. Suhu Menentukan Jenis Kelamin

Suhu memiliki dampak yang signifikan terhadap rasio jenis kelamin penyu. Suhu yang lebih hangat menghasilkan lebih banyak betina, sedangkan suhu yang dingin menghasilkan lebih banyak jantan. 

Adapun telur menetas setelah masa inkubasi selama dua bulan. Biasanya tukik atau bayi penyu akan bergerak menuju laut di malam hari untuk memulai kehidupan barunya.


6. Hanya Sedikit yang Selamat

Diperkirakan hanya sekitar 1 dari 1.000 tukik penyu yang berhasil mencapai usia dewasa. Hal ini karena waktu yang lama bagi mereka untuk mencapai kedewasaan dan banyaknya bahaya yang dihadapi oleh tukik karena serangan predator lain di laut. Hingga memakan plastik ketika mereka remaja.


7. Penyelam Andal

Penyu suka menghabiskan waktu mereka di perairan dangkal. Namun, mereka bisa menyelam hingga kedalaman lebih dari 1.200 meter di bawah permukaan laut loh. 

Biasanya mereka menyelam untuk mendapatkan makanan. Penyu juga dapat bergerak cepat saat berenang, yakni sekitar 1,4 sampai 9,3 kilometer per jam. 


8. Suka Bermigarsi

Penyu laut dapat bermigrasi dalam jarak yang sangat jauh. Rekor terpanjang yang diketahui adalah penyu belimbing betina yang berenang hampir 13.000 mil selama 647 hari dari Indonesia ke pantai barat Amerika. Bisa dikatakan mereka berenang lebih dari 20 mil sehari.  


9. Selalu Pulang

Walaupun melalang buana dengan jarak yang jauh, penyu betina selalu kembali ke pantai yang sama tempat mereka menetas. Mereka kembali ke rumahnya untuk bertelur. 

Biasanya penyu bertelur setiap dua sampai tiga tahun sekali. Kemampuan luar biasa penyu untuk bernavigasi berasal dari kepekaan mereka terhadap medan magnet Bumi.


10. Punya Suara Unik dan Sering Menangis

Penyu belimbing betina mengeluarkan suara-suara aneh saat bersarang. Beberapa di antaranya terdengar mirip dengan sendawa manusia. 

Sementara itu, penyu terkadang terlihat seperti sedang menangis. Namun, sejatinya mereka membuang kelebihan garam dari menelan air laut yang asin, melalui kelenjar ekskresi garam di dekat sudut mata. Garam yang dikeluarkan dari kelenjar ini dapat memiliki konsentrasi garam dua kali lipat dari air laut. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Seniman Nunung W.S Memberikan Warna Berbeda dalam Sejarah Seni Rupa Indonesia

BERIKUTNYA

Sandhy Sandoro, Lyodra dan Mahalini Bakal Tampil di Konser Dewa 19 feat All Stars Stadium Tour 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: