Ilustrasi liburan keluarga. (Sumber gambar : Freepik/Tirachardz)

Libur Sekolah Tiba, Intip 7 Cara Jalan-jalan Hemat dengan Keluarga

14 June 2023   |   20:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Musim liburan sekolah segera tiba. Ini menjadi waktu yang tepat untuk berwisata bersama keluarga untuk melepas penat, membuat kenangan, serta mempererat ikatan dengan orang terkasi. Namun demikian, anggaran selalu menjadi tantangan lantaran kamu tidak pergi sendirian melainkan rombongan. 

Biaya yang dikeluarkan tentu jauh lebih besar terutama untuk biaya akomodasi dan transportasi. Eitss jangan berkecil hati dulu Genhype. Kamu tetap bisa menciptakan liburan berkualitas walaupun anggarannya terbatas.

Seperti apa? Berikut tujuh cara yang bisa kamu coba.

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Wisata & Akomodasi Menginap untuk Liburan Singkat Harpitnas


1. Manfaatkan Paket Promosi

Meskipun naik pesawat bisa menjadi petualangan menyenangkan bagi anak-anak, alokasi anggarannya pastinya cukup besar. Cara terbaik untuk menghemat harga tiket pesawat yakni membeli paket pesawat dengan akomodasi. 

Menurut Senior Country Director Agoda di Indonesia, Gede Gunawan, cara ini dapat memungkinkan kamu mendapatkan diskon tambahan. Dengan demikian, kamu dapat memiliki lebih banyak dana untuk kegiatan lain yang menyenangkan di tempat tujuan. 
 

2. Berburu Diskon

Platform perjalanan seringkali memberikan potongan harga khusus untuk hari-hari tertentu, seperti double days (tanggal kembar), pay-day (hari gajian), upcoming holidays (liburan mendatang), dan banyak lagi. Tak ada ruginya mengikuti info tersebut, dan mungkin kamu akan menemukan beberapa penawaran rahasia dengan diskon ganda.


3. Sewa Rumah atau Villa

Saat liburan bersama, memesan kamar untuk masing-masing orang memang menyenangkan. Namun, akan lebih baik jika kamu memilih akomodasi yang cocok untuk semua usia. 

Memesan satu rumah atau villa tentu lebih hemat ketimbang memesan beberapa kamar hotel. Mengisi kulkas, memanggang barbekyu bersama, atau menggunakan ruang tamu untuk memainkan permainan hingga tebak-tebakan dengan seluruh anggota keluarga menjadi pengalaman yang tak terlupakan.


4. Pesan Akomodasi yang Tawarkan Opsi Refund

Liburan bersama keluarga dalam momen liburan sekolah pastinya sudah terjadwal. Nah, kamu bisa melakukan penghematan dengan memilih akomodasi non-refundable (tidak dapat diuangkan kembali) yang tentunya lebih murah. 

Kendati demikian, jika kamu membutuhkan fleksibilitas tanggal perjalanan, bandingkan tarif kamar dan layanan yang didapatkan untuk mendapat penawaran sesuai kebutuhan ya. Jadi, tetap teliti melihat penawaran.


5. Cari Sarapan Sehat dan Gratis

Sangat penting memulai liburan yang penuh aktivitas dengan sarapan yang sehat. Namun, membeli sarapan setiap hari bisa membuat pengeluaran membengkak. 

Oleh karena itu, sebaiknya pesan akomodasi yang sudah termasuk sarapan. Ini tidak hanya menghemat banyak uang, tetapi juga memberi ketenangan pikiran lantaran kopi sudah siap diseduh dan roti siap dipanggang. Pastikan saja kamu bangun tepat waktu untuk sarapan. 


6. Liburan di Dalam Negeri

Berlibur di dalam negeri banyak manfaatnya. Selain menghemat biaya penerbangan ke luar negeri dan biaya visa, kamu juga bisa meningkatkan kebanggaan nasional karena dapat mempelajari budaya lokal. 

Saat memilih destinasi lokal, pertimbangkan tempat wisata hidden-gem yang memberi pengalaman berbeda dari lokasi yang sering dikunjungi orang lain. Kamu juga bisa memilih destinasi bernuansa alam yang akan membawa pengalaman lebih menyenangkan dan memungkinkan keluarga menghemat pengeluaran dibandingkan berlibur di perkotaan.


7. Pesan di Awal

Kini, untuk tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi, kamu dapat terlebih dulu memesan tiket secara online untuk menghemat biaya dan mempercepat perjalanan. Tinggalkan waktu yang terbuang dan sambutlah kegembiraan saat kamu membuat kenangan bersama orang-orang terkasih. Dengan pesan di awal, mungkin saja kamu bisa mendapat benefit seperti paket kegiatan yang ditawarkan akomodasi. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Fakta Seru Home For Rent, Film Sekte Sesat Thailand yang Melampaui Pencapaian The Medium

BERIKUTNYA

Presiden Jokowi Ingatkan Masyarakat Jangan Sering-sering Berobat ke Luar Negeri

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: