Hindia (Sumber gambar: Sun Eater)

Jadi Lagu Penutup Album Kedua, Hindia Merilis Single Kami Khawatir, Kawan

14 June 2023   |   07:33 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Penyanyi Baskara Putra atau Hindia kembali merilis single anyar bertajuk Kami Khawatir, Kawan. Single ini menjadi lagu keempat sekaligus terakhir yang menjadi bagian dalam album penuh kedua sang solois, Lagipula Hidup akan Berakhir, yang akan dirilis pada Juli 2023 mendatang.

Sebelumnya, Hindia telah merilis lagu Janji PalsuMasalah Masa Depan, dan Perkara TubuhKami Khawatir, Kawan adalah sebuah ungkapan dari Hindia tentang orang-orang yang kerap menjauhi lingkungan sekitarnya karena dianggap toksik. Baskara mengatakan inspirasi pembuatan lagu ini berawal dari kisah sahabatnya yang sering merasa khawatir dengan adiknya yang jarang pulang ke rumah.

Menurutnya, hal-hal seperti itu banyak terjadi di dalam keluarga orang-orang terdekatnya. Tentang seseorang yang merasa tidak bisa menjadi dirinya sendiri di rumah, tapi di sisi lain juga menyadari bahwa dia tidak bisa hidup tanpa dukungan dari keluarganya.

Baca juga: Jadi Lagu Kedua Album Baru, Solois Hindia Rilis Single Masalah Masa Depan

"Jadi saya selalu bilang ke diri sendiri, sabar, besok-besok kau akan bisa lepas dan jalani hidup yang kau mau tanpa punya utang budi lagi. Tapi belum sekarang," kata penyanyi yang juga menjadi vokalis dalam grup band .Feast itu.
 

Hindia (Sumber gambar: Sun Eater)

Hindia (Sumber gambar: Sun Eater)

Seperti halnya lagu Perkara Tubuh yang dirilis pada Mei 2023 lalu, lagu Kami Khawatir, Kawan ditulis oleh Hindia dan Kareem Soenharjo yang juga bertindak sebagai produser bersama Enrico Octaviano sebagai co-producer. Meski dasar lagu ini berawal dari Baskara, namun untuk penggarapan selanjutnya, dia percayakan kepada Kareem terlebih ada banyak elemen yang mengulang.

Dalam lagu ini, Hindia tampak mengandalkan beat riang untuk mengiringi vokalnya yang terdengar afektif. Setelah mengangkat tema-tema keputusasaan, keresahan akan masa depan serta ketidakpercayaan diri pada lagu-lagu yang sudah dirilis, Hindia sengaja memilih Kami Khawatir, Kawan sebagai single berikutnya karena menurutnya mengusung topik yang familiar bagi siapapun.

Diakui olehnya, untuk single penutup album keduanya ini, dia ingin mengangkat kisah yang lebih membumi sekaligus menjadi pertanda bahwa karya terbarunya ini masih melanjutkan spirit yang dia bangun sejak awal dalam karier bermusiknya.

“Pada akhirnya, karya-karya Hindia tetap mengakar ke cerita dan pengalaman yang kita punya sehari-hari," ucap penyanyi kelahiran Jakarta itu.

Baskara juga mengaku masih tidak menyangka bahwa karier solonya dengan moniker Hindia akan menjadi seperti sekarang ini dan mendapatkan respon yang positif dari para penikmat musik Tanah Air. 

"Dapat menyelesaikan album pertama sudah aneh, dan kini saya berada di penghujung perilisan album kedua, sesuatu yang  lebih aneh lagi. Terima kasih sudah mendengarkan sejauh ini. Semoga cerita hidup saya dan orang-orang sekitar saya tetap menarik untuk didengarkan, dan semoga kamu menemukan ceritamu juga di sana," katanya.
 

Daniel Baskara Putra atau yang lebih dikenal Baskara Putra adalah penyanyi dan penulis lagu kelahiran 22 Februari 1994. Dia mengawali karier bermusiknya dengan mendirikan grup musik rock .Feast pada tahun 2012. Namun, pada 2018, dia juga tampil sebagai penyanyi solo dengan nama Hindia dan merilis lagu No One Will Find Me yang merupakan bagian dari album kompilasi Bertamu.

Masih pada tahun yang sama, dia merilis album mini berjudul Tidak Ada Salju di Sini bersama Petra Sihombing, Krautmilk, Enrico Octaviano dan Rubina. Setelahnya, dia kembali merilis empat single baru sepanjang 2019 yakni Evaluasi, Secukupnya, Tinggalkan di Sana dan Jam Makan Siang.

Pada awal Januari 2023, Baskara mengumumkan album kedua yang berjudul Lagipula Hidup akan Berakhir melalui laman media sosialnya. Album ini merupakan album ganda yang akan dirilis pada tanggal 7 Juli 2023 untuk bagian pertama dan pada tanggal 21 Juli 2023 untuk bagian kedua, dengan Janji Palsu sebagai single pertama disusul dengan lagu Masalah Masa DepanPerkara Tubuh, dan Kami Khawatir, Kawan.

Baca juga: Ungkapan Rasa Kurang Percaya Diri Solois Hindia dalam Single Perkara Tubuh

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Free Fire Nusantara Series Region Qualifier Bakal Kompetisikan 120 Tim Komunitas

BERIKUTNYA

Mayoritas Masyarakat Indonesia Belum Pilih Layanan Perbankan Syariah, Ini Sebabnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: