Ilustrasi konten kreator. (Sumber gambar: Pnw Production/Pexels)

4 Kiat Bikin Konten Visual yang Menarik ala Kreator Dhiarcom

13 June 2023   |   13:07 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Media sosial kini boleh dibilang menjadi media utama bagi pelaku usaha untuk mempromosikan sekaligus memasarkan produk mereka. Hal itulah yang menyebabkan konten-konten visual yang menarik menjadi satu hal penting dalam mempromosikan atau membangun branding awareness di media sosial.

Meningkatkan interaksi, mudah dimengerti, dan memiliki daya tarik yang kuat merupakan tiga dari banyak keunggulan yang ditawarkan oleh konten visual. Tidak hanya menjadi penghias, elemen seperti warna, ilustrasi ataupun bentuk yang dimiliki konten infografis, meme, foto hingga video, menjadi aspek yang mendukung sebuah pesan tersampaikan secara efektif dan efisien.

Baca juga: Tip Membuat Konten Story Telling dari Raditya Dika Untuk Dongkrak Penjualan

Pada dasarnya, otak manusia dapat memproses gambar lebih cepat dibandingkan dengan sebuah teks. Hal inilah yang menjadikan konten visual sebagai medium yang saat ini sering diandalkan untuk strategi bisnis, baik kreativitas materi untuk media sosial hingga berbagi informasi penting. 

Fungsi visualisasi pada sebuah konten pun kerap diperhitungkan karena potensi kuat yang dimiliki, serta beragam peluang yang dihadirkan. Selain menjadi sarana pemasaran, konten visual menghadirkan banyak kesempatan yang seringkali dimanfaatkan oleh kreator konten untuk meningkatkan antusiasme melalui media sosial, menambah penghasilan dengan cara review dan spill produk hingga memperkuat interaksi dengan audiens melalui video pendek atau live shopping.

Dhiarcom, Kreator Konten sekaligus Tech Influencer, mengatakan konten visual menjadi salah satu bukti nyata bahwa kemajuan teknologi telah menghadirkan sebuah medium yang tidak hanya menawarkan kemudahan, tetapi juga ruang berkreasi dan peluang baru. 

Berkecimpung di dunia kreator konten sejak 2009, menurutnya saat ini bukan hanya jenis konten saja yang berkembang, tetapi mulai dari kemudahan akses terhadap variasi pilihan produk elektronik yang dapat digunakan untuk menekuni profesi ini hingga program dan fitur yang dihadirkan. "Itu memberikan kesempatan lebih besar untuk mengawali langkah dan meningkatkan daya tarik melalui keterlibatan dengan audiens," katanya.

Untuk Genhype yang tertarik untuk terjun dan menekuni dunia kreativitas konten, berikut adalah 4 tips bikin konten visual yang menarik dari Dhiarcom.
 

1. Tentukan niche sebagai kreator 

Di era modern seperti sekarang, semua orang dapat membuat dan mengunggah konten dengan mudah hanya bermodalkan gawai dan koneksi internet. Oleh karena itu, memiliki niche atau DNA yang membedakan kontenmu dari banyaknya kreator konten di luar sana sangatlah penting.

Misalnya Dhiarcom yang memulai untuk membuat sebuah website pada 2009 lalu beralih untuk menjadi kreator konten pada 2014 dan mulai memanfaatkan media sosial untuk berbagi review mengenai travel dan kuliner.

Dua tahun berjalan, Dhiarcom pun menyadari bahwa topik tersebut tidak sesuai dengan audiens yang dimiliki, sehingga dia mencoba peruntungan baru dengan mengulas produk-produk dari salah satu kategori favoritnya yaitu elektronik yang ternyata mendapatkan antusiasme dari penonton.

"Jadi, jangan takut untuk mengeksplorasi berbagai format, gaya, atau pendekatan sampai menemukan apa yang paling cocok dengan kepribadian dan tujuan kamu sebagai content creator," katanya.

 


2. Sesuaikan dengan keahlian & hobi 

Penting untuk menciptakan konten yang sesuai dengan keahlian atau minat agar dapat memberikan nilai tambah kepada audiens. Dengan fokus pada topik atau bidang yang dikuasai, kalian dapat menawarkan wawasan yang berharga dan mengikuti perkembangan serta tren terkini dalam bidang tersebut dengan lebih mudah.

Hal ini juga memungkinkan kalian untuk menciptakan konten yang relevan dan bermutu, sehingga audiens bisa mengandalkan konten kalian sebagai sumber informasi yang terpercaya.


3. Konsisten & terus upgrade kualitas konten 

Konsistensi dalam menghasilkan konten juga merupakan faktor penting karena dapat membantu membangun ekspektasi, kepercayaan, dan hubungan jangka panjang dengan audiens. Tidak hanya konsisten, penting juga untuk terus meningkatkan kualitas konten yang dihasilkan.

Industri kreasi konten terus berkembang dengan cepat dan audiens memiliki harapan yang semakin tinggi terhadap konten yang mereka konsumsi. Untuk tetap relevan dan menarik, penting untuk selalu memperbarui pengetahuan dan keterampilan dalam menciptakan karya yang berkualitas. 

“Kalau masih merintis, tidak perlu kok langsung beli peralatan yang paling bagus dan mutakhir atau bayar editor pribadi, mulai saja pelan-pelan. Tidak ada salahnya pakai smartphone dulu, lalu agar video lebih bagus juga bisa dicicil misalkan beli ring light dan microphone,” ucap Dhiar.


4. Jangan takut memulai & manfaatkan peluang 

Tak sedikit orang merasa ragu dan terhambat oleh ketakutan akan kegagalan atau kurangnya pengalaman. Namun, penting untuk mengatasi rasa takut ini dan memulai langkah pertama. Perlu diingat, semua kreator konten yang sekarang sudah sukses pun pernah berada di titik nol.

Terlebih lagi, di era digital ini banyak sekali peluang di sekitarmu yang dapat dimanfaatkan seperti misalnya menjajal menjadi affiliator dalam memberikan rekomendasi produk dengan membuat konten di media sosial.

Baca juga: 5 Tipe Konten Populer Ini Ampuh Mendongkrak Engagement

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Mengenal Metropod, Angkot Listrik Tanpa Sopir yang Bakal Mengaspal di IKN

BERIKUTNYA

Yuk Pahami Cara Kerja Algoritma Instagram Biar Monetisasi Akun Jadi Pol

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: