Aktris Adinia Wirasti (Sumber gambar: Instagram/Adinia Wirasti)

Adinia Wirasti, Jalan Panjang Sang Artis Meniti Karier di Jagat Sinema Indonesia

10 June 2023   |   21:39 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Seniman peran perempuan aka aktris Adinia Wirasti melepas status lajangnya. Dia menjalani prosesi pernikahannya pada Jumat (9/6/2023). Pemeran Karmen dalam film Ada Apa Dengan Cinta? ini merupakan salah satu bintang film yang sering menghiasi layar lebar Indonesia. 

Aktris pemilik nama lengkap Adinia Wirasti Wijayanto itu merupakan wanita kelahiran Januari 1987, dari seorang ayah bernama Raden Wijayanto dan ibu Lukitawati Salatun. Perempuan yang akrab disapa Asti itu memulai kariernya di industri hiburan dalam negeri sebagai model sebuah majalah remaja. 

Baca juga: Menengok Pernikahan Bernuansa Elegan Adinia Wirasti, Ada Detail Unik di Gaunnya

Dari model, dia lantas merambah industri perfilman Indonesia dan memulai kariernya lewat salah satu film legendaris Tanah Air, tidak lain adalah Ada Apa Dengan Cinta? karya sutradara Rudi Soedjarwo yang rilis pada 2002. Adik dari artis dan Youtuber Sara Wijayanto itu beradu peran dengan pesohor lainnya seperti Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Titi Kamal, dalam film tersebut. 

Kecemerlangan penampilan debutnya di film tersebut membuat sejumlah sineas meliriknya untuk menjadi bagian dalam karya-karya lainnya. Sekitar 3 tahun berselang, dia kembali dipercaya memerankan sebuah karakter dalam film berjudul Tentang Dia yang rilis pada 2005. 

Dalam film itu, Asti mendapatkan kepercayaan dari sang sutradara, Rudi Soedjarwo, untuk memerankan karakter bernama Rudi yang merupakan seorang wanita yang dekat dengan perempuan lain bernama Gadis yang ditemuinya secara tidak sengaja.

Masa lalu Rudi yang kelam dan pernah kehilangan seorang adik akibat kekerasan yang dilakukan oleh sang ayah membuatnya juga tidak ingin kehilangan Gadis. Sang aktris memperoleh penghargaan pertamanya dalam industri film, yakni Festival Film Indonesia (FFI) melalui karya Tentang Dia. 

Dalam ajang FFI 2005 tersebut, Asti berhasil membawa pulang Piala Citra untuk kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik. Prestasi ini membuat namanya kian masuk dalam daftar para sineas yang ingin membuat film. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by adiniawrst (@adiniawrst)


Tercatat, film-film layar lebar seperti Ruang (2006), 3 Hari Untuk Selamanya (2007), Arisan! 2 (2011), Cek Toko Sebelah (2016), Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga (2018), Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta (2018), Cek Toko Sebelah 2 (2022) dan sebagainya pernah dibintanginya. Tidak hanya layar lebar, sejumlah judul serial web dan film Televisi (FTV) juga pernah diperankannya.

Dengan berbagai judul film itu, Asti juga masuk berkali-kali dalam nominasi sejumlah ajang penghargaan bagi industri film di dalam negeri. Selain Piala Citra pada 2005 silam, dia juga berhasil  membawa pulang sejumlah piala. Ajang terbaru yang berhasil dimenangkannya adalah  Indonesian Movie Actors Awards (IMA) 2022. 

Pada ajang itu, Asti berhasil menjadi pemenang untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terfavorit melalui film berjudul Kamu Tidak Sendiri (2022). Film bergenre thriller itu bercerita tentang seorang manusia yang tidak akan pernah bisa hidup sendiri dan mengisahkan tokoh bernama Mira yang diperankan oleh Adinia Wirasti.

Mira digambarkan sebagai wanita karier yang independen dan berwatak keras. Karier dan jabatan mentereng membuat sang wanita jumawa dengan beranggapan bisa melakukan segala hal sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Dia cenderung mengisolasi diri dari dunia karena keadaannya.

Kondisi itu mengalami perubahan ketika dia terjebak dalam situasi sulit. Terjebak di dalam lift bersama seorang pemuda bernama Mika yang diperankan oleh Ganindra Bimo, Mira mengalami pergolakan batin. Perubahan yang terjadi pada sang wanita juga dapat terjadi lantaran kehadiran sosok Adrian yang diperankan oleh Rio Dewanto. 

Berikut ini adalah daftar penghargaan yang pernah diraih oleh Adinia Wirasti di jagat sinema Indonesia: 
  • Pemeran Pendukung Wanita Terbaik (Tentang Dia), Festival Film Indonesia 2005 
  • Aktris Pendukung Terpilih (Arisan! 2), Piala Maya 2012
  • Pemeran Utama Wanita Terbaik (Laura & Marsha), Festival Film Indonesia 2013 
  • Pemeran Utama Wanita Terpuji Film Bioskop (Critical Eleven), Festival Film Bandung 2017 
  • Pemeran Pendukung Wanita Terfavorit (Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta), Indonesia Movie Actors Awards 2019 
  • Pemeran Utama Wanita Terfavorit (Kamu Tidak Sendiri), Indonesian Movie Actors Awards 2022

Baca juga: Intip Penampilan Para Pemain Serial Mendua di Momen Gala Premiere, Adinia Wirasti hingga Tatjana Saphira

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hypereport: Saat Barang Mewah Jadi Tolok Ukur dan Validasi Eksistensi

BERIKUTNYA

Risiko Sedentary Lifestyle Mengintai Pekerja Kantoran, Begini Cara Menghindarinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: