Tumbler koleksi Irwan Tirta Collection untuk Trunk Show: Disney100. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Desyinta Nuraini)

Iwan Tirta Collection Padukan Merak dengan Mickey Mouse Sambut Ulang Tahun ke-100 Disney

07 June 2023   |   17:24 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Iwan Tirta Private Collection merilis produk lifestyle dan home decor dengan desain unik hasil kolaborasi dengan Disney. Jika pada 2018 lalu mereka meluncurkan wastra batik dengan karakter ikonik Mickey Mouse, kini produk yang dikeluarkan berupa tumbler dan cushion. Dua koleksi ini dijual terbatas hanya 100 buah loh.

Motif yang digunakan pada tumbler maupun cushion (bantal) hasil kreasi Iwan Tirta Private Collection sangat menarik. Mereka memadukan burung merak dengan kepala Mickey pada ekor dan beberapa bagian bunga. Motif ini dinamakan Merak Sejoli Disney 100

Baca juga: Perajin Sebut Batik Mengalami Alih Budaya, Kenapa Ya?

Head of Marketing Iwan Tirta Private Collection, Rindu Melati Pradnyasmita menerangkan motif merak sejoli dalam istilah batik membawa pesan ketangguhan dan persisten atau gigih. Sama halnya dengan Disney yang bisa bertahan selama 100 tahun karena ketangguhannya. Sementara itu, mickey merupakan karakter ikonik yang membesarkan nama Disney.
 

Motif Merak Sejoli. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini)

Motif Merak Sejoli. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Desyinta Nuraini)


“Mereka [merak] burung yang cantik. Kami melihat dia sebagai inspirasi. Bagaimana dengan keindahan, keanggunannya, dia menjadi inspirasi untuk sekitarnya,” ujarnya saat konferensi pers Trunk Show: Disney 100 di Plaza Indonesia, Rabu (7/6/2023). 

Dalam proses kreatifnya, Rindu mengatakan bahwa kolaborasi ini dimulai sejak akhir tahun lalu. Untuk proses pembuatan desain baru dimulai awal 2023. Sebagai brand besar, Disney katanya memiliki guide line yang harus diikuti. Begitu pula dengan pihaknya yang memiliki pakem sendiri dalam meluncurkan karya.

Pemilihan tumbler dan cushion yang merupakan barang di luar fashion terbilang tidak sembarang. Rindu menyampaikan Iwan sebagai sebagai nafas dari brand ini dalam bukunya mengatakan bahwa batik harus ditampilkan dalam berbagai medium.

Statement itu kami teruskan ke masa sekarang supaya batik tidak hanya ditampilkan sebagai baju tetapi bagian dari lifestyle,” tuturnya.

Produk tumbler atau botol minum yang masuk dalam kategori koleksi lifestyle Iwan Tirta, faktanya menjadi salah satu item yang laris manis. Thun lalu, brand yang terkenal dengan koleksi batiknya ini juga menjual produk tumbler dengan motif batik.

Rindu menyampaikan, produk ini laris lantaran semakin banyak orang yang lebih peduli dan paham dengan sustainability atau keberlanjutan. Jadi, Iwan Tirta Privat Collection ingin mendukung kampanye ini. “Ini salah satu produk gifting yang works well di line produk kita,” tambahnya. 

Adapun tumbler hasil kolaborasi dengan Disney memiliki tiga warna yakni biru dongker, pink, dan peach. Masing-maisng dijual terbatas hanya ada 100 buah saja.

Sejak awal berkarya Iwan Tirta selalu mengikuti tren baik dari segi busana maupun gaya hidup. Rindu menegaskan kata kunci yang selalu tersematkan dari sang maestro batik ini yakni inovasi dan relevansi. “Beliau jadikan batik menjadi modern. Dari inovasi, varian fabric, dan style,” ucapnya. 
 

Rindu saat hadir dalam acara

Rindu (tengah) saat hadir dalam konferensi pers Trunk Show: Disney 100 di Plaza Indonesia, Rabu (7/6/2023). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Desyinta Nuraini)


Oleh karena itu, nafas tersebut akan selalu dibawa dalam setiap koleksi Iwan Tirta Privat Collection. Rindu mengatakan dalam menghasilkan karya, tim dari brand ini akan terus relevan dengan zaman bukan hanya terpaku pada model batik saja, tetapi komposisi motif dan menjangkau generasi yang lebih luas. 

“Bukan hanya pakai baju, tapi motif batik bisa sampaikan pesan kebaikan seperti Disney yang menyebarkan pesan melalui karyanya,” imbuhnya. 

Sementara itu, Rindu menerangkan bahwa pada Agustus dn Oktober tahun ini, Iwan Tirta Private Collection juga akan mengeluarkan koleksi fesyen batik ready to wear maupun runway. Koleksi ini juga berkolaborasi dengan Disney dengan menyelipkan pula karakter Mickey Mouse.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

57% Anak Muda Senang Beli Makanan di Luar, Ini Menu Favorit Mereka

BERIKUTNYA

Denira Wiraguna & Fadlan Holao Ungkap Tantangan saat Syuting Film Kutukan Sembilan Setan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: