Fitur terbaru dari iOS 17. (Sumber gambar: Apple)

Cek 10 Fitur Baru iOS 17, Bisa Bikin Stiker Hingga Hidupkan Momen Spesial

06 June 2023   |   13:34 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Apple sekali lagi mendorong batas inovasi dengan iOS 17. Seperti biasa, Apple mengejutkan penggemarnya dengan memperkenalkan sejumlah fitur dan penyempurnaan baru. Tidak hanya fokus pada perbaikan bug dan peningkatan kinerja, sistem operasi ini akan menyertakan beberapa fitur anyar layaknya iPhone baru secara gratis. 

iOS 17 diumumkan dan didemonstrasikan di WWDC 2023, Senin (5/6/2023), tetapi Apple tidak akan diluncurkan ke iPhone di seluruh dunia hingga musim gugur.

Mengutip Mac World, iOS 17 kemungkinan akan dirilis pada 11 September 2023, mengikuti acara peluncuran iPhone 15. Seperti diketahui, Apple selama beberapa tahun terakhir merilis versi baru iOS cukup konsisten setiap bulan September. Versi Beta pengembang pertama iOS 16 dirilis pada 6 Juni 2022 diikuti dengan rilis resminya pada 12 September 2022.

Baca juga: Apple Dikabarkan Garap iPhone Ultra, Seperti Apa Spesifikasinya?

Tahun ini Apple berfokus pada aplikasi sistem esensialnya dan menyertakan banyak pembaruan signifikan untuk komunikasi yang lebih ekspresif di iOS 17. Apple mengatakan, dengan iOS 17, mereka telah menjadikan iPhone lebih personal dan intuitif dengan mempertimbangkan secara mendalam fitur-fitur yang diandalkan penggunanya setiap hari.

Simak ulasan lengkap fitur baru iOS 17 di bawah ini yuk!


1. Journal

 

Journal. (Sumber gambar: Apple)

Journal. (Sumber gambar: Apple)


Ini adalah aplikasi baru yang menghadirkan cara baru untuk menghidupkan kembali momen spesial. Menggunakan pembelajaran mesin di perangkat, iPhone kamu membuat saran momen yang dipersonalisasi untuk kamu ingat dan tulis berdasarkan foto, musik, olahraga, dan lainnya. Kamu dapat memilih apa yang akan disertakan.


2. Video Voicemail dan Reaction di FaceTime

Rekam pesan video atau audio saat seseorang melewatkan panggilan FaceTime kamu. Kamu dapat menambahan reaksi yang memenuhi bingkai kamera dengan efek augmented reality 3D yang menyenangkan seperti hati, confetti, kembang api, dan banyak lagi. Kamu dapat membagikan reaksi hanya dengan isyarat tangan. Gunakan juga iPhone kamu sebagai kamera dan mulai panggilan langsung dari app FaceTime di Apple TV, atau sambungkan panggilan dari iPhone ke TV kamu.


3. StandBy

 

iOS StandBy. (Sumber foto: Apple)

StandBy. (Sumber foto: Apple)


Fitur ini sepertinya diadaptasi dari Apple Watch. Saat meletakkan iPhone secara vertikal dan mengisi dayanya, StandBy di iOS 17 memberikan pengalaman layar penuh. Pengguna akan melihat lock screen baru dengan informasi penting yang dapat dilihat dari kejauhan. Tampilan StandBy dapat disesuaikan untuk menampilkan berbagai desain jam yang indah, foto favorit, atau widget yang sesuai pada saat yang tepat.

Selain itu, StandBy menjadikan iPhone lebih bermanfaat berkat dukungannya untuk Live Action, Siri, panggilan masuk, dan peringatan penting. Secara otomatis, Mode Malam akan memastikan gawai tidak mengganggu tidur pengguna dengan cahaya layar yang terlalu terang.


4. Live Voicemail

Live Voicemail akan memberi tahu pengguna mengapa seseorang menelepon mereka, karena iPhone akan menampilkan transkripsi pesan suara secara real time. Kalian dapat mengangkat panggilan saat penelepon masih meninggalkan pesan suara jika perlu. Selain itu, panggilan yang ditandai oleh operator sebagai spam tidak akan ditampilkan sebagai Live Voicemail dan akan segera ditolak.


5. Sederet Pembaruan di App iMessage

Di iOS 17, Pesan atau iMessage telah didesain ulang di mana semua aplikasi diselipkan di bawah tanda plus. Filter pencarian di aplikasi Pesan akan memungkinkan pengguna menemukan teks secara tepat. Selain itu, fungsi catch up arrow akan memudahkan pengguna membaca pesan pertama yang belum dibuka, sehingga membuat diskusi grup yang ekstensif menjadi lebih sederhana.

Untuk membalas pesan tertentu dengan cepat, pengguna dapat menggeser gelembung teks ke kanan dan mulai mengetik balasan. Jika pengguna tidak dapat mendengar voice note, aplikasi Pesan akan menampilkan transkripsinya secara otomatis. Selain itu, berkat fitur lokasi Inline, kini pengguna dapat melihat lokasi teman diperbarui secara real-time dalam obrolan itu sendiri dan tidak perlu membuka aplikasi Peta.


6. Contact Poster

 

iOS 17 Contact Poster. (Sumber gambar: Apple)

iOS 17 Contact Poster. (Sumber gambar: Apple)

Untuk memperkuat daya tarik personalisasi, iOS 17 memungkinkan pengguna membuat kartu kontak iPhone tampak lebih menarik. Saat menerima panggilan di iPhone, termasuk aplikasi panggilan pihak ketiga, Poster Kontak akan muncul dengan foto penelepon dan Memoji yang digabungkan dengan font yang tampak rapi dan cerah.


7. Live Stickers

Dengan iOS 17, pengguna akan mendapatkan stiker emoji baru dan Live Stickers. Pengguna dapat memilih subjek dari foto Live mana pun dan mengubahnya menjadi stiker. Pengguna juga dapat menambahkan efek untuk membuat mereka menjadi hidup. Selain itu, sistem keyboard baru iOS mengatur semua stiker pengguna untuk akses yang lebih mudah di seluruh aplikasi iOS.


8. AirDrop

Apple sedang mengubah cara kerja AirDrop sehingga akan lebih mudah digunakan. Kamu hanya perlu mendekatkan ponsel dan langsung mendapat berbagi informasi seperti nomor telepon maupun alamat email yang ingin dibagikan. 

Kamu juga dapat berbagi dengan Apple Watch. Misalnya, jika ingin berbagi foto, cukup dekatkan ponsel dan bagikan saja. Kendatipun kamu menjauh, konten akan terus dibagikan melalui internet. Ini juga berfungsi dengan SharePlay, jadi kamu cukup menyatukan ponsel untuk berbagi apa yang kamu tonton.


9. Keyboard 

Koreksi otomatis akan menjadi lebih akurat dari sebelumnya. Kata yang dikoreksi otomatis untuk sementara digarisbawahi sehingga kamu tahu apa yang telah diubah dan kamu dapat kembali ke kata aslinya hanya dengan satu ketukan.


10. Siri

Sekarang kamu tidak perlu mengatakan "Hei Siri" setiap saat. Katakan saja "Siri" untuk memintanya mengirimkan pesan atau mengingatkan kamu untuk melakukan tugas harian. Kecepatan bicara Siri pun dapat disesuaikan, dengan opsi mulai dari 0,8x hingga 2x.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

3 Resep Olahan Pasta yang Maknyus & Mudah Dibuat

BERIKUTNYA

Aktris Yuki Kato & Aktor Dennis Perez Beradu Akting dalam Film Love Distance Relationshi*

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: