Ketersediaan tempat ibadah menjadi salah satu destinasi ramah muslim (Sumber gambar: freepik/kjpargeter)

Indonesia Jadi Top Destinasi Global Muslim Travel Index 2023

04 June 2023   |   08:44 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pencapaian ini lebih cepat dari yang ditargetkan. Dia menargetkan Indonesia menjadi yang teratas dalam daftar GMTI baru pada 2025.  "Kita mendapat hasil yang di luar dugaan, Indonesia berhasil ada di posisi pertama Global Muslim Travel Index," katanya dalam rilis yang diterima Hypeabis.id.

Dia menilai bahwa kenaikan ini merupakan suatu pencapaian yang luar biasa mengingat pada 2021, Indonesia berada di peringkat keempat dalam daftar tersebut dan naik menjadi peringkat peringkat kedua dalam laporan GMTI 2022.

Menurutnya, pencapaian ini merupakan hasil kolaborasi pihak-pihak terkait, khususnya Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI), Halal In Travel, Mastercard Crescent, dan lainnya. Selain itu, keberhasilan ini juga tidak dapat dilepaskan dari tim yang berhasil mengeksekusi beberapa program pemerintah. 

"Sehingga kita pada akhirnya ada di posisi pertama, dan ini merupakan sebuah prestasi," ujarnya. Dia berharap, pencapaian ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Selain itu, pariwisata halal juga diharapkan dapat menjadi salah satu penopang jumlah wisatawan yang ditargetkan di dalam negeri secara keseluruhan, yakni 8,5 juta orang. 

Tidak hanya itu, dia juga berharap pencapaian ini dapat mengakselerasi target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024 yang salah satunya bertumpu kepada pariwisata halal. Menurutnya, penciptaan lapangan kerja di sektor pariwisata enam kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan sektor lainnya. 

 
1
2


SEBELUMNYA

Seni Bodor Sunda Ala Miss Tjitjih Pecah dalam Pentas Teater Kuntilanak Mangga Dua

BERIKUTNYA

Fakta Unik Lokananta, Didirikan dan Dihidupkan Kembali oleh Ketua PSSI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: