Ilustrasi motor listrik (Sumber gambar: Freepik)

Spesifikasi Mulai Bersaing, Jarak Tempuh Motor Listrik Kian Jauh

30 May 2023   |   16:05 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Perlahan spesifikasi motor listrik mulai bisa menyaingi motor bensin. Mesti menjadi pendatang baru, sejumlah motor listrik sudah menawarkan berbagai teknologi dan fitur-fitur menyegarkan. Jarak tempuh motor listrik juga kian membaik dan mulai bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan.

Pamor motor listrik memang perlahan menanjak. Adanya insentif Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang diresmikan pada Maret lalu makin memicu ketertarikan masyarakat membeli motor bertenaga ramah lingkungan ini.

Kendati demikian, motor listrik saat ini masih dalam tahap pengembangan awal. Jadi, pada beberapa bagian tentu masih membutuhkan penyesuaian. Namun, pada bagian lain menawarkan persaingan yang tinggi bagi motor konvensional.

Baca juga: Efektif 20 Maret 2023, Ini Daftar Merek Mobil & Motor Listrik yang Dapat Subsidi
 

Sumber: Selis

Sumber: Selis


Menurut Corporate Secretary Gaya Abadi Sempurna (SLIS) Priscilla Jane Halim, teknologi motor listrik saat ini masih terus berkembang. Jadi, berbagai kebutuhan konsumen nantinya akan bisa diakomodasi seiring dengan kemajuan teknologi di motor listrik.

Saat ini beberapa motor listrik keluaran SLIS sudah ada yang menjangkau lebih dari 100 kilometer. Jarak tempuh yang makin tinggi itu memang menjadi salah satu daya tarik bagi pengguna saat ini.

Misalnya, tipe EMAX yang belakangan sangat diminati masyarakat. Jarak tempuh motor ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Untuk jarak pendek, tipe EMAX dengan single lithium dirasa sudah cukup. Jarak tempuhnya kurang lebih mencapai 65 km.

Namun, untuk yang menginginkan jarak tempuh lebih jauh, bisa melirik EMAX dual baterai lithium. Motor listrik ini dibekali baterai SLA 60 Volts dengan kapasitas 25 Ah dan tenaga 1.200 Watt.

Dengan inovasi baru tersebut, motor mampu melaju hingga 120 km hanya dengan satu kali pengecasan secara penuh. Motor ini juga sudah bisa melaju dengan kecepatan maksimalnya 50km/h.
 

Sumber foto: Slis

Sumber foto: Slis


Motor ini juga punya fitur keyless sehingga bisa dioperasikan jika sensor mendekati keberadaan kunci di sekitar motor. Kemudian, ada juga fitur alarm anti maling, immobilizer, hingga GPS tracking. Motor ini juga sudah memiliki rem cakram depan dan belakang menggunakan sistem hidrolis sehingga mendukung keamanan berkendara. Adapun motor ini dapat ditebus dengan harga mulai Rp28.000.000.

Sementara itu, Direktur Komersial Polytron Tekno Wibowo juga menyebut penggunaan motor listrik di Indonesia masih dalam tahap pengenalan teknologi baterai sebagai pengganti motor bensin.

Oleh karena itu, perlu waktu yang lebih panjang untuk lebih mengembangkan teknologinya. “Daya tarik motor listrik sekarang adalah lebih hemat biaya dan ramah lingkungan,” ujar Tekno.

Terkait dengan jarak tempuh, saat ini motor dengan daya tahan baterai lebih dari 100 km mulai berkembang. Polytron sendiri memiliki tipe Fox R yang akan bertarung di segmen tersebut.
 

Sumber: Polytron

Sumber: Polytron


Motor ini memiliki power 3KW dengan kecepatan maksimumnya mencapai 90 Km/h. Fox-R bisa menempuh jarak hingga 130 km dalam satu kali pengisian daya saja. proses pengisiannya juga relatif singkat. dari baterai nol hingga 80% hanya butuh waktu 5 jam.

Baterai yang dikenakan berteknologi lithium iron phosphate (LFP) yang dikenal memiliki tingkat keamanan lebih tinggi dan efisien. Hal ini tentu akan membantu memberikan performa yang lebih maksimal.

Motor dengan desain sporty ini dibanderol Rp20.500.000 On The Road Jabodetabek. Motor ini juga bisa menggunakan skema sewa baterai sehingga jika ada masalah, bisa ditukarkan ke service center terdekat.

Baca juga: Motor Listrik Alva Cervo Meluncur, Yuk Cek Speknya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Fitur Cerdas Teknologi AI di Zoom, Bisa Catat Ringkasan Rapat Secara Otomatis

BERIKUTNYA

Cek Sinopsis Film Star Syndrome Garapan Soleh Solihun yang Tayang di Bioskop Juni 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: