Kertas minyak (Sumber Foto: 100% Pure)

3 Manfaat Lain Kertas Minyak Selain Untuk Menghilangkan Kilap di Wajah

29 May 2023   |   17:10 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, bagi kalian pemilik tipe kulit berminyak, rasanya bepergian tak lengkap tanpa membawa blotting paper atau kertas minyak di dalam tas. Blotting paper atau yang biasa disebut oil control film fungsinya untuk menyerap kelebihan minyak pada wajah. Kulit wajah yang berminyak, bisa membuat riasan jadi mudah luntur.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kalian bisa langsung mengaplikasikan produk ini. Caranya tarik selembar kertas minyak dari kemasannya. Tempelkan dan tekan dengan lembut pada area wajah yang mengilap, dimulai dari area T-zone. Biarkan kertas minyak menempel pada kulit dan menyerap minyak selama beberapa detik, lalu angkat.

Baca juga: 5 Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki Minimal 1 Jam Tiap Hari, Bisa Bikin Awet Muda

Nah, apabila kalian punya banyak stok blotting paper, produk ini juga bisa digunakan untuk membantumu saat merias wajah loh! Yuk, simak manfaat lain dari kertas minyak untuk makeup.


1. Pengganti dry shampoo

Rambut lepek dan berminyak biasanya sering terjadi saat kepala berkeringat setelah aktivitas padat di luar ruangan dan terpapar terik matahari. Belum lagi kalau kamu jarang keramas. Untuk mengatasi hal ini, dry shampoo bisa jadi solusi yang tepat, tapi bagaimana kalau kalian lupa membawanya?

Nah, tak perlu cemas, sebab kalian bisa menggunakan blotting paper untuk menangani masalah rambut lepek dan berminyak. Caranya, ambil beberapa helai kertas minyak, lalu gosokkan pada kulit kepala untuk menyerap minyak berlebih di rambut.

Namun kamu perlu bersabar saat melakukanya, sebab area berminyak pada kulit kepala cenderung banyak. Kamu mungkin harus menggunakan banyak kertas miyak untuk menghilangkannya. Meskipun kurang efektif, tapi kalau sedang terdesak, tidak ada salahnya menggunakan cara ini.


2. Pengganti setting spray

Aktivitas padat pada siang hari juga dapat membuat makeup menjadi cepat luntur. Biasanya setting spray menjadi produk yang sering diandalkan. Namun, bagi kamu yang tak punya setting spray, bisa menyiasatinya dengan menggunakan kertas minyak.

Setelah selesai mengaplikasikan makeup, tepuk-tepuk wajah dengan kertas minyak. Cara ini akan menyerap kelebihan minyak dari produk makeup, sekaligus membuat foundation menempel lebih lama di wajah. Setelah itu, sapukan loose powder untuk membuat riasan terlihat lebih sempurna dan tahan lama.


3. Membuat lipstik tahan lama

Walau diklaim transferproof, biasanya beberapa produk lipstik cenderung mudah hilang saat digunakan untuk makan dan minum. Nah, untuk menyiasati supaya lipstik lebih tahan lama, coba gunakan kertas minyak. Caranya, oleskan lipstik tipis-tipis, kemudian tekan lembut bibir menggunakan kertas minyak, lalu aplikasikan kembali lipstik.

Baca juga: 5 Manfaat Makan Tomat Supaya Kulit Glowing dan Tampak Lebih Sehat

Selain itu, biasanya setelah mengonsumsi makanan yang berlemak, minyaknya akan menempel di bibir dan sulit dibersihkan. Kamu bisa menggunakan kertas minyak untuk mengatasinya. Caranya katupkan bibir beberapa kali pada kertas minyak yang diletakkan di bagian tengah bibir, lalu minyak yang menempel pun akan hilang.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ulasan Film Guardians of The Galaxy Vol 3, Misi Terakhir Para Penjaga Galaksi

BERIKUTNYA

Salihara Siap Gelar Helatari 2023, Cek 5 Jadwal & Sinopsis Pertunjukannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: