Nat keramik (Sumber gambar: Unsplash/mitchell-luo)

Fungsi Nat Keramik di Lantai Rumah, Apa Saja?

24 May 2023   |   19:04 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Like
Kalian mungkin pernah melihat bagian ini di lantai keramik. Namun, tidak tahu dengan istilahnya. Padahal, jika tukang tidak teliti dalam mengatur bagian ini, maka pemasangan keramik akan kurang sempurna. Begitu pun sebaliknya. Salah satu elemen penting dalam pemasangan keramik ini adalah nat.

Menurut Tile Council of North America, nat adalah campuran semen atau mortar instan yang digunakan untuk mengisi celah di antara keramik. Dikutip dari livden.com, terdapat dua kelompok utama nat keramik, yaitu nat semen dan nat kimia. Di antara keduanya, nat semen lah yang paling populer digunakan di rumah-rumah. 

Baca juga: 5 Jenis Ubin untuk Lantai, Mana Pilihan Kalian?

Sementara itu, Keberadaan nat bukan tanpa alasan. Nat keramik digunakan untuk mengisi celah-celah tersebut dan mencegah ubin-ubin bergerak seiring waktu atau retak di sepanjang tepinya. Selain itu, nat juga berguna untuk mempercantik tampilan keramik. Bahkan, nat ini bisa membuat keramik tahan lama. 

Lantas seperti apa pentingnya nat keramik ini? Berikut ulasannya: 


1. Meredam Pembesaran atau Susut Keramik

Mengutip mapei.com, nat berfungsi untuk meredam tekanan akibat perubahan suhu dan pembesaran susut ubin keramik. Jika ubin terpasang terlalu rapat, tekanan tersebut dapat menyebabkan ubin-ubin saling mendesak. Bahkan, hal itu bisa menyebabkan ubin melonggar. Dalam hal ini, nat dapat membantu meredam tekanan tersebut dan mencegah kerusakan pada lantai.


2. Menghambat Air Masuk

Nat keramik juga berperan penting dalam mencegah air masuk ke dalam celah-celah pada lantai. Campuran mortar pada nat membentuk penghalang yang efektif untuk mencegah rembesan air dan melindungi keramik dari kerusakan yang disebabkan oleh kelembaban. Fungsi ini sangatlah penting, terutama di area dengan tingkat kelembapan tinggi seperti kamar mandi atau area basah lainnya. 


3. Estetika yang Menarik

Selain fungsional, nat keramik juga memberikan sentuhan estetika pada lantai. Dengan berbagai pilihan warna dan tekstur nat, kalian dapat menciptakan tampilan yang sesuai dengan selera dan suasana ruangan. Nat yang disesuaikan dengan warna dan corak keramik dapat memberikan kesan harmonis dan menyatu dengan lantai. Di sinilah kepiawiaian tukang dipertaruhkan, bagaimana mereka mempercantik keramik dengan nat. 


4. Memperkuat Lantai

Penggunaan nat pada celah lantai juga membantu memperkuat lantai secara keseluruhan. Dengan menggunakan nat yang tepat, lantai menjadi lebih tahan terhadap perubahan suhu, kelembaban, dan keretakan. Namun, penting untuk memastikan bahwa nat terpasang dengan benar agar memberikan kekuatan tambahan pada ubin-ubin lantai.


5. Menjaga Keseragaman Pasangan Ubin Lantai

Nat keramik membantu menciptakan keseragaman dalam pasangan ubin lantai. Jika ada perbedaan ukuran ubin yang terlihat secara jelas setelah pemasangan, kalian dapat menggunakan nat untuk mengisi celah di antara ubin-ubin tersebut. Hal ini membantu menciptakan tampilan yang seragam dan estetis pada lantai.

Baca juga: Enggak Boleh Sembarangan, Ini Tips Memilih Keramik Garasi Mobil

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Mengenal Pagerwesi, Hari Raya Umat Hindu yang Jadi Simbol Keteguhan Iman

BERIKUTNYA

Masuk Ancol Gratis Mulai 21 Mei - 22 Juni 2023, Cek Syarat & Ketentuannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: