Andy Rourke meninggal dunia pada usia 59 tahun setelah lama menderita penyakit kanker pankreas (sumber gambar Twitter/Rough Trade Records)

Andy Rourke, Pemain Bass The Smiths Meninggal Dunia pada Usia 59 Tahun

19 May 2023   |   22:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kabar duka menyelimuti skena musik Britania. Pemain bass dan salah pentolan band rock legendaris The Smiths, Andy Rourke diberitakan meninggal dunia pada usia 59 tahun. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Johnny Marr, gitaris The Smiths dalam sebuah cuitan di media sosial. 

"Dengan kesedihan yang mendalam kami mengumumkan meninggalnya Andy Rourke setelah lama menderita penyakit kanker pankreas," cuit Johnny Marr di akun Twitternya pada Jumat, (19/5/23) waktu Inggris.

Baca juga: Vokalis Kahitna Carlo Saba Meninggal Dunia, Musisi Tanah Air Berduka

Marr juga mendeskripsikan mendiang Andi Rourke sebagai salah satu manusia berbakat yang pernah ditemui. Rourke akan dikenang sebagai jiwa yang baik dan cantik oleh mereka yang mengenalnya baik sebagai musisi dan anggota band.

"Kami meminta privasi pada saat yang menyedihkan ini," imbuh gitaris yang pernah ditunjuk sebagai Profesor Tamu di bidang Musik di Universitas Salford, Inggris itu.
 
 


Rekan seband Rourke, drummer Mike Joyce juga mencuit, sebagai orang yang sangat berbakat. Dia mengungkap bahwa Rourke telah meninggalkan dunia tetapi warisan musiknya akan terus abadi. Dia pun mengungkap bassis itu akan selalu dirindukan oleh teman-teman dan penggemarnya.

"Dia bukan hanya pemain bass paling berbakat yang pernah bermain bersama saya, tetapi juga anak paling manis dan lucu yang pernah saya temui," cuit Mike Joyce,

Lahir pada 17 Januari 1964 dari ibu Inggris dan ayah Irlandia, Rourke dikenal sebagai basis legendaris The Smiths. Dia tertarik pada musik sejak usia dini dan mulai belajar gitar pada usia tujuh tahun hingga kelak memilih karier sebagai musisi profesional.

"Saya selalu mendapatkan alat musik baik untuk Natal atau pada hari ulang tahun saya, jadi saya menggunakan terompet plastik, saksofon, keyboard - saya mencoba semuanya," kata Rourke dalam sebuah wawancara pada 2016 dikutip dari Wayoutradio.

Setelah remaja, Rourke lalu menjalin persahabatan dengan Marr dan membentuk band bernama Freak Party meski tidak merilis musik apapun.  Barulah pada 1982, saat Marr membentuk The Smiths dengan Morrissey dan Joyce, akhirnya mendapuk Rourke untuk mengisi posisi tersebut.

Dikenal sebagai basis handal, selama bersama The Smiths Rourke juga banyak memberikan sentuhan dan warna baru saat bermain di lagu-lagu paling terkenal band tersebut. Beberapa di antaranya termasuk This Charming Man dan There Is a Light That Never Goes Out. 

Tak hanya itu, sang bassis juga  tampil di keempat album studio The Smiths, seperti  The Smiths (1984), Meat Is Murder (1985), The Queen Is Dead (1986), dan Strangeways (1987). tak hanya itu, Rourke juga sempat tampil di single solo penyanyi Morrissey setelah The Smiths bubar pada 1987.

Sebagai tambahan informasi, The Smiths merupakan sebuah grup musik rock dari Inggris yang aktif dari tahun 1982 hingga 1987. Grup ini sendiri beranggotakan 4 orang yakni Morrissey (vokalis), Johnny Marr (gitaris), Andy Rourke (basis), dan Mike Joyce (drummer).

Baca juga: Industri Hiburan Korsel Berduka: Penyanyi Haesoo Ditemukan Meninggal Dunia

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Infinix X Onix Esports Umumkan Kolaborasi Anti Kalah bagi Gamers Indonesia

BERIKUTNYA

Profil Jaja Miharja, Seniman Serba Bisa Pencipta "Cinta Sabun Mandi"

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: