Gunung Bromo (Sumber foto: Hypeabis.id/Abdullah Azam)

Rekomendasi 6 Situs Foto Berkualitas yang Bisa Kalian Coba, Salah Satunya dari Indonesia

19 May 2023   |   17:00 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Foto memiliki peranan penting di era media sosial saat ini. Baik untuk keperluan promosi atau branding. Konten medsos yang disajikan dengan foto akan terasa lebih menarik, jika dibandingkan dengan konten teks. Untuk itu, penting bagi kreator untuk selalu menyematkan foto pada konten-konten mereka. 

Meski begitu, bukan sembarang foto bisa kita jadikan konten. Kita perlu foto-foto berkualitas agar konten yang disajikan menggoda para audien. Berkualitas di sini, tajam secara visual dan memiliki komposisi menarik. Selain itu, foto-foto dengan nilai sejarah atau berita juga bisa diperhitngkan.

Baca juga: Menikmati Indahnya Bukittinggi dari Lensa Kamera

Beruntung saat ini, kendati kita tidak mahir fotografi, telah tersedia berbagai sumber untuk mencari foto-foto yang relevan dengan konten kita. Beberapa sumber foto tersebut berbayar, sedangkan lainnya bisa dinikmati secara gratis. 

Namun, menemukan sumber foto yang tepat dengan harga yang terjangkau bisa menjadi tugas yang menantang. Berikut ini adalah beberapa situs yang dapat direkomendasikan untuk membeli foto berkualitas:
 

1. Unsplash

 

(Sumber foto: Tangkapan layar)

(Sumber foto: Tangkapan layar)

Situs ini termasuk salah satu sumber stok foto (foto terlisensi untuk penggunaan khusus) yang banyak digunakan kreator di seluruh dunia. Dikutip dari laman resmi mereka, Unsplash memiliki lebih dari 3 juta foto beresolusi tinggi. Foto-foto tersebut berasal dari 293.995 juru foto dari berbagai negara.  

Terdapat berbagai kategori foto yang tersedia di Unsplash, kalian tinggal mencari berdasarkan keyword tertentu. Diutamakan, keyword berbahasa Inggris. Misalnya, money, architecture, people, dan lainnya. Sayangnya, untuk foto-foto terkait dengan Indonesia masih terbatas. 

Kendati foto-foto mereka dapat digunakan secara bebas, tetap penting bagi kita untuk membaca dan memahami lisensi penggunaan yang terkait dengan setiap foto. Beberapa foto mungkin memiliki batasan penggunaan tertentu atau memerlukan atribusi kepada fotografer. Jadi, pengguna perlu memeriksa lisensi dan ketentuan penggunaan yang berlaku sebelum menggunakan foto.
 

2. Pexels

 

(Sumber foto: Tangkapan layar)

(Sumber foto: Tangkapan layar)

Didirikan oleh Bruno Joseph, Ingo Joseph, dan Daniel Frese, pada 2014, Pexels cukup populer sebagai sumber stok foto gratisan. Pexels mengklaim mereka memiliki ribuan stok foto gratis dengan resolusi tinggi. Foto-foto itu berasal dari komunitas fotografer di seluruh dunia. 

Sama halnya dengan Pexels, kita bisa mencari foto-foto berkualitas untuk keperluan konten di sini. Caranya pun mudah, kita tinggal memasukkan keyword maka akan muncul berbagai foto terkait. Hanya, tidak semua foto ada dalam situs tersebut. Terutama foto-foto yang berasal dari Indonesia. 

Seperti Unsplash, kita juga mesti cermat membaca dan memahami syarat penggunaan yang terkait dengan foto. Beberapa foto bisa jadi mempunyai pembatasan penggunaan tertentu atau memerlukan penulisan atribusi kepada fotografer. Jadi,, sebelum menggunakan foto, penting bagi pengguna untuk memeriksa dan memahami lisensi serta persyaratan penggunaan yang berlaku.


3. EyEm

 

(Sumber foto: Tangkapan layar)

(Sumber foto: Tangkapan layar)

Berbeda dengan Unsplash dan Pexels, EyEm adalah sebuah platform yang menyediakan foto-foto berkualitas tinggi berbayar. EyEm merupakan komunitas dan pasar fotografi global yang menghubungkan para kreator untuk menyediakan konten orisinal, unik, dan sesuai dengan merek mereka.

Di EyEm, pengguna dapat mencari foto-foto dengan berbagai kategori seperti travel, arsitektur, teknologi, dan bisnis. Harga foto yang ditawarkan bervariasi, tergantung pada lisensi dan penggunaan yang diinginkan. Informasi terkait harga dan lisensi yang berlaku dapat ditemukan di situs EyEm. Jika pengguna menemukan gambar yang ingin digunakan, mereka dapat membeli hak penggunaan dengan mudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
 

4. Shutterstock

 

(Sumber foto: Tangkapan layar)

(Sumber foto: Tangkapan layar)

Buat sebagian editor atau fotografer, Shutterstock bukanlah situs yang asing bagi mereka. Shutterstock dikenal sebagai sumber stok foto berlimpah dan relatif lengkap. Kendati berbayar, Shutterstock dinimati karena kualitas dan kelengkapan konten yang mereka miliki. Bahkan, foto-foto yang dibuat konten kreator dari Indonesia sudah banyak tersedia di situs ini. 

Setiap hari, Shutterstock menambahkan sepuluh ribu gambar beresolusi tinggi baru, sehingga kita akan dimanjakan dengan banyak pilihan jika menggunakan platform ini. Nah, foto-foto di Shutterstock terbilang mahal jika dibeli secara individu. Namun, kita akan mendapatkan harga murah jika membeli secara bundel. Tidak hanya foto, tetapi juga konten lain seperti video dan musik.


5. iStockPhoto

 

(Sumber foto: Tangkapan layar)

(Sumber foto: Tangkapan layar)

Satu lagi situs foto stok premium yang populer adalah iStockPhoto. Didirikan pada 1999, situs ini masih diminati oleh para desainer atau editor dalam membuat konten mereka. iStockPhoto memiliki fungsi pencarian yang intuitif, memungkinkan pengguna untuk menemukan gambar dengan cepat dan mudah. 

Bahkan jika kita tidak terlalu ahli dalam persoalan  teknis, kita masih dapat mengakses beragam gambar, grafik, video, dan audio yang tersedia di iStockPhoto. Meskipun iStockPhoto memiliki harga termahal dibandingkan dengan kompetitor lainnya, mereka menjamin konten-konten mereka berkualitas tinggi. 


6. Kilas Foto (Hypeabis.id)

 

(Sumber foto: Tangkapan layar)

(Sumber foto: Tangkapan layar)

Satu sumber foto berkualitas yang bisa kalian coba adalah Kilas Foto. Menjadi bagian dari platform Hypeabis.id milik Bisnis Indonesia Group, Kilas Foto memiliki ratusan foto berkualitas yang bisa kalian gunakan untuk memperkaya konten. Sebagian besar, foto-foto yang disajikan bergenre foto jurnalistik, yang dihasilkan oleh para pewarta foto Bisnis Indonesia. 

Kelebihan dari foto-foto ini adalah terdapat cerita di baliknya. Tentu didukung dengan kualitas gambar beresolusi tinggi dan visual yang menarik. Selain itu, beberapa foto di sini juga memiliki nilai historis karena merekam berbagai peristiwa penting pada masa lalu. 

Namun, di Kilas Foto juga tersedia berbagai foto dengan ragam kategori seperti wisata, musik, film, dan lainnya. Oleh sebab itu, bagi kalian yang hendak membuat konten-konten spesifik, maka Kilas Foto bisa dijadikan pertimbangan. 

Untuk mengakses Kilas Foto, kalian bisa mengunjungi situs Hypeabis.id terlebih dahulu. Kemudian arahkan kursor ke kanal Hype Foto. Nanti akan muncul kanal Kilas Foto. Setelah diklik, kita akan masuk laman Kilas Foto. Untuk mencari foto yang diinginkan, kita tinggal menuliskan keyword atau mencari foto berdasarkan tahun terbit foto.

Baca juga: Sejuta Karya Fotografi Hadir di Hypevirtual & Kilas Foto Hypeabis.id

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cara Mudah Padu-padan Gaya Berhijab Sesuai dengan Bentuk Wajah

BERIKUTNYA

Tayang di Disney+ Hotstar, Cek 5 Fakta Menarik Film Ant-Man and The Wasp: Quantumania

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: