Pemain Timnas Indonesia U-22 (Sumber gambar: PSSI)

Prediksi 11 Pemain Inti Timnas Indonesia vs Thailand, Siapa Pengganti Pratama Arhan?

16 May 2023   |   13:37 WIB
Image
Chelsea Venda Hypeabis.id

Like
Timnas Indonesia U-22 dipastikan tidak bisa menurunkan Pratama Arhan saat menghadapi Thailand U-22 pada final cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023. Pratama Arhan harus rela tidak bisa bertanding pada laga puncak setelah mendapatkan kartu merah saat pertandingan semifinal melawan Vietnam.

Tanpa Pratama Arhan, pelatih Timnas Indra Sjafri mesti memutar otak untuk mencari pengganti yang sepadan. Sebab, Pratama bukan hanya piawai menjaga jantung pertahanan dengan posisinya sebagai bek kiri Garuda Muda. Namun, tenaganya sangat dibutuhkan tim ini, terutama saat mengeksekusi bola lemparan ke dalam yang setara seperti tendangan sudut tersebut.

Baca juga: Final Sepak Bola Sea Games 2023 Jadi Ajang Pembuktian Indonesia Putus Puasa Medali Emas

Pratama adalah sosok yang berjasa mengantarkan kemenangan Timnas Indonesia menuju ke babak final. Vietnam sendiri sudah merasakan bagaimana cerdiknya Pratama Arhan mengolah bola lemparan ke dalam menjadi umpan yang sangat cantik.

Ada dua lemparan jitunya yang berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh pemain Indonesia menjadi sebuah gol pada laga tersebut. Misalnya saja tandukan dari Komang Teguh di kotak pinalti yang berawal dari lemparan ke dalam jauh dari Pratama. Kedua, adalah gol dari Muhammad Ferarri saat lemparan jauh Pratama menjadi kemelut di pertahanan Vietnam.

Pengamat sepak bola Ronny Pangemanan mengatakan Timnas Indonesia memang dirugikan dengan tidak tampilnya Pratama di laga final. Namun, ini adalah konsekuensi yang harus dihadapi setelah Pratama mendapatkan kartu merah pada laga semifinal.

Namun, pria yang akrab disapa Bung Ropan itu menyebut Timnas Indonesia masih memiliki beberapa stok pemain yang bisa menggantikan Pratama. Alfeandra Dewangga, misalnya, bisa menjadi opsi untuk menjadi algojo saat Indonesia mendapatkan lemparan ke dalam.

Dewangga punya kemampuan yang mirip seperti Pratama, yakni bisa mengeksekusi lemparan ke dalam jarak jauh. Kemampuannya itu beberapa kali ditunjukkan saat dirinya bermain di Liga 1 Indonesia 2022/2023.

Namun, soal posisi, Dewangga saat ini tampak lebih sering bermain sebagai gelandang. Walaupun sebenarnya, pemain PSIS Semarang itu juga bisa tampil sebagai bek.

Menurut bung Ropan, Dewangga kemungkinan besar akan tetap berada di gelandang. Namun, ia mendapatkan tugas tambahan sebagai pelempar jitu. Adapun posisi bek kiri yang ditinggalkan Pratama akan diberikan kepada Rio Fahmi.

Meski posisi Rio Fahmi adalah bek kanan, tetapi ia bisa digeser ke posisi bek kiri tanpa ada kendala. Terlebih, kontribusi Rio Fahmi cukup besar saat berlaga di semifinal. Dia adalah orang pertama yang menahan serangan Vietnam, sebelum akhirnya bola jatuh ke Taufani dan menjadi serangan balik berujung gol ketiga Indonesia.

“Pemain muda terbaik di Liga 1 ini memiliki kemampuan di bek sayap. Dia bisa menjadi 11  pemain inti yang akan main sejak menit pertama,” ujarnya dikutip dari YouTube Bung Ropan pada Selasa (16/5).
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by PSSI (@pssi)


Sementara itu, bek kanan masih akan diisi oleh Bagas Kaffa dan bek tengah akan diisi oleh Rizky Ridho serta Komang Teguh. Adapun Ferarri bisa menjadi supersub untuk dimainkan pada babak kedua jika Indonesia ingin memainkan tenaga segar untuk menjaga pertahanan.

Pada posisi tengah, Marselino Ferdinan dan Alfeandra Dewangga diprediksi akan tampil sejak menit pertama. Namun, posisi Ananda Raehan masih menjadi tanda tanya. Sebab, pada laga sebelumnya ia mengalami sedikit cedera dan harus digantikan pada babak kedua babak semifinal.

Namun, jika Raehan belum terlalu bugar, maka pilihannya kemungkinan besar akan jatuh pada Taufany Muslihuddin, yang mana tampil sebagai pahlawan dengan mencetak gol ketiga Indonesia kemarin.

Untuk posisi striker, Ramadhan Sananta masih akan menjadi andalan. Kemudian, ada Fajar Fathur Rahman
juga yang tak tergantikan dan mencetak gol terbanyak di Indonesia saat ini. Tak ketinggalan, Witan Sulaiman juga akan dimainkan untuk mendobrak gaya serang.

“Mental pemain Timnas Indonesia sudah teruji, kesabaran bagus, membangun serangan oke, dan umpan sudah baik. Materi ini menjadi yang terbaik, tentunya perlu dipikirkan supersub untuk melawan Thailand,” ucap Bung Ropan.

Berikut prediksi susunan pemain Timnas Indonesia U-22 vs Thailand U-22 laga Final Sea Games 2023

Formasi: 4-3-3
Prediksi Susunan Pemain: Ernando Ari Sutaryadi (GK), Rio Fahmi, Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Komang Teguh, Marselino Ferdinan, Alfeandra Dewangga, Ananda Raehan, Ramadhan Sananta, Fajar Fathur Rahman, Witan Sulaiman.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Sukses di Bioskop, Avatar 2: The Way of Water Tayang di Disney+ dan Max Juni 2023

BERIKUTNYA

Game Mobile dengan Unsur Lokal Makin Diminati Masyarakat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: