Huawei MatePad 11 2023 (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Menjajal Sensasi Office Rasa Laptop di Tablet Huawei MatePad 11

12 May 2023   |   20:06 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Penggunaan tablet selama ini lebih banyak digunakan untuk kebutuhan entertainment. Dengan berbagai keterbatasannya, tablet dinilai belum bisa menggantikan peran laptop untuk kebutuhan yang lebih kompleks, atau sekadar komputasi ringan sekali pun seperti Office.

Meski bisa-bisa saja menggunakan Office di tablet, rasa dan sensasi pengalaman yang diberikan berbeda. Terkadang, pengguna juga sering direpotkan karena file yang sudah disimpan di laptop menjadi berbeda ketika dibuka di tablet. Pengguna pun harus kembali mengedit tata letak dan sebagainya.

Isu ini tampaknya menjadi fokus utama Huawei. Melalui tablet Huawei MatePad 11 2023, mereka ingin menjawab keterbatasan tersebut. Tablet ini dengan percaya diri menyebut bakal memberikan sensasi rasa laptop di perangkat mereka.

Baca juga: Lebih Canggih dari Seri Sebelumnya, Intip Fitur Andalan Huawei MatePad 11

Huawei MatePad 11 2023 secara resmi dirilis hari ini, Jumat (12/5), dengan harga Rp6.999 juta. Tablet baru mereka ini hadir dengan berbagai fitur canggih. Layarnya sudah beresolusi 2,5K dengan refresh rate 120Hz. Warnanya terbilang tajam karena ada teknologi color gamut DCI-P3.
 

a

Huawei MatePad 11 2023 (Sumber gambar: Huawei Indonesia)


Layar Huawei MatePad 11 2023  juga telah dilengkapi sertifikasi Flicker Free dan Low Blue Light dari TUV Rheinland yang memastikan mata pengguna tetap nyaman saat menggunakan tablet.

Dapur pacunya sudah memakai chipset Snapdragon 865 dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Adapun sistem operasinya  menggunakan HarmonyOS 3.1 yang membuat kinerjanya lebih maksimal.

Huawei MatePad 11 2023 telah dilengkapi dengan Huawei M-Pencil 2nd generations serta Smart Detachable Keyboard yang memiliki bobot lebih ringan dan fleksibel. Selain itu, tersedia pula Huawei Notes, aplikasi catatan profesional untuk membantu membuat catatan dengan HUAWEI M-Pencil.

Tablet ini memiliki kamera depan dengan resolusi 8MP yang terletak di posisi tengah. Resolusi ini sudah cocok untuk kebutuhan kamera sederhana, seperti video meeting. Agar tak terganggu dengan kebisingan sekitar saat meeting, tablet pintar ini mengusung teknologi Histen 8.0 yang menangkap suara secara akurat dengan bantuan teknologi AI Noise Cancellation yang akan menyaring suara sekitar untuk komunikasi yang lebih baik.

“Huawei Device selalu mengutamakan inovasi sebagai salah satu faktor terpenting pada DNA produk kami. Kami terus berusaha untuk memberikan pengalaman penggunaan layaknya PC yang sesungguhnya dalam sebuah perangkat tablet dengan mengintegrasikan setiap aspek termasuk hardware, software, dan aksesoris," ucap Patrick Ru, Country Head of Huawei Device Indonesia, pada Jumat (12/5/2023).
 

Reviu Sensasi Office Rasa Laptop di Tablet

 

aa

Huawei MatePad 11 2023 (Sumber gambar: Huawei Indonesia)


Salah satu yang cukup mencolok dari tablet ini adalah tawaran Office lengkap selayaknya laptop. Kehadiran Office lengkap tentu sangat penting bagi pekerja kantoran dan mahasiswa atau pelajar. Namun, seberapa menyenangkan pengalaman Office rasa laptop di Huawei MatePad 11 2023?

Tablet ini memiliki fitur PC-Level WPS Office. WPS yang ada di tablet ini memang berbeda dibanding yang ada di tablet ataupun gadget. Sebab, fitur WPS yang ada di sini sudah lengkap mirip seperti di laptop. Pengalaman yang dihadirkan pun sama.

Dari segi tampilan, cara penggunaan, hingga fungsi shortcut pada PC-level WPS Office telah dibuat serupa dengan software Office pada laptop dan PC pada umumnya. Hal ini akan membuat pengguna tidak perlu kesulitan mempelajari aplikasi tersebut lagi.

Ada juga fitur Multi-Windows yang memungkinkan pengguna membuka empat Windows sekaligus serta beragam aplikasi lainnya yang hadir untuk menunjang keperluan multitasking pengguna.

“PC-level WPS Office bisa dengan mudah membantu para pengguna mengeksplorasi atau dokumen WPS Office secara real. Bisa langsung melakukan pengeditan dan berbagai fitur lain layaknya sebuah laptop,” ucap Training Director of Huawei Device Indonesia Edy Supartono.
 

Huawei MatePad 11 2023 (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Huawei MatePad 11 2023 (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)


Dari hal sederhana saja misalnya, penggunaan mouse dan pointer yang tadinya tidak bisa dilakukan di tablet, kini sudah dapat dikerjakan di Huawei MatePad 11 2023. Penggunaan Office dengan mouse pointer adalah hal yang simpel, tetapi sangat krusial bagi pengguna.

Tak hanya itu, WPS di tablet ini juga sudah memungkinkan untuk custom margin di Word, pivot table dan chart di Excel, hingga menambahkan efek animasi yang kompleks di PowerPoint, yang mana sebelumnya tidak bisa dilakukan di tablet biasa.

Bahkan, pengguna juga dapat membuka beberapa dokumen dengan format yang sama secara berbarengan. Padahal, hal ini sebelumnya tidak dapat dilakukan pada Office versi mobile yang ditemukan di tablet-tablet lain.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Bunuh Diri Kurt Cobain, Tumbangnya MTV News & Masa Depan Paramount 

BERIKUTNYA

Simak Cara agar Keindahan Mata Lebih Menonjol

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: