Program musik MTV (Sumber gambar: NPR)

Deretan Selebritas yang Pernah Jadi VJ MTV Indonesia 

12 May 2023   |   12:39 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Generasi 90-an pasti sudah tidak asing lagi dengan acara musik di stasiun swasta yakni MTV Indonesia. Tayangan tersebut jadi tontonan gaul generasi muda pada masanya. Menjadi salah satu sumber utama referensi musik yang sedang tren dan dibawakan oleh para video jockey (VJ) kondang. 

Saking populernya program musik tersebut, VJ MTV Indonesia juga sering menjadi trendsetter. Apalagi, umumnya para pembawa acara tersebut merupakan anak muda, yang punya paras rupawan dan menarik. Selain itu, mereka juga punya wawasan luas terkait industri musik Tanah Air dan internasional. 

Buktinya, meski program tersebut sudah tidak lagi siaran di wilayah lokal Indonesia, - dan terbaru, MTV News internasional dinyatakan berhenti setelah 36 tahun beroperasi - VJ jebolan MTV Indonesia saat ini masih banyak yang berkarier di industri hiburan. Banyak di antaranya yang juga menjadi figur publik atau selebritas. Siapa saja mereka? Yuk simak informasinya dalam ulasan berikut. 

Baca juga: Bunuh Diri Kurt Cobain, Tumbangnya MTV News & Masa Depan Paramount 
 

1. Alex Abbad 

Alex Abbad (Sumber gambar: Instagram/Alex Abbad)

Alex Abbad (Sumber gambar: Instagram/Alex Abbad)


Nama Alex Abbad atau Alex Abdullah Abbad saat ini barangkali lebih dikenal sebagai aktor, model, dan seniman. Pria berdarah Arab ini memang belakangan banyak tampil di layar lebar hingga panggung catwalk. Akan tetapi, Alex memulai kariernya sebagai video jockey MTV Asia pada 1990-an dan populer sejak saat itu. 
 

2. Boy William 

Boy William (Sumber gambar: Instagram/Boy William)

Boy William (Sumber gambar: Instagram/Boy William)


Boy William mengawali perjalanan kariernya di industri hiburan sebagai seorang model, dan sempat memenangkan kompetisi bertajuk Starteen. Setelahnya, dia memulai bidang baru yang membawa namanya makin melejit, ini tidak lain adalah VJ. Dan Boy merupakan salah satu jebolan VJ MTV Indonesia. Kini dia dikenal sebagai seorang presenter hingga YouTuber. 
 

3. Cathy Sharon 

Cathy Sharon (Sumber gambar: Instagram/ Cathy Sharon)

Cathy Sharon )Sumber gambar: Instagram/ Cathy Sharon)


Sophia Catharina Sharon Gasnier alias Cathy Sharon adalah seorang model dan pemeran Indonesia keturunan Prancis. Selain itu, dia pernah menjadi VJ MTV Indonesia. Ketika itu, wanita yang akrab disapa VJ Cathy itu punya ciri khas tersendiri, karena rajin bereksperimen dengan warna rambutnya. 
 

4. Daniel Mananta 

Daniel Mananta. (Sumber gambar: Instagram/ Daniel Mananta)

Daniel Mananta. (Sumber gambar: Instagram/ Daniel Mananta)


Daniel Mananta mengawali karier di dunia hiburan sebagai seorang video jockey dan hingga kini masih dikenal dengan nama VJ Daniel. Pria kelahiran 14 Agustus 1981 ini merupakan pemenang ajang MTV VJ Hunt angkatan 2003, yang diselenggarakan oleh MTV Indonesia. Setelahnya, dia menjadi VJ di program musik populer tersebut. 
 

5. Desta 

Desta. (Sumber gambar: Instagram/ Desta)

Desta. (Sumber gambar: Instagram/ Desta)


Pria bernama lengkap Deddy Mahendra Desta, atau yang lebih dikenal sebagai Desta adalah entertainer industri hiburan yang masih eksis, bahkan namanya kian melambung saat ini. Jauh sebelum menjadi pembawa acara salah satu talk show paling populer saat ini, Desta bersama dengan Vincent pernah menjadi VJ di acara MTV Bujang. 
 

6. Jamie Aditya 

Jamie Aditya. (Sumber gambar: Instagram/ Jamie Aditya)

Jamie Aditya. (Sumber gambar: Instagram/ Jamie Aditya)


Bagi kalian yang tumbuh era 1990-an dan menyukai musik, pasti tahu sosok ini. Pria bernama lengkap James Adityawarman Graham ini adalah sosok kondang di MTV Asia dan MTV Indonesia pada era tersebut. Dia bahkan pernah terpilih sebagai Presenter Hiburan Terbaik dalam ajang Asian TV Awards 2000. 
 

7. Marissa Nasution 

Marissa Nasution dan keluarga. (Sumber gambar: Instagram/ Marissa Nasution)

Marissa Nasution dan keluarga. (Sumber gambar: Instagram/ Marissa Nasution)


Model, pemeran, dan presenter Marissa Nasution juga merupakan salah satu selebritas jebolan MTV Indonesia. Dia mulai dikenal publik setelah mengikuti ajang MTV VJ Hunt 2007, meskipun tidak berhasil menjadi pemenang. Awalnya dia membawakan beberapa acara MTV sebagai Guest VJ, kemudian resmi menjadi VJ MTV Indonesia. 
 

8. Nirina Zubir 

Nirina Zubir dan suami. (Sumber gambar: Instagram/ Nirina Zubir)

Nirina Zubir dan suami. (Sumber gambar: Instagram/ Nirina Zubir)


Nirina Raudhatul Jannah Zubir alias Nirina Zubir merupakan pembawa acara dan pemeran. Namanya mulai naik sejak menjadi penyiar Radio Prambors, lalu beralih menjadi VJ MTV Indonesia selama beberapa tahun. Nirina juga punya pesona sendiri karena dikenal dengan gaya bicaranya yang ceplas-ceplos. 
 

9. Robby Purba 

 

Robby Purba (Sumber gambar: Unsplash/ Robby Purba)

Robby Purba (Sumber gambar: Unsplash/ Robby Purba)


Robby Purba adalah pembawa acara atau presenter kondang. Dia pernah didaulat sebagai pembawa acara untuk ajang pencarian bakat populer, mulai dari X Factor, Rising Star Indonesia, The Voice, hingga Indonesia’s Got Talent. Akan tetapi sebelum itu, Robby dikenal luas sebagai seorang VJ MTV, dia bahkan dinobatkan sebagai The Most Favorite VJ pada ajang MTV VJ Hunt 2008. 
 

10. Sarah Sechan 

Sarah Sechan (Sumber gambar: Instagram/Sarah Sechan)

Sarah Sechan (Sumber gambar: Instagram/Sarah Sechan)


Selebritas lainnya yang merupakan lulusan dari VJ MTV Indonesia adalah Sarah Meirizka Hardiany Sechan, atau Sarah Sechan. Dia mengawali karier sebagai VJ MTV Indonesia sejak 1990-an. Ketika itu, dia tampil dengan rambut panjangnya dan gaya khas yang membuatnya dikenal luas oleh para penggemar musik Tanah Air. 
 

Update MTV 

Sebagai informasi, MTV indonesia pertama kali diluncurkan pada 5 Mei 1995 sebagai bagian dari MTV Asia, sebelum akhirnya mendapatkan slot program sendiri. Di dalam negeri, program musik ini sempat berpindah-pindah stasiun siaran, mulai dari ANteve, Global TV, hingga CTV Network. 

Adapun, MTV sendiri merupakan saluran kabel Amerika Serikat yang telah beroperasi sejak 1981. Program ini adalah salah satu unggulan dari MTV Entertainment, yang merupakan bagian dari Paramount Media Networks, sebuah divisi dari raksasa industri hiburan dunia Paramount Global. 

Kabar terbaru, Paramount Global telah resmi menutup divisi media perusahaan, tidak lain adalah MTV News. Penghentian operasional MTV News terjadi ketika induk perusahaan CBS, Nickelodeon, dan Comedy Central itu mengumumkan pemberhentian sekitar 25 persen pekerjanya. 

Dalam sebuah memo yang diberikan kepada para star, President Showtime/MTV Entertainment Studios dan Paramount Media Networks, Chris McCarthy, mengatakan bahwa perusahaan terus mengalami tekanan ekonomi, walaupun media streaming-nya tengah naik daun dan sukses. 

Dia melanjutkan bahwa para pemimpin senior perusahaan telah berkoordinasi dengan bagian sumber daya manusia (SDM) dalam beberapa bulan terakhir, dalam rangka penentuan organisasi yang lebih optimal untuk kebutuhan bisnis saat ini dan masa mendatang. 

“Akibatnya, kami telah membuat keputusan yang sangat sulit, tetapi perlu untuk mengurangi tim domestik kami sekitar 25 persen,” kata McCarthy seperti dikutip Variety
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

YG Entertainment Umumkan BABYMONSTER Debut dengan 7 Member

BERIKUTNYA

Misi Andre Dinuth Memunculkan Warna Musik Indonesia Timur di Setiap Albumnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: