Memblokir panggilan Internasional di Whatapp (Sumber gambar: Pixabay)

Pengguna WhatsApp India Banjir Panggilan Spam dari Nomor Internasional, Begini Cara Blokirnya

10 May 2023   |   21:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Pernahkah Genhype menerima panggilan dari orang tak dikenal? Anehnya lagi kode nomor yang muncul berasal dari luar negeri. Siapapun pasti langsung curiga bahwa ini perbuatan orang iseng atau oknum yang berniat jahat. Nah, kondisi inilah yang sedang dialami jutaan pengguna WhatsApp di India.

Mereka dibuat bingung dengan jumlah panggilan spam internasional yang masuk dalam beberapa hari terakhir, bahkan banyak juga yang mengalami kerugian finansial. WhatsApp sendiri memiliki hampir 500 juta pengguna di India. Selain telefon ada juga pesan spam yang masuk dari nomor internasional.

Diketahui sebagian besar panggilan spam yang masuk berasal dari negara-negara Afrika dan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Ethiopia. Menanggapi kondisi tersebut, para pengguna Whatsapp di India membagikan keluh kesah mereka di Twitter.

Baca juga: Awas Jadi Korban, Begini Modus Scamming & Spoofing yang Bisa Curi Uang Kalian

"Apa yang terjadi dengan WhatsApp? Begitu banyak spam. Begitu banyak," tulis Gaurav Munjal, Pendiri, Grup Unacademy melaui cuitannya di twitter.

"WhatsApp Business adalah kesalahan besar. Brian Acton (WhatsApp Co-founder) telah terbukti benar," tweet Sourabh Mathur, seorang pengusaha di India.

"Saya terus mendapat panggilan tak terjawab di WhatsApp dari nomor tak dikenal dari berbagai belahan dunia setiap hari. Ini sangat buruk, saya harus membuat ponsel saya diam," tulis pengguna akun @Purba_Ray

"Saya menerima (panggilan penipuan) itu pada jam 5 pagi. Hampir setiap hari menjadi alarm pagi saya sekarang," kata pengguna lainnya.

Panggilan spam tersebut memang menunjukkan kode nomer dari negara-negara Afrika dan Asia Tenggara seperti +251 (Ethiopia), +62 (Indonesia), +254 (Kenya), +84 (Vietnam) dan negara lainnya. Meski begitu, belum tentu semua panggilan itu benar-benar berasal dari sejumlah negara tersebut.


Adapun dari pihak WhatsApp sendiri belum merespon terkait panggilan spam yang membanjiri platformnya. Shivam Vij, jurnalis independen yang berbasis di New Delhi juga ikut memberikan tanggapan terkait fenomena ini. "Sama di sini. Tampaknya menjadi epidemi. @whatsapp perlu mengizinkan kami memilih untuk menerima panggilan dari kontak saja," cuitnya. 

Selain panggilan dan pesan spam internasional, pengguna Whatsapp di India juga melaporkan adanya penipuan dengan modus menawarkan pekerjaan via chat. Nah, supaya terhindar dari hal-hal tersebut, yuk simak bagaimana cara memblokir panggilan dan pesan masuk dari nomor internasional.

Cara memblokir nomor internasional di Whatsapp tentu beda dengan memblokir nomor yang sudah terdaftar dalam kontak. Kita bisa memblokir nomor anonim di Whatsapp, pertama coba buka ruang obrolan dengan nomor asing tersebut. Selanjutnya klik Blokir.

Bisa juga klik Blokir atau Laporkan untuk melaporkan nomor itu ke pihak WhatsApp. Dengan begitu, nomor asing barusan tidak bisa mengirim pesan lagi ke akun WhatsApp kalian. Nomor tersebut juga tidak bisa mengakses foto profil, last seen, dan status di WhatsApp.

Baca juga: Asyik, Satu Akun WhatsApp Kini Bisa Dipakai di Berbagai Perangkat Sekaligus

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Tantangan dan Peluang Skuat Indonesia Boyong Piala Free Fire SEA Invitational 2023

BERIKUTNYA

Resmi Rilis Global, Cek Spesifikasi Lengkap POCO F5 dan F5 Pro

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: