Momen memilih jurusan kuliah kadang sering membuat bingung calon mahasiswa. (Sumber gambar: Unsplash/ Vasily Koloda)

SNBT Dimulai, Cek Daftar Jurusan Kuliah Favorit di Indonesia Ini

09 May 2023   |   11:42 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like

5. Ekonomi

Ekonomi juga menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling diminati calon mahasiswa. Lulusan dari ekonomi memang sangat banyak, tapi kebutuhan perusahaan terhadap lulusan ini juga semakin meningkat setiap tahunnya. Tak heran bila jurusan ini selalu ramai dibanjiri pelajar.

Umumnya, lulusan dari jurusan ini berkarier di bidang perbankan, akuntansi, konsultasi bisnis dan keuangan, serta aktuaria hingga analisis data. Adapun, sejumlah PTN yang banyak diminati pelajar adalah Unair, ITB, Unbraw, UI, Undip dan UGM.


6. Ilmu Komputer

Perkembangan teknologi yang begitu pesat tak urung membuat perusahaan banyak mencari lulusan ilmu komputer. Imbasnya banyak juga calon mahasiswa yang berminat untuk masuk kuliah jurusan satu ini yang juga semakin banyak baik di perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

Ilmu komputer sendiri merupakan jurusan kuliah yang secara umum mempelajari tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Adapun beberapa kampus favorit dari jurusan satu ini terdapat di UGM, UNS, UI, hingga Diponegoro.


7. Psikologi

Selain kedokteran yang mempelajari masalah kesehatan, jurusan psikologi juga menjadi salah satu incaran favorit pelajar di Indonesia untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi. Mengutip laman Ican Education, jurusan ini pun selalu masuk dalam 10 jurusan terpopuler di dunia.

Secara umum jurusan ini biasanya akan mempelajari manusia dalam aspek jiwa dan perilaku yang mempengaruhi tindakannya. Beberapa aspek yang dilihat adalah konteks sosial dan industri dengan melihat manusia beserta lingkungan sosial mereka. Beberapa kampus di Indonesia yang banyak diminati untuk jurusan ini adalah UI, Undip, UNS, dan UGM.


8. Hubungan Internasional

Jurusan hubungan internasional juga menjadi salah satu jurusan favorit yang  diminati oleh calon mahasiswa mengingat banyaknya peluang karier yang bisa dicoba setelah lulus. Beberapa di antaranya termasuk karier di pemerintahan, diplomat, jurnalis, hingga organisasi non pemerintah atau NGO.

Secara umum jurusan yang akrab dikenal denan HI ini mempelajari tentang  dinamika hubungan antar negara, serta organisasi, perusahaan, atau individu yang memiliki pengaruh lintas negara dan apa implikasinya. Adapun beberapa perguruan tinggi yang sering diburu adalah UI, UGM, Airlangga, Padjadjaran, hingga Universitas Jember.

Baca juga: Mau Kuliah? Yuk Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Memilih Perguruan Tinggi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Koleksi Fesyen Modest dengan Inspirasi Pakaian Suku Baduy Berlenggang di Hong Kong Fashion Week

BERIKUTNYA

Banyak Pengguna Twitter Kehilangan Followers, Ternyata Ini Sebabnya 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: