AOV Premier League 2023 (Sumber: Garena)

Dihelat di Bangkok, AOV Premier League 2023 Siap Hadirkan 19 Tim Terbaik Dunia

30 April 2023   |   16:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Turnamen olahraga elektronik (esports) bertajuk Arena of Valor Premier League (APL) 2023 kembali digelar. Perusahaan video gim Garena mengumumkan Arena of Valor Premier League 2023 siap hadir pada 9 Juni-23 Juli 2023 dengan sederet tim andalan dari berbagai negara di dunia.

Dalam turnamen tahun ini, tim papan atas AOV dari berbagai wilayah akan hadir di Bangkok, Thailand. Tak hanya itu, ajang ini juga digadang-gadang bakal menyuguhkan pertarungan sengit panas untuk memperebutkan gelar sebagai tim terbaik AOV berkelas dunia.

Mengusung tagline 'Echo of Glory’, Garena akan menghadirkan turnamen APL 2023 sebagai panggung yang menghubungkan para pemain profesional dan penggemarnya untuk bersama-sama berjuang meraih gelar juara. 

"Turnamen ini bakal didesain untuk mengajak para penggemar dalam mengikuti perjalanan dan perkembangan para pemain dan tim saat melalui berbagai fase dan menjadi di turnamen berkelas internasional ini," tulis Garena dalam siaran tertulis, Minggu, (30/4/23). 

Tak hanya itu, pada edisi kali ini, para pencinta esports AOV juga akan menyaksikan kembalinya babak Wildcard yang membuka 4 slot pada Group Stage per liga. Sementara itu, di babak pamungkas APL pada 23 Juli 2023, para pemain dan penggemar juga akan disuguhi dengan AOV Day yang membawa berbagai event dan hadiah menarik, hingga berbagai karakter dan skin baru.

Baca juga: Garena Umumkan Kolaborasi AoV x Pretty Guardian Sailor Moon Cosmos The Movie
 
 

Jadwal dan Format Turnamen

APL 2023 akan dimulai dengan babak Wildcard pada 9 Juni hingga 11 Juni 2023. Adapun, dalam babak ini ada 8 tim yang akan bermain, yaitu tim dari peringkat 4 dan 5 Garena Challenger Series (GCS), RoV Pro League (RPL), Arena of Glory (AOG). 

Dalam babak ini, Indonesia akan diwakili oleh tim yang finis di posisi 3 dan 4 AoV Star League (ASL) Spring pada Maret lalu. Selama tiga hari, semua peserta akan bertarung di babak Wildcard dalam format double-elimination untuk memperebutkan tiga slot akhir menuju babak Group Stage APL 2023.

Tim yang lolos ke Group Stage akan bertarung di Bangkok, Thailand pada 28 Juni–9 Juli 2023 dengan menggunakan format single round robin

Sebanyak 14 tim yang akan berlaga di babak ini merupakan tim-tim terkuat yang lolos dengan status tiga tim teratas dari masing-masing turnamen GCS, RPL, AOG; dua tim teratas ASL; serta tiga tim yang lolos dari babak Wildcards. 

Semua tim akan dibagi ke dalam dua grup berisi tujuh tim, dan hanya empat tim teratas yang akan lolos ke babak Quarter Finals pada 13-16 Juli 2023. Babak ini akan menggunakan format double-elimination untuk memperebutkan dua slot ke babak semi finals.

Selanjutnya, babak Semi Finals akan hadir pada 22-23 Juli 2023 dengan menggunakan format double elimination. Sementara itu, babak Grand Finals akan hadir pada 23 Juli dengan format single elimination.

Adapun, drawing atau kocokan menuju babak Wildcard akan disiarkan secara live stream pada tanggal 14 Mei, di kanal resmi AoV, mulai dari YouTube, Facebook dan Valor TV. Sementara itu, proses drawing untuk babak Group Stage akan dilaksanakan pada 11 Juni 2023, setelah babak Wildcard selesai.
 

Daftar Tim Peserta APL 2023

Dihimpun dari sumber resmi, berikut daftar 19 tim akan berpartisipasi di APL 2023, termasuk 4 dari ASL dan 5 tim dari dari AOG, GCS, dan RPL:

Wildcard round (8 slot)
  • AOG: Peringkat 4 and 5
  • ASL: AEsir (AE), Draven (DRV)
  • GCS: Hong Kong Attitude (HKA), ONE Team Esports (ONE), 
  • RPL: B Esports x Goldcity (BGC), eArena (EA)

Group Stage (11 slot Direct + 3 slot Wildcard)
  • AOG: 1st, 2nd, and 3rd seeds
  • ASL: Dewa United Esports (DU), Kagendra (KG)
  • GCS: BRO Esports (BRO), Flash Wolves (FW), Most Outstanding Player (MOP)
  • RPL: Bacon Time (BAC), Buriram United Esports (BRU),Valencia CF Esports (VCF)
  • Wildcard round: Top 3 seeds.

Baca juga: Free Fire SEA Invitational Siap Tandingkan 18 Tim Esports Terbaik

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Menengok Profil & Kiprah Seniman Grafis Setiawan Sabana

BERIKUTNYA

Resep Omurice ala Restoran Jepang, Menu Sarapan yang Mudah Dibuat dan Kaya Nutrisi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: