Ilustrasi mencatok rambut (Sumber gambar: Giselle Lazcano/Unsplash)

5 Tip Mencatok Rambut Agar Lebih Tahan Lama

30 April 2023   |   10:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

3. Perhatikan Suhu Catokan

Hal yang tak kalah penting harus diperhatikan adalah suhu panas yang digunakan pada catokan. Sebetulnya, suhu penghantar panas tersebut yang bisa menyebabkan kerusakan rambut. Untuk itu, Genhype harus pintar-pintar mengatur dan memastikan suhu yang tepat untuk mencatok rambut.

Bagi Genhype yang memiliki rambut tipis, gunakan pengaturan suhu panas yang lebih rendah. Sementara pemilik rambut bertekstur tebal bisa menggunakan panas dengan suhu yang lebih tinggi. Dilansir dari Adore Beauty, suhu yang tepat untuk memanaskan atau mancatok rambut disarankan tidak lebih dari 175 derajat celcius. Suhu melebihi batas tersebut dikhawatirkan dapat merusak rambut.
 

4. Gunakan Hair Spray

Penggunaan hair spray tak boleh dilewatkan jika Genhype ingin hasil catokan rambut lebih tahun lama. Biasanya, hair spray mengandung polyvinylpyrrolidone yang bisa membuat rambut terlhat kaku. Ini akan membantu mempertahankan bentuk rambut yang sudah tercatok rapi sehingga rambut terlihat tetap stay dengan gaya yang dinginkan.

Namun perlu diingat polyvinylpyrrolidone merupakan bahan kimia yang jika gunakan secara berlebihan akan menyebabkan rambut rusak. Cara paling tepat untuk menggunakan hair spray adalah dengan menyemprotkannya pada sisir terlebih dahulu sebelum diaplikasikan ke rambut. Ini akan lebih baik dibanding mengaplikasikan hair spray langsung ke rambut. Namun jika tak ada sisir, kamu tetap bisa menggunakan hair spray dengan jaraak sekitar 30 cm dari rambut.
 

5. Hindari Memegang Rambut

Setelah tahap-tahap diatas sudah dilewati, langkah terakhir yang bisa Genhype lakukan adalah membiarkan rambut tidak tersentuh. Hindari kebiasaan untuk memegang rambut, seperti berusaha menysir rambut dengan jemari tangan atau berusaha menata ulang rambut sedemikian rupa. Terlalu banyak menyentuh rambut yang sudah ditata bisa menyebabkan hasl catokan kembali jatuh.

Alih-alih memegang rambut, kamu bisa membuat bagian atas rambut terlihat sleek dengan terlebih dahulu menyisir rapi bagian tertentu dengan sisir yang tepat. Gunakan sisir dengan bagian gigi yang rapat untuk membuat tampilan rambut atas sleek dengan hasil yang lurus. Jangan lupa untuk menyemprotkan hair spray pada sisir dan menyisirnya serapi mungkin. Kemudian berfokuslah mencatok bagian bawah rambut terlihat ikal bergelombang. Setelah mencatok, jauhkan tanganmu dari hasil rambut yang sudah ditata.
 
1
2


SEBELUMNYA

Milenial dan Generasi Z Makin Banyak yang Berminat Belajar Memasak

BERIKUTNYA

Cek Spesifikasi Game Honkai: Star Rail untuk PC dan Mobile Biar Enggak Lemot

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: