Ilustrasi gedung kampus. (Sumber gambar : Freepik/Frimufilms)

Cek Biaya, Keunggulan & Fasilitas 5 Kampus Termahal di Indonesia

29 April 2023   |   19:07 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

2. Swiss German University (SGU)

Menurut Quipper Campus, Swiss German University (SGU) menjadi kampus kedua yang memakan biaya tinggi dalam pendidikan. Biaya kuliahnya mencapai Rp27,5 juta - Rp30 juta per semester. 

Didirikan pada 2000, hasil kerja sama antara 4 negara yaitu Indonesia, Jerman, Swiss, dan Austria, SGU merupakan pelopor dalam menerapkan kurikulum internasional pada pendidikan tinggi di Indonesia alias universitas internasional pertama di Tanah Air, loh. 

Sejak didirikan, SGU bertujuan mengembangkan para profesional terampil yang memenuhi tuntutan industri. Untuk mencapai tujuannya, SGU menawarkan pembelajaran yang berorientasi pada kualitas melalui 12 Program Studi Gelar Sarjana dan 4 Program Magister mulai dari Teknik Mesin, Teknologi Informasi, dan Bisnis hingga Ilmu Hayati dan Ilmu Sosial. Kampus ini mengunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, dan ada pembelajaran bahasa Jerman.

Uniknya, siswa yang memenuhi syarat dapat lulus dengan double degree dari Swiss German University dan kampus mitra SGU di Eropa. Program double degree ini juga memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa S1 yakni dengan mengikuti program magang di luar negeri pada semester 6.

Dengan gelar ganda yang dimiliki para lulusan, diharapkan dapat menjadi bekal untuk menghadapi lingkungan dengan kondisi Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity (VUCA) dalam perkembangan teknologi digital yang begitu masif.


3. Universitas Ciputra

Berada di bawah naungan raksasa properti lokal, Ciputra Group, universitas ini terletak di Surabaya dan berdiri sejak 1990. Biaya per semesternya mencapai Rp18 juta-Rp41 juta, tergantung pada jurusan yang dipilih.

Universitas Ciputra mengusung kurikulum berbasis kewirausahaan, yang menyertakan sistem pembelajaran Problem and Project Based Learning (PBL), serta program mentoring dengan praktisi dan ahli bisnis ternama. Oleh karena itu, para mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan pola pikir dan keterampilan kewirausahaan secara efektif dan inovatif sejak di bangku perkuliahan. 

Penyampaian pendidikan kewirausahaan dilaksanakan melalui proyek berdasarkan permasalahan nyata yang ada di lingkungan industri dan jaringan bisnis Ciputra Group. Fasilitasnya pun mulai dari student lounge-corpreneur, tax center accounting, hingga incubator corepreneur. 

Baca juga: Daftar 10 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia: Tenang Genyhpe Gagal Masuk PTN Bukanlah Akhir dari Segalanya


4. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Dikenal sebagai kampus eksklusif, Universitas Pelita Harapan dikenal memiliki kurikulum standar internasional. Mengutip Kampung Inggris, kampus ni memiliki fasilitas seperti Studio Foto, Museum, UPH Radio, UPH TV, UPH Hotel, UPH Restaurant, hingga Bar and Pastry Cafe. Banyak juga artis dan figur publik yang melanjutkan pendidikannya di Universitas Pelita Harapan.

Untuk belajar di kampus bergengsi ini, kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp15 juta per semesternya. Itu di luar biaya uang muka yang berbeda di setiap jurusan mulai dari Rp12,5 juta hingga Rp160 juta. 


5. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Kampus swasta yang lokasinya tersebar di Jakarta, Bekasi, Bandung, Malang, dan Semarang ini berhasil menyabet gelar World's 5-Star University dari Quacquarelli Symonds (QS) Subject Rankings. Dengan segudang prestasi dan jaringan yang luas, kesempatan alumni Binus di dunia kerja terbuka lebar. Bahkan menurut Quipper, 75 persen lulusannya sudah bekerja sebelum wisuda dan 65 persennya bekerja di perusahaan multinasional. 

Kampus ini juga menyiapkan beragam program dan kegiatan internasional untuk membekali mahasiswa dengan international experience. Termasuk joint atau double degree program, student exchange, international workshop, sampai internship abroad.

Salah satu program andalan di kampus ini adalah Apple Developer Academy. Program kolaborasi itu membantu mahasiswa belajar mengembangkan aplikasi digital dengan dibimbing oleh para ahli dari Apple. Adapun, biaya kuliah di Binus cukup beragam untuk tiap jurusan dan program yang diambil. Sebagai contoh, calon mahasiswa perlu menyiapkan setidaknya dana sebesar Rp20 juta per semester untuk menempuh pendidikan S1 di jurusan Teknik Informasi.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda


 
1
2


SEBELUMNYA

4 Alasan Wajib Nonton Comeback Jerry Yan di Drama The Forbidden Flower

BERIKUTNYA

ABC Cooking Studio Indonesia Sapa Warga Serpong dengan Studio Keempat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: