Foto Keluarga (Sumber Foto: Freepik)

6 Tip Foto Keluarga dengan Kamera HP saat Lebaran

22 April 2023   |   12:43 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Momen Lebaran biasanya identik dengan foto keluarga. Bagi yang tidak sempat berfoto di studio, bisa saja memotret dengan kamera hp. Kualitas fotonya pun tak kalah ciamik, asalkan pencahayaannya bagus dan semua orang terlihat jelas.

Nah, untuk mendapatkan hasil jepretan foto keluarga yang optimal, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Yuk, simak sejumlah tip berikut ini

Baca juga: Cukup Pakai Smartphone, Ini Kiat Foto Keluarga di Momen Lebaran


1. Atur Pencahayaan yang Pas

Sebisa mungkin usakan untuk mengatur pencahayaan yang tepat saat berfoto. Bila berfoto di luar ruangan tidak perlu menggunakan flash, untuk menghindari hasil gambar yang terlalu terang. Apabila ingin berfoto di dalam ruangan gunakan alat bantu pencahayaan seperti ring light

Namun, lebih baik menggunakan pencahayaan alami di luar ruangan seperti di halaman rumah. Pilihlah waktu yang tepat untuk berfoto, misalnya pagi-pagi saat matahari terbit atau sore sebelum matahari terbenam.


2. Pilih Background yang Bagus

Pilihlah latar belakang foto yang bagus, misalnya di depan halaman rumah atau taman yang bernuansa hijau dengan banyak pepohonan dan bunga. Apabila ingin berfoto di dalam ruangan bisa memilih background dinding polos, bisa juga di sofa besar di ruang tamu. 


3. Gunakan mode Lanscape

Penting sekali untuk menggunakan mode lanscape saat foto keluarga. Apalagi jika jumlah anggota keluarganya banyak lebih dari 5 orang, usahakan semua orang terlihat jelas dalam foto. 

Selanjutnya atur sebaik mungkin posisi anggota keluarga yang akan dipotret. Jangan sampai ada salah satu orang yang tidak kelihatan.


4. Gunakan Tripod 

Untuk mandapatkan hasil jepretan yang lebih stabil dan jelas, gunakanlah tripod. Tripod adalah alat bantu untuk menopang bodi kamera saat akan memotret objek. Alat ini juga sangat membantu untum memotret secara otomatis, sehingga semua anggota keluarga bisa berfoto bersamaan tanpa harus berganti-gantian memegang kamera. 

Setelah siap berpose atur timer atau pewaktu pada kamera supaya hasil jepretan lebih siap. Genhype dapat mengatur waktu untuk memotret mulai dari tiga hingga sepuluh detik.


5. Gunakan Remote Bluetooth

Genhype juga dapat mengggunakan alat bantu seperti remote shutter bluetooth. Fungsinya untuk memotret dari jauh, saat semuanya telah siap berpose tinggal diteman saja tombol pada remotnya. Remote shutter bluetooth dapat ditemukan dengan mudah, harganya pun terjangkau mulai dari Rp20.000.


6. Menggunakan mode HDR

Mode HDR di HP akan membantumu menciptakan keseimbangan warna lebih baik saat memotret. Mode ini cocok untuk pemotretan lanskap, seperti saat foto keluarga. High Dinamic Range (HDR) adalah mode kamera HP yang berfungsi untuk menghasilkan jangkauan pencahayaan yang lebih dinamis. Biasanya setiap ponsel pintar sudah dibekali dengan mode HDR yang akan aktif secara otomatis saat mode memotret dengan kamera.

Baca juga: 5 Trik Pose Foto Keluarga saat Lebaran, Biar Ga Bosan!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Merayakan Kemenangan dengan Rasa: Menikmati Lezatnya Makanan Tradisional saat Idulfitri

BERIKUTNYA

Update Jadwal Lengkap Konser Coldplay 2023, Adakah Indonesia?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: