Ada beberapa tip yang bisa dicoba untuk foto bersama keluarga yang lebih baik (Sumber gambar: Pexels/Askar Abayev)

Cukup Pakai Smartphone, Ini Kiat Foto Keluarga di Momen Lebaran 

02 May 2022   |   15:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Hari Raya Idulfitri jadi momentum untuk umat Islam berkumpul bersama keluarga dan orang terdekat serta merayakan hari kemenengan setelah sebulan penuh menjalani ibadah puasa. Tak lengkap rasanya bila tidak mengabadikan foto keluarga

Saat ini, sebagaimana kita rasakan dan alami, ponsel pintar atau smartphone telah menjadi senjata utama untuk mengabadikan berbagai momen. Nah, berikut ini adalah beberapa tip yang bisa kalian lakukan untuk memaksimalkan foto bersama keluarga pada hari Lebaran : 


Pengaturan resolusi tertinggi 

Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan fitur kamera ponsel resolusi tinggi misalnya 64 megapiksel (MP) atau bahkan 108MP pada beberapa ponsel. Nah, perlu diperhatikan bahwa biasanya secara auto atau default kamera ponsel tidak memakai resolusi ini. 

Umumnya, kamera mode auto ponsel hanya menghasilkan foto resolusi 12MP. Untuk dapat menerapkan resolusi yang lebih tinggi, pengguna perlu beralih ke mode pro atau mode foto resolusi tinggi yang mampu menangkap foto lebih detail. 


Mode ultra lebar 

Ya, sebagian besar ponsel kelas menengah (mid range) hingga premium (flagship) saat ini, menawarkan fitur multi kamera dengan salah satunya adalah lensa ultra lebar. Kendati mungkin hasilnya tidak sebagus atau sedetail mode normal, tapi ini sangat berguna untuk mengambil gambar dengan objek luas. 

Misalnya perkumpulan keluarga dengan banyak orang saat Lebaran. Dengan lensa ultra lebar, kalian akan bisa mendapatkan sudut pandang yang lebih besar sehingga menangkap semua anggota keluarga dalam satu foto. 


Tripod dan pengatur waktu 

Tentunya saat berfoto bersama keluarga besar, kita tidak ingin ada satupun ‘korban’ yang tidak masuk dalam frame karena harus menjadi tukang foto. Untuk itu lah, penting dibutuhkan alat tambahan seperti tripod. 

Dengan tripod dan bantuan fitur pengatur waktu (timer), tidak perlu khawatir ada anggota keluarga yang tertinggal karena harus menjadi fotografer. Semua bisa masuk ke dalam foto hanya dengan melakukan pengaturan tersebut. 


Selfie/Groufie 

Kamera depan pada ponsel pada umumnya tidak memiliki pengaturan pro atau manual seperti kamera utama. Ini membuat foto dengan kamera depan menjadi lebih sederhana, dan hasilnya tergantung pada kualitas kamera yang disediakan vendor. 

Beberapa tip yang bisa diterapkan, khususnya ketika melakukan group selfie (groupie) bersama keluarga adalah mengandalkan tombol volume sebagai shutter

Biasanya, agak sulit menekan shutter pada layar ketika mengambil gambar dengan merentangkan tangan sejauh-jauhnya guna menangkap lebih banyak ruang. Oleh sebab itu, kalian bisa memanfaatkan tombol volume - ini berlaku untuk sebagian besar ponsel saat ini. 

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ragam Tradisi Unik Lebaran di Indonesia

BERIKUTNYA

Rekomendasi Desa Wisata di Sumatra Barat yang Wajib Kalian Kunjungi! 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: