Ilustrasi rumah. (Sumber gambar : Freepik/Rawpixel)

Mau Mudik, Warga Jagakarsa Bisa Titip Rumah Gratis Lho

19 April 2023   |   19:42 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Jakarta mulai ditinggalkan penghuninya. Hal ini terlihat dari jalan-jalan yang biasanya macet kini mulai senggang. Seperti biasanya, setiap tahun masyarakat di kota-kota besar seperti Jakarta menjalani tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman. 

Sebelum memutuskan mudik, penting untuk memperhatikan kondisi dan barang-barang di rumah. Pasalnya, rumah yang kosong menjadi sasaran empuk bagi para pelaku kejahatan seperti pencuri. 

Kendati demikian, beruntung jika kamu tinggal di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Pasalnya, Kepolisian Sektor (Polsek) Jakarta membuka layanan jasa titip rumah hingga motor untuk masyarakat di wilayah tersebut yang memutuskan untuk mudik. 

Baca juga: Tenaga Infal Banyak Dicari Menjelang Lebaran, Simak Prosedur Mempekerjakannya

Kapolsek Jagakarsa, Kompol Multazam Lisendra mengatakan layanan Titip Rumah dan Titip Motor dibuatnya guna mencegah tindak pidana pencurian rumah kosong dan motor. Layanan ini bersifat gratis.

Warga yang berminat katanya cukup menghubungi nomor WhatsApp ke 08111286813. Setelah itu, akan dikirimkan link Google form Titip Rumah ke https://forms.gle/22qtA8yzzuWReJhT6 atau Titip Motor ke https://forms.gle/YthNwDzJiUJUYV3N7.

Nantinya, setelah layanan Titip Rumah dikonfirmasi, anggota Polsek Jagakarsa akan berpatroli melintasi dan menjaga rumah yang dititipkan. Selain dari pihak Kepolisian, RT, RW, Pam Swakarsa, serta potensi masyarakat yang peduli dengan Kamtibmas ikut juga melaksanakan patroli terhadap lingkungan yang rumahnya ditinggal mudik Lebaran.
 

Kapolsek Jagakarsa Kompol Multazam saat memantau rumah yang dititipkan. (Sumber gambar : Multazam Lisendra)

Kapolsek Jagakarsa Kompol Multazam saat memantau rumah yang dititipkan. (Sumber gambar : Multazam Lisendra)


Bagi warga yang menitipkan rumah, Multazam mengimbau agar menghindari potensi korsleting listrik dan kebakaran. Warga wajib melepas regulator gas dari tabungnya, serta mematikan dan mencabut perangkat elektronik yang tidak digunakan. 

Untuk motor, setelah mengisi form dan dikonfirmasi, bisa membawa kendaraannya ke Polsek Jagakarsa dengan membawa Fotocopi BPKB/STNK yang sah, dan membawa sendiri selimut motor agar tidak rusak karena cuaca. 

“Sebelum kejahatan terjadi, lebih baik lapor ke kami. Pencurian rumah kosong memang tidak terjadi saat Lebaran saja, namun banyak rumah yang kosong ditinggalkan saat mudik,” tutur Multazam, kepada Hypeabis.id

Dia saat ini sudah ada 357 rumah yang ditinggal mudik 2023 di Jagakarsa. Pihaknya pun akan terus membuka layanan ini hingga musim Lebaran berakhir. “Warga bisa melapor dengan menelepon dan mengirim pesan melalui nomor hotline," saran Multazam.

Baca juga: Hypereport: Menilik Sejarah Mudik hingga Cerita Kerinduan Para Perantau

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Sinopsis Evil Dead Rise, Film Horor Sadis dari Warner Bros yang Tayang 5 Mei 2023

BERIKUTNYA

Film The Boogeyman Bakal Tayang di Bioskop Juni 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: