Pastika semua pintu dan jendela terkunci sebelum meninggalkan rumah. (Sumber gambar: Pexels/Charlotte May)

Biar Enggak Waswas, Lakukan 10 Tip Ini Sebelum Meninggalkan Rumah Saat Mudik

18 April 2023   |   11:56 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

6. Simpan Barang Berharga di Tempat Aman

Sebelum meninggalkan rumah pastikan juga untuk menyimpan barang berharga di tempat aman. Kamu pun bisa memanfaatkan brankas atau safety box untuk menyiasatinya. Namun jika tidak memiliki perangkat tersebut usahakan menyimpannya di tempat yang tersembunyi atau lazim digunakan untuk menyimpan barang.

Jadi, alih-alih menyimpannya di lemari, kamu bisa memanfaatkan benda atau furniture lain yang tidak bisa diduga oleh orang lain bahwa kamu menyimpan benda tersebut di sana. Dengan begitu maka kerahasiaan tersebut hanya kamu seorang yang mengetahuinya.


7. Tutup Saluran dan Lubang Pembuangan

Untuk mengantisipasi rumah dari munculnya hewan yang tidak diinginkan saat ditinggal mudik, pastikan juga untuk menutup saluran dan lubang pembuangan di rumah. Misalnya, dengan menutup saluran air di kamar mandi, tempat cuci piring dan lain sebagainya.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah masuknya beberapa hewan seperti kecoa, tikus hingga ular yang tak jarang muncul ketika rumah ditinggalkan terlalu lama. Sehingga saat pulang dari kampung rumah kamu tetap aman tanpa adanya hewan agresif yang masuk ke dalam rumah.

Baca juga: Intip 5 Kelebihan Penggunaan Lampu LED Pintar di Rumah
 

Ilustrasi CCTV. (Sumber foto: Unsplash/The Blowup)

Ilustrasi CCTV. (Sumber foto: Unsplash/The Blowup)


8. Pasang CCTV dan Alarm Kebakaran

Memasang CCTV dan alarm kebakaran juga penting dilakukan saat meninggalkan rumah dalam waktu lama. Sebab, dengan semakin majunya teknologi sekarang kamu bisa menyambungkan kamera CCTV dengan gawai kamu untuk memantau rumah.

Selain itu, kamu bisa juga memasang alarm kebakaran meski stop kontak dan regulator gas sudah kamu cabut. Ini untuk perlindungan ganda rumah karena alarm
akan berbunyi jika terjadi tanda-tanda kebakaran, sehingga para tetangga bisa segera meminta bantuan dan memberitahu kalian.


9. Pasang Lampu Otomatis

Tip satu ini sebenarnya hanya sekedar opsi. Jika tidak ada tetangga atau kerabat yang bisa kamu beri amanat untuk menengok rumah serta menyalakan dan mematikan lampu setiap  harinya. Maka, kamu bisa memanfaatkan lampu otomatis.

Sesuai namanya, lampu ini akan mendeteksi pencahayaan kapan harus mati dan menyala, sehingga keadaan rumah yang kosong tidak akan kentara dari luar. Untuk memanfaatkannya kamu bisa memasang lampu ini di beberapa titik, seperti teras atau ruang tengah.


10. Pastikan Semua Pintu dan Jendela Terkunci

Setelah kamu melakukan berbagai tip di atas, hal paling penting yang harus dilakukan sebelum mudik adalah memastikan bahwa semua pintu dan jendela sudah terkunci. Jika perlu, kamu juga bisa menambahkan gembok untuk beberapa ruangan penting. 

Dengan memastikan semua pintu dan jendela sudah terkunci, maka kejadian tak diinginkan seperti masuknya pencuri dapat dicegah. Tak hanya itu, jangan lupa juga untuk membawa semua kunci berharga yang kamu miliki, termasuk kunci kendaraan yang ditinggal saat mudik.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
1
2


SEBELUMNYA

Simak 7 Kiat Mudik Untuk Ibu Hamil, Waspada Dehidrasi

BERIKUTNYA

Walau Ada Beragam Kudapan Modern, Kue Kering Tradisional Lebaran Masih Jadi Favorit Masyarakat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: