Aktor Dwi Sasono berperan sebagai Jin (Sumber gambar: MVP Pictures)

Jadi Jin Metal, Aktor Dwi Sasono Harus Pakai Makeup Tebal hingga Jaket Seberat 8 Kilogram

16 April 2023   |   15:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kisah sinetron legendaris Jin & Jun era 1990-an diadaptasi menjadi film layar lebar dengan judul yang sama. Film ini masih mengisahkan cerita seru dari sosok Junaedi atau Jun dengan Jin yang menjadi tuan untuk mengabulkan segala permintaannya. Namun, karakter Jin dan Jun dalam film sangat berbeda dengan versi sinetronnya.

Dalam sinetronnya, karakter Jun diperankan oleh aktor Syahrul Gunawan, sedangkan M. Amin dan Robert Syarief berperan sebagai Jin Mustofa yang kental dengan nuansa Timur Tengah. Namun, dalam film, karakter Jun diperankan oleh Rey Bong, sementara untuk karakter Jin diperankan oleh Dwi Sasono.

Baca juga: Suguhkan Genre Komedi-Fantasi, Film Jin & Jun Gunakan 80 Persen Teknologi CGI

Alih-alih menjadi Jin yang lekat dengan nuansa Timur Tengah, Dwi Sasono justru bertransformasi menjadi Jin dengan dandanan seperti anak metal lengkap dengan setelan jas kulit, boots, riasan wajah tebal, dan ada tambahan dua tanduk di kepalanya.

Dalam memerankan karakternya, aktor Dwi Sasono mengaku harus menggunakan riasan wajah yang dibuat selama 2 jam sebelum proses syuting karena makeup karakternya dilukis secara manual. Hal itu pun membuatnya harus datang 2 jam lebih awal sebelum proses syuting dimulai.

Selain itu, dia juga harus menggunakan jaket kulit dengan elemen aksesoris besi-besi yang menempel khas anak metal yang beratnya hingga 8 kilogram. "Karena sutradara kita, Pak Anggy, mintanya jaket yang seperti itu jadi yasudah," kata aktor berusia 43 tahun itu.

Dwi Sasono juga mengaku mendapatkan kebebasan untuk mengeksplorasi karakternya dalam film oleh sang sutradara. Diakui olehnya ini merupakan pengalaman baru baginya sepanjang memerankan sebuah karakter dalam film.

Menurutnya, jika kebanyakan film horor yang menampilkan karakter Jin atau makhluk dimensi lainnya cenderung menjadi sosok yang menyeramkan dan menebarkan ketakutan, namun dalam film ini, dia justru menjelma menjadi Jin yang menyenangkan dan membawa kebahagiaan.

"Jadi orang pulang (dari bioskop) enggak akan terbawa teror, dan di film ini juga banyak pesan yang ingin disampaikan," ujar aktor yang juga berperan dalam film Dua Garis Biru itu.
 

Para pemain dan tim film Jin & Jun (Sumber gambar: MVP Pictures)

Para pemain dan tim film Jin & Jun (Sumber gambar: MVP Pictures)

Dalam film, Dwi Sasono beradu akting dengan aktor muda Rey Bong yang berperan sebagai Jun. Aktor pemilik nama asli Muhammad Fahreyza Anugrah Efrianda sebelumnya juga bermain di beberapa film seperti Rudy Habibie, Si Doel the Movie, dan Buya Hamka.

Rey mengaku sempat merasa terbebani ketika ditawari untuk memerankan karakter Jun. Sebab, menurutnya, Jin & Jun adalah sebuah intelectual property (IP) yang sangat besar dan sangat dikenal oleh kalangan masyarakat luas.

"Bebannya adalah gimana caranya untuk membuat penonton sekarang yang menonton menikmati versi remake-nya yang lebih baru dan relate dengan zaman sekarang, itu sulit buat gue," ucap aktor berusia 17 tahun itu.

Terlebih, Rey juga mengaku mendapatkan banyak komentar dari para warganet di media sosial terkait perannya sebagai Jun dalam film ini. Dia mengatakan tak sedikit orang yang meragukan kemampuan aktingnya untuk bisa menyamai sosok Syahrul Gunawan yang telah ikonik dengan versi sinetronnya.

"Tapi dengan bantuan Mas Anggy, semua cast dan tim, saya bisa mengeluarkan rasa kepercayaan diri saya dan apa yang saya punya. Pokoknya tampilkan saja yang terbaik untuk penonton," kata aktor kelahiran Bengkulu itu.
 

Sementara itu, film Jin & Jun bercerita tentang kehidupan Jun yang seketika berubah sejak bertemu dengan Jin di sebuah bangunan tua. Hidupnya tak lagi dekat dengan rundungan beberapa orang di sekolahnya hingga Jun menjadi murid yang populer di sekolah.

Semua yang Jun inginkan adalah kewajiban Jin untuk mengabulkannya. Akan tetapi, menjadi populer dan dipandang di sekolahnya membuat Jun merasakan ada yang aneh beberapa waktu belakang.

Baca juga: Pakai Latar Kekinian, Film Jin dan Jun Bakal Lebih Relate dengan Banyak Orang

Bagaimana petualangan Jun dan Om Jin yang selalu bersama menghadapi setiap masalah yang mereka dihadapi? Akankah kehadiran Om Jin di hidup Jun membuatnya semakin baik, atau justru kehadiran Om Jin membuat kehidupan Jun semakin terpuruk?

Selain Rey Bong dan Dwi Sasono, film Jin & Jun juga dibintangi oleh Alif Rivelino, Clay Gribble, Davina Karamoy, Sarah Felicia, Fahad Haydra, Astri Nurdin, Indra Aksa, Vonny Anggraini, dan Cornelio Sunny. Adapun, film ini dijadwalkan tayang di bioskop pada 19 April 2023.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Kenalan dengan 10 Artis Baru dari Radar Indonesia Spotify, Ada Anggi Marito Hingga Stereo Wall

BERIKUTNYA

Cara Mudah Membuat Amplop Lebaran Sendiri, Custom Sesuai Desain Favoritmu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: