Ilustrasi pengendara sepeda motor. (Sumber foto: Pexels/Apson Magar)

Tip Jalan-jalan dengan Sepeda Motor Saat Libur Panjang

16 April 2023   |   12:03 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Persiapan menjadi langkah penting yang harus dilakukan oleh wisatawan sebelum melakukan perjalanan ke suatu destinasi wisata. Tanpanya, tidak menutup kemungkinan liburan yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi sebaliknya.

Libur panjang Lebaran sudah tinggal menghitung hari. Berbagai rencana kegiatan bersama keluarga, dari berkeliling kota, mengeksplorasi lokasi-lokasi menawan yang tersembunyi, sampai dengan mencicipi berbagai kuliner yang nikmat pasti sudah dilakukan.

Baca juga: Panduan Lengkap Berkendara Aman untuk Motor & Mobil Saat Hujan

Untuk menikmati momen tersebut, sepeda motor bisa menjadi pilihan untuk menyaksikan suasana kota dan menjadi alternatif guna menghindari kemacetan yang kerap terjadi di daerah-daerah wisata.

Tidak hanya itu, mengendarai kendaraan roda dua untuk berlibur juga membuat wisatawan memiliki keleluasaan waktu dan mobilitas. Bagi sebagian orang juga mengendarai motor untuk berkeliling atau touring memberikan sensasi tersendiri yang tidak dapat ditemui ketika menggunakan kendaraan lain.

Agar liburan dengan sepeda motor dapat tetap aman dan seru, berikut sejumlah tip dari dari PT Piaggio Indonesia yang dapat diikuti oleh para pengendara:


1. Atur rencana perjalanan

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menikmati libur panjang adalah dengan mencari tahu dan membuat rencana perjalanan sebelum momen libur panjang dimulai. Dengan begitu, maka setiap aktivitas bisa berjalan tanpa halangan dan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Persiapan itu juga termasuk memilih lokasi yang tepat untuk berjalan, memeriksa kondisi kendaraan, dan titik pengisian bahan bakar. Selain itu, kondisi tubuh yang fit juga penting guna menjaga keseruan, keamanan, dan kenyamanan selama liburan.  


2. Pastikan kondisi motor prima dan tanpa kendala 

Setelah mengatur rencana perjalanan, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan pemeriksaan dan perawatan berkala kendaraan roda dua yang akan digunakan. Untuk itu, kalian bisa mengunjungi dealer resmi merek kendaraan.

Di dealer resmi merek kendaraan, teknisi bersertifikat akan memeriksa kondisi kendaraan secara menyeluruh guna memastikan kendaraan siap dan prima selama liburan. 

Beberapa komponen penting kendaraan yang harus diperhatikan, antara lain kondisi kelistrikan lampu utama dan lampu signal, klakson, serta baterai. Kemudian, periksa juga oli mesin, oli transmisi, busi, dan continous variable transmission (CVT).

Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa kondisi air radiator, kampas rem, minyak rem, kemudi, serta kondisi dan tekanan ban. Selain itu, gunakan bahan bakar yang direkomendasikan untuk kendaraan roda dua yang akan ditunggangi.


3. Gunakan suku cadang dan aksesoris asli

Suku cadang dan aksesoris yang asli akan menambah kenyamanan saat kendaraan dibawa melewati berbagai kondisi jalan. Jadi, selalu beli aksesoris dan sparepart di tempat resmi agar kualitas dan keasliannya terjamin serta bermutu terbaik. Beberapa aksesoris yang dapat dibeli untuk menikmati perjalanan liburan seprti helm, flyscreen atau windscreen, top box, dan sebagainya.


4. Gunakan Pelindung Tubuh

Saat melakukan perjalanan dengan kendaraan roda dua ke sejumlah destinasi wisata, pengendara motor akan menghadapi debu, panas, dan sebagainya. Jadi, kalian perlu menggunakan pelindung tubuh atau apparel yang dapat melindungi pengendara dengan maksimal.

T-shirt, hoodie, jaket, vest, dan sarung tangan adalah contoh apparel yang dapat digunakan ketika berkendara dengan roda dua untuk melindungi tubuh. Selain itu, apparel itu juga dapat membuat penampilan kalian penuh gaya ketika berkendara.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Cek Ketentuan Bayar Zakat Fitrah 2023

BERIKUTNYA

Anita Feng, Srikandi Waralaba yang Sukses Berbisnis Spa dan Kontraktor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: