Iustrasi Jasa Ekspedisi (Sumber Foto: Freepik)

Minat Belanja Daring Tinggi Jelang Lebaran, Ninja Xpress Hadirikan Fitur Baru untuk Keamanan Paket

12 April 2023   |   19:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Minat belanja daring (online) masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan semakin tinggi mendekati momen Lebaran. Bahkan, Ramadan tahun ini juga memberikan dampak yang signifikan pada peningkatan gross merchandise value (GMV) bagi pelaku e-commerce di Tanah Air.

Menurut riset yang dirilis The Trade Desk, sembilan dari sepuluh orang Indonesia berniat melakukan pembelian selama bulan  Ramadan tahun ini. Hal tersebut dipengaruhi peningkatan pengeluaran masyarakat yang cukup tinggi setiap tahunnya jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya mendekati momen Lebaran.

Baca juga: Riset: 72 Persen Masyarakat Indonesia Gunakan Internet untuk Belanja

Selain itu, kebiasaan masyarakat muslim Indonesia yang sengaja menyisihkan tabungannya untuk dibelanjakan selama Ramadan juga turut berpengaruh. Hal ini senada dengan survei Meta dan YouGov yang menunjukkan bahwa sebanyak 62 persen konsumen berbelanja lebih banyak selama periode Ramadan.

Untuk mengakomodir lonjakan permintaan itu, perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi, Ninja Xpress pun kembali memperkenalkan fitur baru di aplikasi Ninja Driver. Melalui fitur bernama GPS ON itu dapat meningkatkan standar keamanan pengiriman paket oleh para rider sehingga terjamin aman saat sampai di pelanggan.

"Kami terus menghadirkan inovasi agar dapat membantu mendorong pertumbuhan e-commerce, UKM dan shipper, dengan adanya fitur GPS ON dan juga program Rider Tilang," ujar Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress Andi Djoewarsa dalam siaran tertulis di Jakarta, Rabu,(12/4/23).

Andi menjelaskan kehadiran fitur ini juga untuk mendukung pertumbuhan potensi e-commerce dan bisnis layanan logistik di Indonesia. Terutama untuk meningkatkan pelayanan e-commerce ke berbagai tempat tujuan, terutama jelang momen Lebaran.

"Dengan adanya fitur tersebut, kami berharap dapat memberikan layanan pengiriman yang menjangkau 100 persen wilayah Indonesia dengan aman dan tepat waktu," imbuhnya.

Andi menjelaskan fitur GPS ON memang dihadirkan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas layanan. Fitur GPS ON merupakan tampilan pop up yang meminta rider untuk mengaktifkan GPS guna mengetahui status pengiriman paket dan menghindari paket sampai di alamat yang tidak tepat.

Oleh karena itu, penggunaan GPS ON diharapkan meningkatkan keakuratan data pengiriman paket oleh rider Ninja Xpress. Sedangkan Rider Tilang merupakan peraturan yang diterapkan untuk rider Ninja Xpress guna menjaga dan meningkatkan keamanan dalam proses pengiriman melalui beberapa tahapan keamanan yang harus dipatuhi oleh rider.

Melalui inovasi tersebut, Ninja Xpress diklaim dapat menjaga dan memastikan agar paket, khususnya selama periode Ramadan, diterima secara tepat waktu dan aktual oleh para konsumen di berbagai daerah di Indonesia.

Sementara itu, selama libur Lebaran Ninja Xpress juga melakukan penyesuaian jadwal operasional. Adapun jadwal pengambilan paket (pick up) sebelum lebaran akan dilaksanakan maksimal sampai 21 April 2023 pukul 17.30 WIB dan untuk pengiriman paket (delivery) dilaksanakan maksimal 21 April 2023 pukul 22.00 WIB.

Operasional pengambilan dan pengiriman paket oleh Ninja Xpress akan dibuka kembali pada 24 April 2023. Layanan pelanggan Ninja Xpress juga tetap beroperasi setiap hari, termasuk saat perayaan Hari Raya Idulfitri dengan jam operasional pukul 08.00-23.00 WIB melalui e-mail, telepon, live chat, hingga media sosial.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Mulai Dijual 14 April, Cek Rincian Harga & Benefit Tiket Konser WOODZ

BERIKUTNYA

Cek 14 Film & Serial Korea Selatan yang Tayang di Disney+ Hotstar Sepanjang 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: