Buah nanas yang matang. (Sumber gambar : Freepik/Dashu83)

6 Tip Memilih Buah Nanas yang Matang & Manis

11 April 2023   |   08:55 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Nastar merupakan kudapan favorit dan khas Hari Raya Idulfitri. Kue kering ini memakai selai nanas sebagai isian yang menciptakan rasa manis dan segar. Biasanya, selai tersebut dibuat secara rumahan, bukan instan beli di toko. Dalam membuatnya, daging  buah nanas diparut.

Kemudian daging buah dimasak sampai airnya menyusut. Tambahkan gula pasir, kayu manis, garam dan diaduk sampai kesat juga kering, adonan lalu diangkat untuk disajikan sebagai selai.

Nanas dipilih bukan hanya menciptakan rasa manis dan segar namun juga manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Buah nanas memiliki kandungan antioksidan yaitu vitamin C, yang memiliki khasiat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata.

Baca juga: Ladies, Ini Loh 3 Manfaat Nanas untuk Kesehatan Wanita

Nanas juga kaya kalsium yang membantu menjaga kesehatan tulang. Mengandung enzim bromelain yang dapat mengatasi gangguan pencernaan hingga membantu mengurangi risiko kanker.

Dari manfaatnya ini, wajar nanas menjadi pilihan favorit sebagai bahan utama nastar. Namun demikian, untuk membuat selai sebagai isian nastar, dibutuhkan nanas yang manis dan matang. 


1. Lihat Warna Mahkota

Hal yang mudah untuk memastikan apakah nanas matang atau tidak yakni dari tampilan mahkota atau tumpukan daun berduri di bagian atas buah tersebut. Pastikan mahkota nanas berwarna hijau cerah.

Nanas yang segar dan memiliki tingkat kematangan sempurna, memiliki mahkota yang tegak dan berwarna hijau cerah. Jangan ambil nanas yang memiliki noda kecoklatan di mahkotanya. Warna tersebut menunjukkan nanas sudah tidak segar dan hampir busuk.

Selain warnanya yang hijau cerah, nanas terbilang memiliki tingkat kematangan yang pas apabila mahkota atau daunnya mudah dipetik. Namun jangan sampai terlalu mudah dipetik atau sekali disenggol daunnya jatuh ya Genhype. Itu menandakan nanas sudah busuk.


2. Perhatikan Warna Nanas

Hindari warna nanas yang terlalu hijau karena biasanya tidak matang dan rasa buahnya sangat asam. Ini lebih cocok untuk dijadikan asinan daripada selai. Jangan juga memilih nanas dengan permukaan atau kulit terlalu kuning yang menandakan terlalu matang dan membuat buahnya sulit diparut.

Pilihan terbaik yakni nanas yang memiliki warna kuning namun sedikit kehijauan. Lihat apakah warna tersebut merata dari batang ke atas karena nanas biasanya matang dari bawah.

Baca juga: Kenali 5 Ciri-Ciri Mangga yang Matang & Manis
1
2


SEBELUMNYA

Kenalan dengan Hambatan Gulir Ban & Cara Mengoptimalkannya

BERIKUTNYA

Resep Lapis India Khas Banjarmasin yang Menggoyang Lidah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: