Mangga yang matang biasanya memiliki kulit lembut dan tekstur yang lebih halus. (Sumber gambar: Unsplash/HOTCHICKSING)

Kenali 5 Ciri-Ciri Mangga yang Matang & Manis

19 October 2022   |   16:49 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Musim mangga sudah tiba nih Genhype! Pastinya kalian sering melihat penjaja buah dengan nama ilmiah Mangifera Indica L ini di pinggir jalan. Mereka biasanya menggunakan mobil bak terbuka dengan tulisan 'Mangga Rp10.000/Kg', atau dipacak bersama buah lain di tukang buah.

Memiliki rasa manis dan menyegarkan, buah mangga juga ada banyak jenisnya loh. Kalian pasti mengenal mangga Manalagi dari Jawa Timur, mangga Gedong Gincu dari Cirebon, mangga Arumanis dari Probolinggo, mangga Alpukat dari Pasuruan, dan masih banyak lagi.

Buah mangga memang sudah populer di Indonesia. Karena mudah diolah dalam bentuk makanan lain, buah ini juga sering dijadikan sebagai minuman jus, pelengkap salad buah, atau rujak saat masih muda dengan teksturnya keras dan renyah.

Baca jugaKenali 7 Ciri-ciri Alpukat yang Matang & Legit

Selain rasanya yang enak, buah mangga juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mangga mengandung magnesium dan potasium yang dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko peradangan jantung. Tak hanya itu, buah ini juga mengandung vitamin A, C, K, kalium, folat, kolin , dan karoten yang  baik untuk tubuh.

Nah, membeli buah mangga memang memerlukan ketelitian khusus. Terlebih untuk memastikan buah mangga yang matang sempurna sehingga menghasilkan rasa yang manis alami. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara memilih mangga yang manis dan segar.
 

1. Sentuh dan rasakan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memegang mangga yang ingin dibeli. Untuk mengetahuinya Genhype bisa menekan dagingnya yang tidak terlalu empuk dan membekas setelah ditekan. Mangga yang matang biasanya memiliki kulit lembut  dan tekstur yang lebih halus.
 

2. Lihat warna mangga

Selain dari tekstur daging dan kulit, ciri-ciri mangga matang dapat dilihat dari warna kulitnya. Biasanya warna mangga yang cerah, baik terang kuning atau merah, sudah matang tua dan siap disantap. Yang pasti buah itu harus terasa lembut saat dipegang  dan berwarna cerah.
 

3. Pilih mangga yang harum

Selanjutnya, ciri-ciri mangga yang matang adalah harum saat dicium. Untuk menyiasatinya, Genhype bisa mendekatkan mangga ke hidung lalu mengecek aromanya apakah harum atau tidak. Pastikan juga untuk mengecek setiap mangga yang akan dibeli karena biasanya dicampur oleh pedagang.
 

4. Hindari memilih mangga memar

Agar tidak salah dalam memilih mangga yang segar, hindari untuk mengambil buah yang memar. Memang dengan kondisi tersebut biasanya pedagang bakal memberi harga khusus, tapi tentunya ini akan mengurangi kesegaran mangga saat disantap di rumah. 

Baca juga5 Buah Terbaik Untuk Membantu Kesehatan Mata, Mana Pilihanmu?
 

5. Lihat getah kering di batang

Cara memilih mangga manis selanjutnya adalah dengan melihat ada tidaknya getah kering di bekas batang mangga. Jika ada getah di bagian tersebut bisa jadi mangga yang Genhype pilih dipetik pada saat matang pohon, sehingga akan memiliki rasa manis yang alami.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Cara Mudah Mengatasi Gejala Menopause Pada Wanita

BERIKUTNYA

4 Fakta Unik Nico Robin, Karakter One Piece yang Dikenal Cerdas dan Keibuan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: