Ilustrasi kue Lebaran. (Sumber gambar: Pexels/Cottonbro Studio)

7 Cara Menyimpan Kue Kering Tetap Renyah

09 April 2023   |   11:53 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

4. Gunakan Kertas Roti atau Silika Gel

Agar tampilan kue tetap cantik saat disajikan pada momen hari raya, kamu bisa menggunakan layer berupa kertas roti untuk memisahkan setiap lapis kue yang disusun. Kertas roti dapat mencegah kue menempel satu sama lain.

Sementara itu, untuk mengontrol kelembaban di dalam stoples, penggunaan silica gel menjadi opsi yang tepat. Namun jika tidak ada, kamu bisa menggunan satu sendok garam yang dibungkus dengan kain bersih. Letakkan bungkusan garam di dasar stoples sebelum menyusun kue kering.


5. Simpan Sesuai Jenis

Kue kering terdiri dari 2 jenis yakni bertekstur renyah dan lembut. Jangan mencampurkan dua jenis kue kering ini dalam satu stoples ya, Genhype

Suhu dari kue yang lembut bisa memengaruhi kue kering sehingga cepat melempem. Sebaiknya gunakan wadah yang berbeda supaya kue lebih awet dan gampang untuk membedakan isinya.

Untuk kue bertekstur kering, dimpan di stoples kaca yang dapat ditutup rapat. Sementara kue bertekstur lembut, simpan di stoples plastik yang tidak terlalu tinggi agar kelembutannya bertahan lama.
 

Ilustrasi stoples kue. (Sumber foto: Pexels/Lisa Fotios)

Ilustrasi stoples kue. (Sumber foto: Pexels/Lisa Fotios)


6. Hindari Sinar Matahari Langsung & Makanan Berbau Tajam

Setelah tersusun rapi di stoples, pastikan kue kering tidak terpapar sinar atau panas matahari dari luar. Semakin sering kue terkena panas, semakin cepat kue itu melempem dan menyebabkan jamur. Simpan kue kering di tempat kering dan sejuk.

Jangan letakkan kue kering berdekatan atau bahkan dicampur dengan makanan yang memiliki aroma menyengat seperti terasi, durian, atau petai. Hal ini untuk menjaga aroma kue kamu tidak terpapar bau makanan tersebut.


7. Simpan di Kulkas

Opsi lain yang bisa dicoba yakni menyimpan kue kering di dalam kulkas. Suhu dingin kulkas bisa membuat kue kering tetap renyah dan awet. 

Kendati demikian, pastikan kamu menempatkan kue itu dalam stoples yang ditutup rapat. Jangan membiarkannya terbuka begitu saja karena bisa cepat membuat melempem dan aromanya tercampur dengan makanan lain yang disimpan di kulkas.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
1
2


SEBELUMNYA

5 Tips Tampil Glow Up Saat Lebaran

BERIKUTNYA

Cek Empat Game Gratis dari Epic Games untuk Teman Ngabuburit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: