Ilustrasi outfit lebaran. (Sumber gambar: Unsplash/ Hasan Almasi)

5 Tip Outfit yang Cocok Dikenakan Saat Mudik ke Kampung Halaman

04 April 2023   |   12:06 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Mudik adalah tradisi tahunan yang dilakukan oleh banyak orang di Indonesia, terutama saat hari raya Idulfitri. Bagi sebagian orang, mudik adalah kesempatan untuk bertemu keluarga dan teman lama, mengunjungi tempat-tempat yang pernah didatangi di masa kecil, atau sekadar mencari suasana yang berbeda dari kehidupan sehari-hari.

Namun, mudik juga bisa menjadi momen yang penuh dengan tantangan, terutama jika Genhype tidak mempersiapkan diri dengan baik. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah pakaian atau outfit yang tepat untuk mudik.

Saat melakukan perjalanan, pakaian menjadi bagian penting yang tidak boleh diabaikan karena berpengaruh terhadap banyak hal. Salah satunya adalah kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan, baik menggunakan transportasi umum maupun pribadi.

Baca juga: 4 Ide Outfit Lebaran untuk Anak dari Merek Fesyen Lokal

Desainer Sonny Muchlison mengatakan, masih ada masyarakat di dalam negeri yang melakukan wardrobe malfunction ketika melakukan perjalanan ke kampung halaman. Mereka tidak sabar ingin menunjukkan kesuksesannya merantau di kota besar.

Menurutnya, sudah menjadi rahasia umum jika lebaran atau mudik merupakan ajang bagi banyak orang menunjukkan kemampuannya secara ekonomi. Salah satunya adalah menunjukkan penampilan mereka kepada sanak saudara atau orang-orang yang ada di desa.

Agar tidak mengalami wardrobe malfunction, berikut sejumlah hal yang perlu diperhatikan oleh para pelancong ketika melakukan perjalanan ke kampung halaman untuk merayakan kemenangan.


1. Kenakan Outfit yang Sederhana.

Langkah pertama yang harus diperhatikan oleh para pelancong yang hendak melakukan perjalanan mudik adalah dengan menggunakan outfit yang simple agar dapat nyaman ketika di perjalanan, terlebih saat memakai sepeda motor.

Jika memungkinkan, seseorang bisa menggunakan sandal agar mudah ketika harus melakukan sesuatu seperti beribadah dalam perjalanan. Selain mudah, penggunaan alas kaki yang sederhana juga membuatnya terhindar dari kemungkinan diambil oleh orang lain.


2. Sesuaikan Outfit dengan Tujuan dan Kondisi Perjalanan.

Outfit yang dipilih saat mudik harus disesuaikan dengan tujuan dan kondisi perjalanan. Jika kalian akan mengendarai motor atau mobil, hindari pakaian yang terlalu longgar atau mengganggu pandangan. Jika akan menggunakan transportasi umum, hindari pakaian yang terlalu mencolok atau menarik perhatian. Jika kalian akan melakukan aktivitas fisik seperti berjalan atau bersepeda, pilihlah pakaian yang ringan.

Penggunaan jaket juga dapat menjadi pertimbangan karena dapat menghangatkan ketika hujan datang. Sementara bagi para pengguna sepeda motor, rompi dapat digunakan agar terhindar dari masuk angin saat dalam perjalanan. Hal lainnya yang harus menjadi perhatian adalah dengan menggunakan pakaian yang selaras dari atas sampai bawah. 


3. Bahan Pakaian yang Nyaman.

Saat melakukan perjalanan ke kampung halaman, bahan pakaian juga perlu diperhitungkan. Kalian mungkin akan mengalami perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan. Oleh karena itu, pilihlah bahan pakaian yang nyaman dan mudah kering, seperti katun atau linen. Hindari bahan yang mudah kusut atau berat seperti denim atau wol.

Pakaian berbahan serat alam menjadi pilihan yang baik untuk dipilih jika dibandingkan dengan sintetis. Alasannya adalah pakaian dengan bahan serat alam dapat lebih menyerap keringat ketika digunakan. Dengan begitu, perjalanan pulang ke kampung halaman juga dapat lebih nyaman.


4. Warna Tidak Perlu Mencolok.

Warna juga merupakan bagian penting yang harus diperhatikan oleh seseorang ketika menggunakan pakaian untuk pulang ke kampung halaman. Hindari menggunakan pakaian dengan warna – warna yang terlalu mencolok.


5. Gunakan Aksesori yang Simpel.

Aksesori bisa menjadi pelengkap outfit yang menarik. Namun, saat mudik sebaiknya gunakan aksesori yang simpel dan nyaman. Hindari aksesori yang terlalu besar atau rumit, karena bisa mengganggu kenyamanan kalian saat bepergian. Sebagai alternatif, kalian bisa menggunakan aksesori seperti syal atau topi untuk melindungi diri dari sinar matahari atau angin.

Penggunaan aksesoris dengan harga yang mahal juga dapat mengundang orang berniat melakukan kejahatan. Kemudian, pelancong juga perlu memanfaatkan fungsi-fungsi yang ada di outfit dengan maksimal demi keamanan, seperti menyimpan dompet di saku dada bagian dalam jaket daripada di kantong celana.

Baca juga: 7 Persiapan Penting sebelum Pergi Mudik

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

9 Cara Memilih Kacamata Olahraga, Mulai Dari Warna Lensa hingga Perlindungan UV

BERIKUTNYA

Iseng, Ini Alasan Elon Musk Mengubah Logo Twitter Jadi Gambar Shiba Inu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: