Atlet berlari dan memakai kacamata olahraga. (Sumber gambar: Unsplash/Quino Al)

9 Cara Memilih Kacamata Olahraga, Mulai Dari Warna Lensa hingga Perlindungan UV

04 April 2023   |   16:27 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Bagi kalian yang gemar berolahraga di luar ruangan, kacamata hitam merupakan aksesori yang tidak bisa ditinggalkan. Selain memberikan perlindungan dari sinar UV yang berbahaya, kacamata hitam juga dapat meningkatkan visibilitas dan performa kalian dalam berolahraga.

Namun, untuk memastikan perlindungan yang optimal dan performa visual lebih baik, penting untuk memilih kacamata olahraga yang tepat. Meskipun bisa jadi membingungkan, memahami fitur-fitur utamanya akan membantu kalian membuat keputusan yang tepat.

Baca juga: 3 Cara Perawatan Kacamata Resep, Wajib Dilakukan Rutin

Berikut beberapa faktor penting yang harus dipertimbangkan saat memilih kacamata hitam untuk berolahraga.


1. Warna Lensa

Perlengkapan yang menempel pada tubuh saat olahraga dapat memengaruhi performamu, seperti pada warna lensa kacamata. Warna lensa yang bervariasi cocok untuk olahraga yang berbeda. Misalnya, lensa berwarna cokelat atau tembaga dapat meningkatkan kontras dan persepsi kedalaman, sehingga cocok untuk olahraga seperti bisbol atau golf.

Sementara lensa abu-abu atau hijau dapat memberikan persepsi warna yang sebenarnya dan tidak terlalu mengubah warna, sehingga cocok untuk olahraga luar ruangan umum. Sedangkan lensa berwarna kuning cocok untuk olahraga dalam kondisi cahaya redup, seperti ski atau seluncur salju, karena meningkatkan kontras dan kejernihan.

Sebelum membeli kacamata hitam, pastikan lensanya dapat melindungi 100 persen dari sinar ultraviolet dan terpolarisasi untuk mengurangi silau dan kabut. Selain itu, pilihlah warna lensa yang sesuai dengan waktu olahraga kamu. Jika kamu berolahraga di bawah terik matahari, pilihlah lensa yang berwarna gelap.

Namun, jika kondisi cahaya redup, seperti kabut atau fajar, pilihlah lensa berwarna kuning atau jingga. Jika kamu memerlukan waktu reaksi cepat, seperti saat bersepeda atau berlari, maka lensa berwarna merah atau merah muda dapat meningkatkan kontras dan sangat ideal untuk aktivitas tersebut.
 

2. Teknologi Lensa

Kacamata olahraga dilengkapi dengan teknologi lensa yang bermacam-macam, seperti lensa terpolarisasi, fotokromik, dan cermin. Lensa terpolarisasi membantu menghilangkan silau dan sangat ideal untuk olahraga air atau aktivitas di bawah sinar matahari yang terik. Lensa fotokromik dapat menyesuaikan diri dengan kondisi cahaya yang berbeda, sedangkan lensa cermin mampu memantulkan silau dan sangat cocok untuk olahraga salju atau aktivitas di dataran tinggi.
 

3. Bahan Lensa

Kacamata olahraga harus terbuat dari bahan tahan benturan seperti polikarbonat atau trivex. Kedua bahan ini kuat dan tahan lama, sehingga dapat memberikan perlindungan maksimal pada mata kalian dari benda-benda yang terbang atau benturan jatuh.


4. Bentuk Lensa

Bentuk lensa juga merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan karena dapat memengaruhi penglihatan tepi kalian. Kacamata olahraga dengan desain sampul memberikan perlindungan lebih dan mengurangi hambatan angin, sementara lensa yang lebih kecil sangat ideal untuk aktivitas yang memerlukan gerakan presisi, seperti golf.


5. Kesesuaian Bingkai

Kenyamanan saat memakai kacamata olahraga sangat tergantung pada ukuran dan bentuk frame yang cocok dengan wajah. Sebaiknya, Genhype mencoba kacamata terlebih dahulu sebelum membelinya untuk memastikan kecocokan yang tepat. Kacamata hitam harus pas dengan aman dan nyaman di wajah untuk mencegahnya jatuh saat berolahraga.

Pilihlah kacamata hitam dengan bantalan hidung atau pelipis yang dapat disesuaikan untuk memastikan kenyamanan dan stabilitas yang optimal.

Hindari bingkai yang terlalu longgar atau ketat, serta pastikan kacamata memberikan cakupan dan perlindungan yang cukup dari matahari dan angin. Bahan frame yang digunakan juga memengaruhi kenyamanan dan keawetan kacamata olahraga.

Bingkai logam biasanya lebih ringan namun lebih rentan terhadap kerusakan, sedangkan bingkai plastik lebih tahan benturan. Desain wraparound dapat memberikan perlindungan tambahan pada mata dan mengurangi ketegangan serta kelelahan mata selama berolahraga.
1
2


SEBELUMNYA

Siap Tayang Agustus 2023, Cek 5 Fakta Unik dari Trailer Blue Beetle

BERIKUTNYA

5 Tip Outfit yang Cocok Dikenakan Saat Mudik ke Kampung Halaman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: