Grup band metal legendaris Metallica asal Amerika Serikat menghibur ribuan penggemarnya dalam konser Metallica Live in Jakarta 2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (25/8/2013). (Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat)

Cadas, Metallica Bikin Premier Album Terbaru 72 Seasons lewat Worldwide Listening Party di Bioskop

03 April 2023   |   19:49 WIB
Image
Fajar Sidik Hypeabis.id

Grup band heavy metal asal Amerika, Metallica bakal bikin kejutan nih, Genhype. Tepat pada 14 April 2023, grup musik cadas yang tenar sejak dekade 1980an ini bakal menggebrak dengan album studio ke-12 berjudul 72 Seasons yang telah lama dinantikan para penggemar grup musik legend tersebut.

Namun sehari sebelum perilisannya di pasar, album yang digarap oleh label mereka sendiri, Blackened Recordings ini akan dihadirkan premiernya di bioskop-bioskop secara global pada Kamis, 13 April 2023 yang disebutnya sebagai Worldwide Listening Party yang digelar hanya satu malam.

"Jadilah yang pertama mendengar album baru 72 Seasons Metallica di layar lebar dengan suara surround yang memukau. Acara spesial ini dihadirkan secara eksklusif di bioskop global hanya untuk satu malam," demikian tulis dalam website resminya. 

Baca juga: 8 Grup Band Rock Klasik yang Berpengaruh ke Musik Modern

Penayangan perdana secara global ini akan menampilkan wawancara eksklusif Metallica dengan anggota grup lengkap. Mereka bakal mengupas tuntas asal-usul dan cerita di balik lagu serta video musik dari setiap lagu yang ada di dalam album terbarunya itu. 

Grup band yang digawangi James Hetfield (vokalis/gitar), Kirk Hammett (gitar), Jason Newsted (bas), dan Lars Ulrich (drum) ini juga siap memberikan beberapa kejutan buat para penggemar pada malam spesial tersebut.

Adapun album anyar grup band yang dibentuk di Los Angeles pada 1981 oleh James Hetfield dan Lars Ulrich ini berisi 12 lagu. Berikut daftarnya.
  1. If Darkness Had a Son
  2. Lux Æterna
  3. Screaming Suicide
  4. Room of Mirrors
  5. 72 Seasons
  6. Inamorata
  7. Too Far Gone?
  8. Shadows Follow
  9. You Must Burn!
  10. Crown of Barbed Wire
  11. Sleepwalk My Life Away
  12. Chasing Light

Dari 12 lagu tersebut, tiga judul telah dirilis video musiknya, yaitu If Darkness Had a Son sejak 1 Maret, Screaming Suicide pada 20 Januari lalu, dan 72 Seasons pada 30 Maret 2023. 

Konsep premier di bioskop ini memang telah akrab dengan gaya peluncuran Metallica, terutama untuk video perjalanan bersejarahnya yang dihadirkan dalam bentuk film dokumenter, seperti Metallica and San Francisco Symphony: S&M² pada 2019, dan Through the Never pada 2013.

Sebagai grup musik besar, Metallica tentu saja memiliki basis penggemar yang besar di Indonesia. Hal itu, terbukti dari sejumlah konser yang sukses digelar di Tanah Air. Misalnya, antusiasme penggemar pada konser pertama Metallica di Indonesia pada 10-11 April 1993 di Stadion Lebak Bulus, Jakarta dipadati belasan ribu penonton kala itu. Momen bersejarah itu pun didokumentasikan khusus dalam bentuk video konser Live in Jakarta.

Lalu 20 tahun kemudian, Metallica kembali ke Jakarta dengan konser yang lebih besar lagi, yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Agustus 2013. Hypeabis.id, yang merupakan bagian dari grup media milik Bisnis Indonesia, memiliki dokumentasi fotografi dari konser Metallica pada 2013 silam. 

Grup legendaris ini menggelar konser di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pada Minggu 25 Agustus 2013. Dalam konser tersebut Metallica membawakan sejumlah hits di antaranya Master of Puppets, Nothing Else Matter, dan Enter Sandman yang semuanya dibawakan 18 lagu. Konser itu merupakan bagian dari turnya di Asia, setelah sebelumnya tampil di Osaka (Jepang), Shanghai (China), dan Singapura.

Salah satu foto yang menarik adalah pose aksi permainan gitarnya Kirk Hammett yang ikonik. Sebagai grup band heavy metal, permainan dari lead guitar-nya memang cukup dominan dalam setiap karya musik Metallica.

Sambil menantikan peluncuran album baru Metallica 72 Seasons dan premiernya di bioskop, kalian dapat melihat-lihat dulu sebagian aksi panggung Metallica dari konsernya pada 2013 dalam dokumentasi karya fotografi Hypeabis.id yang dapat diakses dalam kanal Kilas Foto

Baca juga: Cek 5 Fakta Unik Hammersonic 2023, Konser Musik Metal Terbesar di Asia Tenggara

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

5 Ide Makanan untuk Bukber, Praktis dan Bisa Buat Banyak Orang

BERIKUTNYA

Pameran Dare to be Great, Dare to Collaborate, and Dare to Love, Bukti Penyandang Autisme Dapat Berkarya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: