Ilustrasi takjil gorengan (Sumber gambar: Rizal Zaelani/Pexels)

5 Ide Makanan untuk Bukber, Praktis dan Bisa Buat Banyak Orang

03 April 2023   |   19:16 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

3. Bubur Candil Tepung Ketan

Butuh hidangan takjil yang manis dan mengenyangkan? Coba untuk memasak bubur candil dengan bahan tepung ketan yang bakal membuat kalian kenyang. Candil yang lembut dan hangat ini sangat cocok untuk menu buka puasa bersama orang tersayang.

Cara buat menu bukaan ini juga tidak sulit. Siapkan tepung ketan sebagai bahan utama, lalu 2 sendok makan tepung beras, dua lembar daun pandan, 400 gram gula merah, 2 sendok makan gula pasir, serta 400 ml santan, air secukupnya, dan garam secukupnya.

Campur tepung ketan, tepung beras, dan garam dengan air sedikit demi sedikit hingga adonan pulen. Rebus lebih dahulu kuah gula merah dengan daun pandan hingga mendidih. Kemudian bulatkan adonan cendil dan rebus ke dalam air gula merah. Terakhir, masukkan santan da aduk hingga mendidih.
 

4. Es Timun Serut

Selain makanan, kamu juga bisa membuat minuman yang menyegarkan untuk berbuka puasa bersama nih Genhype. Salah satu minuman yang praktis dan segar ialah es timun serut. Dengan perpaduan biji selasih dan es batu, siapa sih yang bisa menolak minuman menyegarkan ini.

Cara pembuatannya juga mudah. Untuk membuat dalam jumlah yang banyak, cukup siapkan sekitar 5-10 buah timun yang diserut, satu botol sirup melon, sekitar 150 gram biji selasih, daun mint secukupnya, dan es batu secukupnya. Kupas dan serut timun, kemudian masukkan dalam wadah yang besar.

Selanjutnya, masukkan biji selasih yang sudah diseduh bersama dengan potongan daun mint. Masukkan sirup melon secukupnya. Terakhir, tuang air dan es batu secukupnya. Jangan lupa untuk koreksi rasa sebelum disajikan. Es timun serut siap menemani buka puasa bersama!
 

5. Es Cincau Gula Aren

Ingin membuat minuman berbuka puasa yang milky dan creamy? Kamu bisa cobain menu es cincau gula aren nih. Minuman manis ini terbilang mengenyangkan dengan potongan cincau hitam yang legit. Dengan cara membuatnya yang mudah, minuman ini cocok untuk menjadi ide menu minuman buka puasa bersama.

Pertama, siapkan bahan-bahan berupa 500 gram cincau hitam, 1 liter susu uht cair, sirup gula aren secukupnya, susu evaporasi secukupnya, dan es batu secukupnya. Serut cincau hingga halus, kemudian masukkan ke dalam wadah yang besar. Tuangkan susu uht dan susu evaporasi. Masukkan air secukupnya bersama dengan es batu. Aduk hingga merata. Es cincau gula aren siap disajikan!

Baca juga: Buka Puasa dengan Makanan dan Minuman Manis, Tepatkah?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah
1
2


SEBELUMNYA

Hypereport: Upaya Melebarkan Sayap Industri Perfilman Nasional 

BERIKUTNYA

Cadas, Metallica Bikin Premier Album Terbaru 72 Seasons lewat Worldwide Listening Party di Bioskop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: