Al-Biruni (Sumber gambar Wikipedia Commons/Yakiv Gluck)

Riwayat Al-Biruni, Ilmuwan Muslim dengan Segudang Ilmu 

28 March 2023   |   17:06 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Sang Guru dengan Banyak Ilmu

Selain menjadi ahli sejarah dan budaya India, Al-Biruni juga sosok ilmuwan dengan segudang ilmu pengetahuan lain. Mengenai kecerdasannya, BBC Four bahkan pernah membuat dokumenter bertajuk Science and Islam: The Empire of Reason (2009), tentang sosoknya.

Dalam dokumenter tersebut, fisikawan Inggris kelahiran Irak, Jim al-Khalili juga menjelaskan cara unik Al-Biruni yang mengukur keliling bumi, yang hanya meleset kurang dari 1 persen dari perhitungan modern.

Dengan menggabungkan kajian matematika dan astronomi, Al-Biruni menyimpulkan bahwa keliling bumi adalah 25.000 mil, dan perhitungan modern mencatat 24.901 mil. Adapun, temuan otentik ini tercatat dalam kitab astronominya yang bertajuk al-Qanun al-Mas'udi, atau The Mas'udic Canon.

Tak hanya itu, Al-Biruni juga memelopori bidang geologi karena dia berhasil menganalisis bagaimana awal mula permukaan bumi dan permata terbentuk. Adapun kajian ini dia kupas dalam kitab Al-Jamahir Fii Ma'rifat al-Jawahir. Selain itu, beberapa bulan sebelum wafat, saintis ini menerbitkan buku tentang ilmu medis bertajuk al-Sadala fi'l Thibb.

Selama 75 tahun masa hidupnya, Al-Biruni telah merevolusi banyak tradisi keilmuan, termasuk geologi, matematika, hingga kajian sains. Saat meninggal pada 1048 Masehi, Al-Biruni telah menulis lebih dari 100 buku, tapi saat ini banyak yang tidak bisa terselamatkan karena berbagai hal. 

Penguasaannya terhadap berbagai cabang keilmuan serta kemampuannya untuk mensinergikan hal-hal tersebut berhasil melahirkan pemahaman ilmu yang lebih baik di masa depan. Hal inilah yang menjadikannya termasuk di antara para ilmuwan Muslim terbesar sepanjang masa.

Oleh karena itu tak heran bila UNESCO menerbitkan satu jurnal khusus mengenai Al-Biruni dan memahatnya sebagai The Extraordinary Genius of Universal Scholar, atau si Jenius luar biasa yang melampaui batas-batas zaman. Tak hanya itu,  namanya bahkan diabadikan sebagai salah satu kawah di bulan  yang terletak di selatan Kawah Joliot , dan di timur laut Goddard .

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
1
2


SEBELUMNYA

Irwan Ardiansyah Tutup Usia, Selamat Jalan Legenda Motocross Indonesia

BERIKUTNYA

Diperingati Tiap Tahun pada 29 Maret, Ini Sejarah Hari Filateli Nasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: