Ilustrasi air kran (sumber unsplash/Imani)

Simak Fakta Penting & Cara Memperingati Hari Air Sedunia

22 March 2023   |   12:28 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, tahu enggak kalau tiap 22 Maret selalu diperingati sebagai Hari Air Sedunia atau World Water Day. Peringatan ini merupakan upaya untuk memberitahu publik tentang pentingnya air bersih bagi kehidupan. Hari Air Sedunia juga untuk menyadarkan masyarakat tentang krisis air yang dihadapi berbagai negara di seluruh dunia.

Peringatan ini bahkan telah diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dan dijadikan kampanye global setiap tahunnya. Sejarah Hari Air Sedunia bermula dari penyelenggaraan konferensi PBB ke-47 di Rio de Janeiro, Brazil pada 1992.

Baca juga: Sejarah Hari Hutan Sedunia & Kumpulan Ucapan untuk Merayakannya

Dalam pelaksanaannya, lalu muncul ide untuk menetapkan sebuah hari internasional terkait konservasi air secara global. Masih di tahun yang sama, gagasan itu lalu dibahas dalam Majelis Umum PBB.

Setelah itu, PBB mengadopsi resolusi yang menyatakan bahwa 22 Maret sebagai Hari Air Sedunia. Adapun, peringatan pertamanya  dilangsungkan pada 22 Maret 1993. 
 
 

Seiring waktu, dukungan kepedulian terhadap air ternyata menuai respons positif. Salah satunya lewat penetapan kerja sama internasional atau International Year of Cooperation in the Water Sphere pada 2013, yang melibatkan 148 negara di seluruh dunia.

Tak hanya itu, aksi yang berjalan dari 2018 pun masih berlangsung hingga saat ini. Yaitu lewat program International Decade for Action on Water for Sustainable Development 2018-2028 untuk beberapa negara di dunia yang mengalami krisis air.

Adapun, gerakan tersebut merupakan bentuk penegasan kembali tentang tindakan terhadap air dan sanitasi di masyarakat yang bisa menjadi kunci pengentasan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, dan kelestarian lingkungan di muka bumi. 


Tema Hari Air Sedunia 2023

Tema Hari Air Sedunia 2023 mengusung tajuk Accelerating Change atau Percepatan Perubahan. Menurut PBB laman UN Water, kampanye tahun ini memberikan fokus pada percepatan perubahan dalam mengatasi krisis air dan sanitasi. 

Selain itu, lewat kampanye global Be the Change, PBB mendorong masyarakat untuk mengambil tindakan personal dalam rangka mengubah cara memperlakukan air. Beberapa di antaranya meliputi cara menggunakan, mengonsumsi, hingga mengelola air.

"Kampanye ini adalah momen sekali dalam satu generasi bagi dunia untuk bersatu mengenai pentingnya air. Mainkan peranmu. Lakukan apa yang kamu bisa," tulis laman UN water dikutip Hypeabis.id.

Adapun, bagi masyarakat di seluruh dunia, untuk berpartisipasi di peringatan Hari Sedunia bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana.


Cara Memperingati Hari Air

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa kiat untuk merayakannya.

1. Menghemat penggunaan air dengan mematikan keran air bila sudah tidak digunakan.

2. Melakukan reboisasi tanaman untuk mencegah polusi udara, tanah, dan air serta mengurangi resiko banjir di masyarakat.

3. Ikut serta dalam aksi kegiatan dalam memperingati Hari Air Sedunia, termasuk pembersihan sungai, danau, atau sampah di sekitar pantai.

Baca juga: Yuk Kenali Sejarah Hari Kebahagiaan Internasional

4. Tidak membuang sisa makanan, minyak, obat-obatan dan bahan kimia ke toilet ataupun saluran air agar tidak mengakibatkan polusi.

5. Bijak dalam mencuci pakaian dan merawat peralatan pipa air, kran dan penampung.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Nyepi, Layanan Internet di Bali Diputus Sementara

BERIKUTNYA

Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadan 1444 Hijriah Sore Ini 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: