Ilustrasi Hutan (sumber gambar Unsplash/Kazuned)

Sejarah Hari Hutan Sedunia & Kumpulan Ucapan untuk Merayakannya

21 March 2023   |   14:24 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, kalian tahu enggak sih kalau 21 Maret setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Hutan Sedunia. Gerakan rutin tahunan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hutan bagi kehidupan manusia. 

Secara umum Hari Hutan Sedunia juga dikenal dengan nama International Forest Day. Adapun, gerakan untuk melestarikan hutan ini sudah diresmikan oleh PBB melalui resolusi PBB 67/200 pada 21 Desember 2012. Sejak saat itu, masyarakat dunia memperingati hari hutan secara rutin. 

Baca juga: Yuk Jelajahi Hutan & Goa Batu Karst di Desa Hidden Gem Maros
 

Dinas Lingkungan Hidup Jabar menuliskan, Hari Hutan Sedunia sebelumnya bernama World Forestry Day. Pada November 1971, diadakan konferensi Food and Agriculture Organization ke-16. Pada konferensi inilah ditetapkan bahwa 21 Maret sebagai Hari Kehutanan Dunia. 

Pada kurun waktu 2007 sampai 2012, kegiatan dalam peringatan ini telah dilakukan di sejumlah tempat seperti Bali, Indonesia; Poznan, Polandia; Kopenhagen, Denmark; Cancun, Meksiko; Durban, Afrika Selatan; dan Doha, Qatar. Selanjutnya, pada 2012 melalui sidang umum PBB, Hari Kehutanan Dunia diubah menjadi Hari Hutan Internasional atau Hari Hutan Sedunia.  

Lantas, bagaimana sejarah Hari Hutan Sedunia ini, apa tujuan dan tema yang diusung pada Hari Hutan Internasional tahun ini?


Sejarah & Tema 

Laman PBB menuliskan Hari Hutan sedunia dimulai pada 21 Maret sejak 2012 untuk merayakan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya semua jenis hutan. Hal ini seiring dengan semakin maraknya deforestasi hutan yang berimbas pada perubahan iklim. 

Oleh karena itu, negara-negara di seluruh dunia didorong untuk mengatur kegiatan mengenai kelestarian hutan dan pohon. Pasalnya, Sebab, menurut Organisasi Pangan dan Pertanian PBB, setiap tahunnya, terdapat 10 hektare hutan di dunia yang hilang akibat aktivitas manusia, seperti deforestasi. 

Selain sebagai paru-paru dunia, hutan juga berfungsi juga sebagai penyedia air. Fungsi hutan salah satunya adalah sebagai tempat untuk menampung dan menyimpan air hujan, sehingga hutan pun bisa menjadi cadangan sumber air saat musim kemarau tiba, serta menghambat banjir saat musim hujan.

Tujuan dari perayaan Hari Hutan Sedunia juga untuk meningkatkan kesadaran akan dibutuhkannya segala jenis hutan bagi ekosistem alamiah di bumi. Oleh karena itu, seluruh negara di dunia diajak untuk saling bersinergi dalam menjaga dan mengembalikan lagi hutan sesuai fungsinya bagi umat manusia.

Adapun, Tema Hari Hutan Sedunia 2023 adalah Hutan dan Kesehatan. Artinya, hutan ternyata juga mengandung sejumlah fungsi yang bisa memberikan kesehatan kepada kehidupan. Salah satunya lewat proses pemurnian air di hutan, pohon yang mengikat karbon untuk mencegah berubahnya iklim, hingga tumbuh-tumbuhan di dalamnya yang berfungsi sebagai obat.


Kumpulan Ucapan untuk Memperingati Hari Hutan Sedunia 2023

Kampanye Hari Hutan Sedunia bisa disebarkan lewat medsos. Pengguna media sosial bisa mengirimkan quote atau ucapan khusus untuk menyadarkan masyarakat agar semakin mencintai lingkungan, dan mengetahui pentingnya hutan bagi kehidupan.

Berikut adalah koleksi ucapan untuk memperingati Hari Hutan Sedunia yang berisi ajakan, imbauan, sekaligus pentingnya kesadaran untuk menjaga kelestarian hutan.
  1. Selamat Hari Hutan Sedunia 2023, semoga kita hidup lebih baik dengan keberadaan hutan di sekeliling kita.
  2. Selamat Hari Hutan Internasional. Mari selamatkan lingkungan dengan menjadi agen perubahan dengan menanam pohon di sekitar rumah.
  3. Hutan adalah tempat perlindungan. Siapa pun yang tahu bagaimana berbicara dan mendengarkan mereka, maka akan dapat mempelajari kebenaran.
  4. Satu pohon hijau di dalam hutan selalu jauh lebih mulia daripada emas dan perak. Selamat Hari Hutan Sedunia 2023. Mari jaga hutan kita untuk masa depan yang lebih baik!
  5. Hutan adalah sumber kehidupan, mari kita jaga hutan agar keadaan bumi kembali pulih jadi lebih baik. Selamat hari Hutan sedunia 2023.

Baca juga: Awas, Asap Kebakaran Hutan Memicu Penuaan Dini hingga Depresi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Perjalanan Karier Arief Muhammad dari Twitter Receh Hingga Bisnis Miliaran

BERIKUTNYA

Clay Gribble & Alif Rivelino Ungkap Adegan Menantang saat Syuting Film Jin dan Jun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: