Ilustrasi teknik pernafasan. (Dok. Lutchenca Medeiros dari Unsplash)

3 Teknik Pernapasan Ini Bisa Bantu Redakan Rasa Sakit, Yuk Ikuti Langkahnya

14 July 2021   |   21:30 WIB

Sebagian dari kita biasanya akan memilih untuk menggunakan obat-obatan atau krim tertentu untuk meredakan rasa sakit. Akan tetapi, ketika rasa sakit ini sering muncul, menggunakan obat bukan solusi yang baik sehingga pengobatan alami bisa menjadi alternatif lain yang lebih aman.

Salah satu pengobatan ini adalah dengan melakukan teknik pernapasan yang bermanfaat bagi kesehatan seperti menenangkan pikiran dan menguatkan paru-paru. Pada saat yang sama, teknik pernpasan ini bisa membantu melemaskan otot-otot dan daerah lain di bagian tubuh yang sakit. 

Yuk cek tiga teknik pernapasan ini untuk meredakan rasa sakit.

1. Teknik pernapasan 4-7-8
Teknik ini melibatkan tiga proses, yaitu bernapas selama 4 detik, lalu menahan napas selama 7 detik, dan menghembuskan napas selama 8 detik. Tujuan dari teknik ini adalah membantu menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan meredakan rasa sakit pada otot serta membantu tubuh untuk lebih cepat tidur.

Untuk melakukan ini, Genhype cukup duduk di kursi dengan tangan di bagian perut. Lalu, tarik dan buang napas dengan melemaskan otot-otot pernapasan agar bisa rileks. Terakhir, lakukan teknik bernapas dari hidung selama 3 detik, menahan napas selama 7 detik, dan membuangnya selama 8 detik dari mulut.

 

Ilustrasi (Dok. Carol Oliver/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Carol Oliver/Unsplash)


2. Teknik pernapasan diafragma
Melibatkan bagian diafragma hingga otot perut, pernapasan ini membantu menurunkan detak jantung, membuat tekanan darah stabil, menenangkan otot yang tegang, dan meredakan beberapa gejala seperti depresi dan kecemasan.

Cara melakukannya adalah dengan berbaring telentang dengan bantal di bawah lutut dan kepala, lalu rilekskan bahu serta meletakkan satu tangan di bagian pusar dan lainnya di dada. Kemudian tarik napas dari hidung selama 2 detik lalu rasakan bagaimana udara melewatinya dan masuk ke dalam perut.

Langkah terakhir adalah dengan mengerutkan bibir dan hembuskan napas dari melalui mulut selama 2 detik dengan melibatkan otot perut untuk mendorong semua udara keluar dari perut.

3. Teknik pernapasan seimbang
Teknik pernapasan seimbang dilakukan dengan cara yang mudah dengan mengontrol dan fokus pada panjang napas yang sama. Tujuannya adalah untuk menenangkan pikiran, mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, dan melemaskan otot.

Pertama-tama, duduk dengan nyaman dengan menyilangkan kaki dan tutup mata sambil menenangkan diri dengan menarik serta menghembuskan napas. Lalu mulailah menarik napas dari hidung selama 4 detik lalu tahan napas selama beberapa detik untuk membiarkan udara tetap di dalam paru-paru. Terakhir, hembuskan napas dari hidung selama 4 detik dan teruskan latihan ini selama 5—10 kali.


Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Gim Strategi Militer Company of Heroes 3 Resmi Diumumkan, Intip Trailernya

BERIKUTNYA

Kilas Balik 5 Tahun Berkarier dalam Trailer Film BLACKPINK The Movie

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: