Ilustrasi masjid sebagai tempat kegiatan beribadah selama Ramadan (Sumber gambar - Unsplash - Artur Aldyrkhanov)

Rekomendasi 7 Lagu Religi yang Cocok Diputar saat Ramadan 2023

18 March 2023   |   15:11 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Begitu Ramadan tiba, lagu-lagu religi biasanya berkumandang di berbagai sudut, mulai dari tempat-tempat ibadah, pusat perbelanjaan hingga rumah-rumah. Mendengarkan lagu religi membawa kita untuk mengingat kebesaran Tuhan, berbuat kebaikan, dan menjauhi segala larangan-Nya.

Ada berbagai pilihan lagu religi karya musisi Indonesia yang bisa kalian nikmati. Dari generasi lawas, Bimbo dan kawan-kawan hingga generasi 2000-an seperti Gigi dan Ungu. Sebagian lagu-lagu tersebut orisinal karya para musisi. Sebagian lainnya, merupakan karya aransemen ulang dari para musisi legendaris. 

Baca juga: Jejak Grup Musik Tanah Air di Jalur Religi, Siapa Saja yang Menuai Berkah?

Musik religi sempat berada pada masa kejayaannya di belantika musik Indonesia. Tepatnya pada era 2000-an, diawali oleh Gigi dengan album religinya, Raihlah Kemenangan, kemudian diikuti oleh berbagai musisi lain, seperti Ungu, Radja, dan D'Masiv. 
 
Untuk menyambut Ramadan kali ini, Hypeabis.id pun mengumpulkan berbagai lagu religi yang bisa menemani kalian dalam menjalankan ibadah. Simak informasinya berikut ini. 


1. Maher Zain - Ramadan

Ketika Ramadan nama musisi ini enggak boleh dilewatkan begitu saja. Pemilik nama lengkap Maher Mustafa Maher Zein ini dikenal sebagai penyanyi religi bereputasi internasional. Meski berasal dari Swedia, pria kelahiran Tripoli, Libia, ini juga memiliki lagu religi dalam versi bahasa Indonesia. Salah satunya berjudul Ramadan

Lagu ini mungkin sudah sangat populer di kalangan pecinta musik religi. Ramadan dari Maher Zain memiliki lirik yang penuh dengan makna, serta mengajak kita untuk merenungkan kebesaran Allah SWT selama bulan suci ini.
 
 


2. Opick - Ramadhan Tiba

Sudah tidak diragukan lagi, Opick adalah salah satu musisi religi terbaik Indonesia. Lagu-lagunya kerap diputar dalam momen-momen hari suci, termasuk dalam bulan besar umat Islam seperti Ramadan. Satu di antara beberapa lagu religi karya populer Opick, yaitu Ramadhan Tiba, rasanya wajib diputar untuk menyambut bulan suci ini. 

Lagu yang dirilis Opick pada 2008 ini masuk dalam album Cahaya Hati. Lagu ini mengajak kita untuk menerima kedatangan bulan suci Ramadan dengan suka cita, serta bersyukur. Dengan nuansa ceria, lagu ini bisa diputar untuk kegiatan-kegiatan selama Ramadan. 
 
 

3. Haddad Alwi dan Sulis - Ya Thoybah

Duo penyanyi religi ini sempat booming pada awal 2000-an. Lagu-lagu bernapaskan keislaman yang mereka nanyikan kerap diputar oleh para pendegar musik religi di Tanah Air. Kendati menggunakan lirik berbahasa Arab, Haddad Alwi dan Sulis berhasil menaikkan pamor lagu-lagu religi, di tengah gempuran lagu pop saat itu. 

Dengan nuansa religi yang kental, sudah pasti lagu-lagu Haddad Alwi dan Sulis pas diputar pada Ramadan. Dari beberapa lagu populer mereka, Hypeabis merekomendasikan lagu berjudul Ya Thoybah. Lagu yang dirilis pada 2002 dalam album Cinta Rasul ini mengajak kita untuk bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW. 
 
 

4. Raihan - Sesungguhnya

Tidak hanya Indonesia, Negeri Jiran Malaysia juga memiliki sejumlah musisi religi yang patut diperhitungkan. Lagu-lagu mereka sempat populer di Tanah Air pada dekade 90 hingga 2000-an. Satu di antara beberapa musisi religi itu adalah Raihan. Grup musik religi beraliran nasyid ini mempunyai lagu-lagu religi terkenal seantero Malaysia hingga Indonesia. 

Untuk menyambut Ramadan ini, kalian bisa memutar lagu mereka berjudul Sesungguhnya. Lagu ini memiliki lirik yang penuh dengan makna dan menginatkan kita untuk meningkatkan iman dan taqwa selama bulan suci ini.
 
 

5. Gigi- Pintu Sorga

Band yang digawangi oleh Armand Maulana dan Dewa Budjana ini terbilang inovatif.  Gigi ternyata berhasil meramu lagu-lagu religi dalam sajian yang lebih segar dan modern. Bahkan, tak berlebihan jika nama Gigi semakin meroket berkat lagu-lagu religi mereka. Perdamaian, Akhirnya, dan Tuhan adalah contoh beberapa lagu yang sukses melambungkan nama Gigi. 

Namun, ada kesempatan kali ini, Hypeabis.id merekomendasikan lagu Pintu Sorga sebagai lagu religi yang cocok diputar saat Ramadan. Lagu yang dirilis pada 2006 ini memiliki berisi pengharmonisasian unsur musik tradisional Indonesia dan alunan pop. Uniknya, nada lagu ini pun kerap dikaitkan dengan lagu Bang Thoyib. 
 
 

6. Ungu - SurgaMu

Selain dikenal lewat lagu-lagu romantisnya, band ini juga populer dengan karya-karya religinya. Grup musik yang dibentuk pada 1996 tercatat pernah merilis enam album religinya. SurgaMu adalah salah satu dari enam album religi mereka. Lagu-lagu dalam album itu meledak di pasaran, salah satunya SurgaMu. 

Dengan sentuhan pop, Ungu sukses membumikan lagu-lagu religi di kalangan generasi muda. Khusus, SurgaMu, lagu ini menjadi nasihat buat kita betapa besarnya kuasa Allah SWT. Oleh sebab itu, pada Ramadan kali ini, enggak salah bila kalian memasukkan lagu ini dalam playlist religi untuk bulan yang suci. 
 
 

7. Selimut Putih - Padi

Setelah sekian lama vakum, Padi lewat vokalisnya Andi Fadly Arifuddin merilis lagu berjudul Selimut Putih pada 2017. Lagu bernuansa religi ini diaransemen oleh Fadly dengan gaya lebih modern. Selain itu, video klip lagu tersebut juga dibuat dengan lebih kreatif lewat sentuhan animasi batu nisan. 

Aslinya lagu ini merupakan ciptaan dari maestro musik religi Melayu Ahmad Baqi pada 1968. Lagu yang diciptakan oleh pria kelahiran Sumatera Utara itu pernah membuat masyarakat seantero tanah Melayu, dari Malaysia hingga Indonesia, bergetar. Sebab, lirik dalam lagu ini mengingatkan pendengarnya akan kematian mereka. Bagaimana mereka di alam kubur kelak. 
 


Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Profil Delvi Alksari, Entepreneur Asal Wakatobi yang Bikin Minyak Kelapa Naik Kelas

BERIKUTNYA

Daftar Lagu Populer dan Perkiraan Setlist Konser Arctic Monkeys, Siap Nyanyi Bareng?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: