Jimin BTS dalam teaser foto Set Me Free Pt.2. (Sumber gambar : BigHit)

Jimin BTS Tampil dengan Gaya Musik Baru di MV Set Me Free Pt.2

17 March 2023   |   15:09 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Park Jimin akhirnya mengeluarkan single pra-rilis album debut solonya hari ini. Berjudul Set Me Free Pt.2, lagu yang masuk dalam album FACE itu langsung membuat heboh para penggemar yakni ARMY. Pasalnya, maknae line grup pria asal Korea Selatan, BTS tampil dengan gaya musik berbeda dari sebelumnya. 

Jika pada akhir Desember 2018 Jimin membawakan alunan lembut dan menghangatkan berjudul Promise, kali ini dia tampil sedikit garang dengan Set Me Free Pt.2 yang  bernuansa hip-hop. Ya, ARMY dikejutkan Jimin yang melakukan rap di hampir sepanjang lagu.

Dicampur dengan suara uniknya yang lembut, Jimin menunjukkan kekuatannya dalam lantunan musik yang cukup menghentak itu. Instrumen seperti band dengan paduan suara di latar belakang, menambah musikalitas yang tinggi di lagu ini. ARMY pastinya dibuat merinding dengan perpaduan nada pada lagu tersebut.

Set Me Free Pt.2 berisi keinginan yang kuat untuk menghilangkan berbagai emosi seperti rasa sakit, kesedihan, dan kekosongan, yang dibalut rasa ingin bergerak maju dengan bebas.

“Aku tidak akan bersembunyi lagi meskipun itu menyakitkan. Menjadi gila untuk tetap waras. Angkat tanganmu untuk masa laluku. Sekarang bebaskan aku,” begitu arti dari penggalan lirik lagu Jimin.  

Baca juga: Taeyang & Jimin BTS Berkolaborasi Luncurkan Single Vibe
 
 

Konsep Koreografi

Selain gaya baru Jimin dalam bermusik, koreografi yang ditampilkan dalam video musik Set Me Free Pt.2 juga patut diacungi jempol. Sekilas, koreografi ini menggabungkan konsep lagu BTS, Blood Sweat & Tears, Black Swan dan On. Jimin tampil menjadi pusat diantara 30 penari. 

Koreografi yang cukup sederhana tapi mengekspresikan emosi gelap dari lagu tersebut dengan cara terbaik. Seperti judulnya, Jimin seakan terperangkap dan tertahan dalam sebuah kurungan yang digambarkan oleh setiap tarian dari para dancer itu. 

Kegelapan juga ditonjolkan melalui pakaian yang dikenakan Jimin dan para penari. Jimin memakai setelan hitam berupa kaos tanpa lengan ketat, jaket kulit, celana jogger, dan boots. Sementara puluhan penari memakai setelah lengan dan celana panjang berwarna gelap. 

Tidak banyak memakan tempat, latar video Set Me Free Pt.2 hanya diset dalam sebuah ruang. Ruangan dengan tembok kotak cahaya putih yang menyala sesuai hentakan lagu. Walaupun sederhana, musik video ini membawa vibe yang kental dengan lagu bernuansa hiphop itu. 

Satu lagi yang menarik dalam musik video ini yakni Jimin mengukir serangkaian kata di tubuhnya. Para AMRY pun langsung jeli dan mengungkap makna di dalam kata-kata tersebut.
 

Dalam laman akun Instagram penggemar BTS, @army_indonesia, terungkap bahwa kata-kata yang terukir di bagian leher hingga perut Jimin merupakan sebuah puisi karya penyair bahasa Jerman berkebangsaan Austria, Rainer Maria Rilke. Berikut maknanya dalam bahasa Indonesia :

“Aku menjalani hidup ku dalam lingkaran yang meluas yang menjangkau seluruh dunia. Aku mungkin tidak menyelesaikan yang terakhir ini tetapi aku akan memberikan diriku untuk itu. Aku mengelilingi Tuhan, mengelilingi menara purba. Aku telah berputar-putar selama ribuan tahun dan aku masih tidak tahu: apakah aku elang, badai, atau lagu yang bagus?”

Sementara itu, Jimin dijadwalkan merilis album debut solonya, FACE pada 24 Maret 2023. Album ini adalah ungkapan berbagai emosi Jimin selama mengalami pandemi Covid-19 selama kurang lebih 2 tahun. FACE berisi kisah Jimin yang menghadapi diri sendiri dan mempersiapkan awal yang baru.

Baca juga: Cek 5 Fakta Menarik Suga BTS

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

10 Tradisi Unik Sambut Ramadan di Indonesia, Ada Malamang hingga Nyadran

BERIKUTNYA

Durasi Bermain Gim Orang Indonesia Tinggi, Developer Lokal Tak Hanya Ingin Jadi Penonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: